PAUD Al-Furqan Demak

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
PAUD Al-Furqan Demak

Profil

PAUD TPQ Al-Furqon berdiri pada tanggal 10 Januari 1999.  Dengan keberadaan PAUD TPQ Al-Furqon ini memberikan angin segar para masyarakat untuk menyekolahkan anaknya dengan ilmu agama di PAUD TPQ Al-Furqon hingga sampai sekarang ini.

PAUD TPQ Al-Furqan terletak di Desa Kangkung tepatnya di Dk Krajan Rt 3 Rw 2 Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Di suatu plosok pedesaan yang tergolong strategis. Di samping itu kalau ditinjau dari lingkungan masyarakat Kangkung maka sangatlah mendukung sekali karena pada umumnya masyarakat lau banyak yang berpendidikan dan masyarakatnya taat menjalankan perintah agama. PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak telah mempunyai gedung atau ruang belajar sendiri dengan luas tanah 770 M 2 , sehingga lebih mudah dan nyaman untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Visi, Misi dan Tujuan PAUD TPQ Al-Furqan

a. Visi

Unggul dalam prestasi dan mulia dalam budi pekerti

b. Misi

1) Menanamkan dan Mengembangkan kretifitas kedisiplinan, terciptanya tenaga skill berdasarkan IMTAQ dan IPTEK

2) Menanamkan sikap Akhlaqul Karimah terciptanya Waladan Sholihan bedasarkan Ahlussunnah Waljama’ah

c. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dalam pendirian madrasah ini adalah membentuk siswa-siswi yang beriman dan bertaqwa, tafaqquh fiddin, cerdas dan terampil serta akomodatif terhadap perubahan yang dilandasi akhlaqul karimah dan nilai-nilai Islam Ahlussunnah waljama’ah.

Kurikulum PAUD

PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak telah melaksanakan kurikulum PAUD Berbasis Al-Qur’an. Pelaksanaan kurikulum PAUD Berbasis Al-Qur’an disana mengacu pada struktur kurikulum yang telah ditetapkan, yang mana dalam kurikulum PAUD Berbasis Al-Qur’an ini struktur kurikulumnya terdiri dari kelompok usia, aspek pengembangan, kompetensi dan hasil belajar, serta indikator kemampuan.

Struktur kurikulum PAUD Berbasis Al-Qur’an di PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak, secara lebih detail peneliti jabarkan sebagaimana berikut:

a. Kelompok usia Kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi sesuai dengan tingkatan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam hal ini tingkatkan petumbuhan dan perkembangan anak dibagi dalam kelompok usia sebagai acuan normatif (lihat pada lampiran)

b. Aspek pengembangan Aspek-aspek pengembangan pada masing-masing kelompok usia terdiri atas:

1) Pengembangan akhlak dan nilai-nilai agama Islam
2) Pengembangan fisik
3) Pengembangan bahasa
4) Pengembangan kognitif
5) Pengembangan sosial emosional
6) Pengembangan seni

c. Kompetensi dan hasil belajar Kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai pada masing-masing aspek pengembangan adalah:

1) Pada aspek pengembangan moral dan nilai-nilai agama, kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai adalah kemampuan melakukan ibadah, mengenal dan percaya kepada Allah dan mencintai sesama
2) Pada aspek pengembangan fisik, kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai adalah kemampuan mengelola keterampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan tubuh, gerakan halus dan gerakan kasar, serta menerima rangsangan sensoris (panca indera)
3) Pada aspek pengembangan berbahasa, kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai adalah kemampuan menggunakan bahasa untuk memahami bahasa pasif dan berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk berfikir dan belajar
4) Pada aspek pengembangan kemampuan kognitif, kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai adalah kemampuan berpikir logis, kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat
5) Pada aspek pengembangan sosial, kompetensi dan hasil belajar kemampuan mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, peranan masyarakat, dan menghargai keragaman sosial dan budaya serta mampu mengembangkan konsep diri, sikap positif terhadap belajar, kontrol diri dan rasa memiliki
6) Pada aspek pengembangan seni, kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai adalah kemampuan kepekaan terhadap irama, nada, birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya kreatif.

d. Indikator kemampuan Indikator kemampuan merupakan hasil belajar yang lebih spesifik da terukur dalam satu kompetensi dasar. Indikator-indikator kemampuan dalam program kegiatan pendidikan ini merupakan indikator kemampuan minimal yang disusun berdasarkan gradasi tingkat kemampuan.

Alamat

Desa Kangkung tepatnya di Dk Krajan Rt 3 Rw 2 Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak