Makanan Sahur yang Baik Sesuai Hadis Nabi

 
Makanan Sahur yang Baik Sesuai Hadis Nabi

LADUNI.ID, Jakarta - Di bulan Ramadhan ada amalan sunnah yang bisa dijalani yaitu makan sahur. Dan amalan ini memiliki keutamaan karena dikatakan penuh berkah. Makan sahur itulah amalan sunnah yang penuh berkah.

Dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

Yang dimaksud barokah adalah turunnya dan tetapnya kebaikan dari Allah pada sesuatu. Barokah bisa mendatangkan kebaikan dan pahala, bahkan bisa mendatangkan manfaat dunia dan akhirat. Semoga Allah Ta’ala memberi kita keberkahan hidup dan ibadahnya. Aamiin.

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam telah memuji kurma sebagai santapan (terbaik) makan sahur. Beliau Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

نِعْمَ سَحُورُ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

Sebaik-baik sahur orang mukmin adalah kurma.”(HR Abu Dawud)

Barangsiapa yang tidak memiliki kurma atau makanan yang lain, maka hendaklah ia berusaha sahur meski hanya meminum seteguk air, sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Said al-Khudri radiallhuanhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لسَّحُورُ كُلُّهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ

وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ.

Sahur itu seluruhnya adalah barakah, maka janganlah kalian tinggalkan, meskipun salah seorang dari kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang melakukan sahur.”(HR. Ahmad).

Demikian tentang keberkahan sahur dan makanan yang baik untuk sahur. Semoga ibadah puasa kita diterima Allah Swt.

(Habib Quraisy Baharun, Cirebon)