Majelis Ta'lim Basaudan Jakarta Timur

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Majelis Ta'lim Basaudan Jakarta Timur

Profil

Majelis yang berdiri tahun 2008 ini awalnya dari kegiatan remaja masjid bernama Forum Remaja Masjid Al Maghfiroh (FORMAL) yang bertujuan untuk menyatukan visi, misi dan kegiatn yang positif untuk Agama, dan Pendidikan dimana Masjid Jami’ Al Maghfiroh yang berlokasi di Jl. Prumpung Sawah RT. 006 RW. 04, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Kotamadya Jakarta Timur.

Pada umumnya semua suatu oraganisasi atau perkumpulan ingin menjadi terbaik atau baik di dalam suatu lingkungan atau wilayah diman ia berada, kami pun demikian dengan selalu mengadakan kegiatan rutinitas belajar dan mengajar khusunya belajar mengajar agama (islam) yang sasaran nnya adalah remaja sebagai penerus (regenerasi yang baik ) yang berakhlaq dan manguasai ilmu pengetahuan.

Maka seiring waktu berjalan semakin lama banyak remaja yang tertarik dan mengikuti kegiatan kami khususnya Majelis Ta’lim yang diselenggarakan setiap malam sabtu sebelum di reschedule, dan tidak hanya kegiatan Majelis Ilmu saja remaja pun mengeluarkan ide-ide kegiatan yang segar dan mendidik melibatkan Karang Taruna di wilayah kami.

Masjid yang tidak hanya sebagai sarana ibadah kini di fungsikan juga sebagai kegiatan remaja yang ada diwilayah kami  untuk membentuk generasi muda islam yang mengenal Tuhannya (Allah SWT) dan Nabi & Rasul nya (Muhammad SAW) serta Aqidah dan Akhlaq yang diajarkan kepada Ulama Salaf  Sholihin agar selalu megiktui Akhlaq yang baik.

Pengasuh

 Ustd. Mukaffi ‘Arafat 

Pendidikan

Kegiatan Majelis Kami

Pada umumnya kegiatan Majelis Ta’lim Basaudan yaitu Belajar dan Mengajar Agama Islam yang di selenggarakan di Masjid Al Maghfiroh waktunya setelah Sholat Isya sampai dengan pukul. 21.30 WIB berjama’ah

Untuk kegiatan belajar mengajar di laksanakan setiap Malam Senin dan Malam Selasa, juga ziarah ke Guru atau Alim Ulama yang sudah Wafat atau pun yang masih Hidup, Tour Ziarah setiap tahunnya, Pembacaan Maulid dan di iringi Rebana Hadroh, Belajar membaca Al Qur an dan menulis huruf Hija iyah.

Malam Senin

Kajian Kitab Fiqih yang dibahas dan di kaji dari kitab karya Ulama-ulama Salaf dan terdiri beberapa Halaqoh (Kelompok Belajar) dimana 1 Guru mengajarkan 1 s/d 15 Muridnya

Adapun Kitab Fiqih yang saat ini dipelajari antara lain

  • Mukhatashor Soghir
  • Risalah Jami’ah
  • Safinatunnaja
  • Muqoddimah Hadromiyah

Dilanjutkan dengan pembacaan Do’a Khattam Majelis lalu Ratib Alhaddad ataupun pembacan Kitab Maulid Simthudduror di Minggu ke 3 setiap bulannya.

Malam Selasa

Pembacaan rangkaian Istighatsah dan doa karangan Syaikh Abdullah bin Ahmad Basaudan ini baru dimulai sekitar tahun 2008di Majelis Ta’lim Basaudan (Jl. Cipinang Besar Utara Rt. 06 / Rw. 04, Jatinegara, Jakarta Timur ).

Hadrah Basaudan sendiri merupakan bacaan istighatsah masyarakat di Hadramaut.

Majelis Ta’lim Basaudan membuka secara resmi dan menyelenggarakan pembacaan Istighatsah dari rangkaian doa hadrah Basaudan ini secara berjamaah setelah mendapat ijazah dari Habib Salim bin Abdullah Asy Syathiri (Tarim / Yamant) ketika Ustd. Mukafi Arafat (Pengasuh Majelis) belajar di Ribath Tarim dan juga di ijazah kan oleh Habib Abdurrahman Alaydrus (pimpinan Yayasan Nusantara) Condet – Jakarta Timur yang beliau juga di ijazahkan dari Habib Umar Bin Hafidzh (Mudir Darul Musthofa / Yaman) .

Membaca Al Qur an & Huruf Hijaiyah

Membaca Al Qur an dilakukan setiap malam Senin sebelum memulai pembahasan kitab Fiqih yang dilakukan secara Halaqoh  adapun yang belum lancar atau pun belum mengenal Huruf  Hijaiyah setiap santri yang ditunjuk oleh Guru Halqohnya untuk mengajarkan santri yang belum bisa membaca atau belum mengenal hurf hijaiyah.

Membaca Kitab Maulid

Dilakukan setiap hari Ahad pagi di rumah seorang santri yang pembacaan nya diiringi dengan Rebana Hadroh dan juga sekaligus mengajarkan lagam bacaan nya kemudain irama pukulan rebana adapun Kitab Maulid yang dibaca antara lain Kitab Maulid Barzanji, Maulid Ad Diba’i, Maulid Simtudduror, Maulid Adh Dhiya Ul Lami’

Ziarah ke Guru & Alim Ulama

Dilakukan setiap 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali dalam 1 tahunnya sesuai jadwal yang ditentukan baik ke ulama yang sudah wafat atau pun yang masih hidup.

Dengan tujuan mengenang dan mengenal jasa almarhum dan mendo’akan agr diampuni dosanya dan sebagai bahan renungan dan pelajar untuk ita yang masih hidup bahwa semua makhluk pasti mati.


Alamat

Jl. Prumpung Sawah RT. 006 RW. 04, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Kotamadya Jakarta Timur