Kenapa Zina Bisa Terjadi? Ini Penjelasan Ustadz Ma’ruf Khozin

 
Kenapa Zina Bisa Terjadi? Ini Penjelasan Ustadz Ma’ruf Khozin

LADUNI.ID, Jakarta - Kita ketahui bahwa zina itu adalah sesuatu yang dilarang di dalam agama Islam. Zina adalah bagian dari salah satu dosa besar. Sebab itulah kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk menjauhkannya.

Alasan selanjutnya kenapa zina itu dilarang adalah karena ada cara yang dihalalkan oleh Allah yaitu menikah. Maka, setiap hal yang berkaitan dengan ibadah semuanya adalah terkait dengan menahan nafsu. Ketika dihadapkan pada zina, itu berarti sebenarnya telah menuruti nafsu.

Menikah adalah penyaluran yang tepat bagi nafsu itu, karena dengan menikah itulah kita akan terhindar dari larangan Allah seperti zina yang bahkan oleh banyak ulama disebut sebagai dosa besar.

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Ustadz Ma’ruf Khozin dalam sebuah videonya yang tayang di akun Youtube Nahdlatul Ulama. Menurut penjelasannya, zina dapat dikategorikan ke dalam dua yaitu zina muhshon dan zina ghairu muhshon.

Zina muhshon adalah orang yang sudah pernah menikah secara halal tetapi orang itu masih memiliki simpanan yang tidak halal dan dengan itu dia masih melakukan zina. Inilah yang disebut sebagai zina muhshon. Hukuman bagi orang yang melakukan zina muhshon sangat berat, itu dirajam.

Yang kedua, zina ghairu muhshon. Zina ini adalah terjadi pada orang yang belum pernah menikah yang melakukan perbuatan zina, maka hukumannya (berdasarkan fiqih) adalah dicambuk dan diasingkan ke tempat yang lain.

Tetapi yang jelas, agama Islam telah memberikan larangan yang berat bagi orang yang berzina. Sehingga, hal yang harus kita lakukan adalah menjauhinya dan melakukan hal yang halal yaitu menikah.

Berkenaan dengan masalah ini, terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang menurut penjelasan Ustadz Ma’ruf Khozin bahwa, terjadinya zina ini berawal dari sesuatu yang kecil yaitu dari mata, kemudian mengarahkan tangan dan kaki serta anggota tubuh yang lain untuk melakukan zina.

Hal itu terjadi karena menumpuknya dosa-dosa kecil, seperti tangan yang melakukan dosa kecil, kaki, mata, dan seluruh anggota tubuh yang pernah melakukan dosa-dosa kecil. Sehingga, sangat penting memohonkan ampunan atas dosa-dosa kecil tadi, memohon ampun yang sungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Akhirnya, tulisan ini hanya merupakan sebuah ulasan dari ceramah Ustadz Ma’ruf Khozin tentang bagaimana zina terjadi. Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi, pengetahuan dan manfaat bagi semua. Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin…


_______________________________________________________________-
Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari