Karomah Habib Umar bin Hafidz Menundukkan Jin

 
Karomah Habib Umar bin Hafidz Menundukkan Jin
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Seorang santri Darul Musthofa dari Malaysia mendapat kabar yang cukup mengagetkan dari keluarganya di rumah. Kabarnya, ketika itu saudara perempuannya yang di rumah sedang dirasuki oleh jin. Pihak keluarganya telah mengusahakan berbagai cara untuk mengeluarkan jin itu, tapi ternyata hasilnya nihil.

Akhirnya, santri ini berinisiatif untuk meminta bantuan kepada gurunya, Guru Mulia Habib Umar bin Hafidz. Setelah Guru Mulia selesai menunaikan ibadah shalat, santri tadi memberanikan diri maju untuk mengutarakan hajatnya. Ia pun berkata, “Ya Habib, sekarang saudari saya di Malaysia sedang dirasuki oleh jin dan jin itu sangat susah untuk dikeluarkan.”

Guru Mulia Habib Umar langsung paham kalau santri ini sedang meminta bantuannya. Tiba-tiba Habib Umar terlihat seperti memandang seseorang dan beliau pun berucap, “Ihtariq!" (artinya: terbakar kau!). 

Saat itu, santri tersebut sempat bingung dengan apa yang dilakukan Guru Mulia, tapi ia hanya berhusnudzon saja mungkin ada hikmah di balik semua ini.

Lalu santri itu pun pamit untuk segera menghubungi keluarganya dan memastikan keadaan saudara perempuannya. Dan Subhanallah…! Jin yang merasuki tubuh saudarinya itu ternyata telah keluar. Santri tadi baru sadar maksud dari ucapan Guru Mulia Habib Umar tadi, ternyata beliau tadi seperti memandang ke arah jin itu dan kemudian mengancamnya dengan ucapan, “Ihtariq!”

Dalam sebuah kesempatan lain, ada seorang santri Darul Musthofa yang pernah ditanya oleh seorang Syaikh di Tarim. Syaikh itu berkata, “Apakah kau tahu mengapa gurumu sering diundang ke acara selamatan rumah baru?” Santri itu lalu menjawabnya bahwa ia tidak tahu.

Syaikh itu pun kemudian menjawab pertanyaannya sendiri, "Apabila gurumu itu hadir di rumah yang masih dihuni oleh jin, maka hanya dengan beliau melihat ke suatu arah, jin-jin di arah itu pun akan lari keluar dari rumah baru itu dan begitu seterusnya hingga rumah itu bersih dari para jin pengganggu tersebut." 

Banyak kisah lain yang sangat masyhur dan menakjubkan dari Habib Umar bin Hafidz. Tapi dari kisah-kisah itu yang paling mengagumkan adalah istiqomah beliau dalam menyebarkan pesan-pesan indah islam sebagaimana diteladankan oleh Rasulullah SAW. Kealiman Habib Umar yang sangat luas itu terpadu dalam keindahan akhlaknya. Tak heran, banyak orang terpukau dan jatuh hati kepadanya. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 15 Mei 2020. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

Penulis: Ustadz Husnul Yaqin

Editor: Hakim