Menyingkap Silsilah Habib Abdulllah bin Muhsin Al-Atthas Bogor

 
Menyingkap Silsilah Habib Abdulllah bin Muhsin Al-Atthas Bogor

LADUNI.ID, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan wali besar yang makamnya berada di Empang Bogor? Beliau adalah Al Qutbul Makin Al Habib Abdullah Bin Muhsin Al-Atthas. Ulama yang berasal dari Hadramaut Yaman ini adalah ulama yang penuh karamah dan jasa dalam penyebaran agama Islam di wilayah Kota Bogor.

Tapi ada hal yang menarik yang mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa keistimewaan dalam Gubah Al Atthas Keramat Empang ini adalah jalur silsilahnya yang tergolong sangat lengkap.

Ini bisa dilihat dari istri sang waliyullah sendiri, Al Habib Abdullah Bin Muhsin Al Atthas yang mana beliau memperistrikan seorang anak dari Bupati Bogor pertama yakni, anak dari Raden Adipati Soerya Winata atau RH Muhammad Sirodz yang dikenal dengan sebutan Mbah Dalem Shalawat Empang Bogor.

Raden Adipati Soerya Winata atau Mbah Dalem Shalawat ini adalah Cucu dari Ulama Besar Kampung Baru sebutan awal bagi kota bogor yakni Raden KH Muhammad Thohir pendiri Masjid At Thahiriyah Empang Bogor.

Masjid At-Thohiriyah ini termasuk Masjid tertua di kabupaten bogor. Sedangkan Raden KH Muhammad Thohir adalah anak cicit dari Raden Aria Wiratanu Datar Kramat Cikundul Cianjur.

Sedangkan Raden Aria Wiratanu Datar Kramat Cikundul adalah anak dari Raden Aria Wangsa Goparana Sunan Segala Herang Bin Raden Arya Goparana Sunan Ciburang Bin Raden Arya Kikis Sunan Wana Perih Bin Sunan Parung Gangsa Bin Prabu Siliwangi V Prabu Pucuk Umum Raden Mantri.

Istri dari KH Muhammad Thohir ini adalah anak dari Pangeran Sageri (Shogiri) Bin Sulthan Ageng Tirtayasa Banten.

Berarti, ulama yang dimakamkan di Gubah Al Atthas Keramat Empang ini terdapat jalur trah dari Siliwangi, trah Banten dan Hadramaut Yaman.

Wallahu A'lam.