Ziarah di Makam KH. Muhaiminan Gunardho, Mursid dari Parakan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Muhaiminan Gunardho, Mursid dari Parakan

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Muhaiminan Gunardho, Beliau adalah Mursyid Thariqoh kharismatik dan pendiri Pondok pesantren Kyai Parak Bambu Runcing, Parakan Temanggung.

Profil

 KH. Muhaiminan Gunardho Beliau dilahirkan di Jetis Kauman, Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung, pada tanggal 30 Maret 1936, adalah putera dari R. Abu Hasan (KH Sumomihardho), yang masih terhitung keturuan Sultan Hamengkubuwono II. Ibunya, Hj Mahwiyah, putri Kyai Badrun, sesepuh kota Parakan yang juga ulama berpengaruh karena kedalaman ilmu yang dimiliki.

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. KH. Siradj Payaman
  2. Syaikh Masduqi Lasem
  3. KH. Ma’shum Lasem
  4. KH. Baidhowi Lasem
  5. Dalhar Watucongol

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Muhaiminan Gunardho

Lokasi Makam
Beliau dimakamkan di Komplek Pemakaman Kyai Parak, tidak jauh dari kediaman beliau. Mbah Muhaiminan merupakan seorang tokoh panutan yang sangat dikenal masyarakat luas. Selain itu, beliau juga banyak memberikan sumbangan spiritual bagi kehidupan masyarakat.


Haul
Haul KH. Muhaiminan Gunardho diperingati pada bulan Ramadhan di pesantren Kiai Parak Bambu Runcing, untuk tanggal haul pihak keluarga pesantren yang akan memberitahukan.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Muhaiminan Gunardho banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Temanggung saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek Makam KH. Muhaiminan Gunardho di pesantren Kyai Parak Bambu Runcing, Parakan Temanggung.

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam KH. Muhaiminan Gunardho, maka segala hajat pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari KH. Muhaiminan Gunardho bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam mencari mata pencaharian. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Temanggung di antaranya:
Balung kuwuk, Mendut, Ketan gudig, Entho cothot, Keripik Temanggung, Anyaman Mendong, sepatu rajut, gerabah, Batik mliwis, Relief tembaga kuningan.