Panti Asuhan Sunan Ampel Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Sunan Ampel Malang

Profil

Berdirnya Panti asuhan ini adalah atas gagasan dan inisiatif dari ibu Dra. Hj. Sutik. Gagasan ini timbul karena pendiri sejak tahun 1968 sebagai ketua Fatayat NU anak cabang Klojen II yang membawahi desa Dinoyo, Ketawang Gede, Sumbersari, Klampok Kasri, Gading Kasri, Karang Besuki dan Purwodadi. Disamping itu sejak tahun 1972 sebagai ketua PKK Kelurahan Sumbersari.

Dengan jabatan organisasi yang beliau jabat beliau sering bersilaturahim ketempat-tempat yang beliau bisa jangkau. Dengan adanya silaturahim yang beliau laksanakan lewat Fatayat dan PKK yang akhirnya pendiri melihat realita kehidupan di kota Malang khususnya desa dan kelurahan yang sering beliau kunjungi, terdapat anak-anak yang kurang terpelihara pendidikannya atau banyak anak-anak yang terlantar.  

Dengan melihat realita tersebut beliau terpanggil, bahkan seolah-olah ada perintah untuk berbuat bukan hanya berbicara. Selain itu banyak juga anak-anak terlantar yang disantuni oleh golongan non muslim. Sejak tahun 1976 pendiri mulai melaksanakan kegiatan untuk menyantuni anak-anak terlantar, khususnya anak-anak yatim, yatim piatu dan piatu.

Dan untuk itu tidak langsung diasuh secara keseluruhan tetapi diambil yang sangat mendesak, terutama yang yatim piatu dan yatim yang putus sekolah yang didahulukan. Hal ini karena sifatnya masih pribadi. Tahun 1978 yang diasuh baru 5 orang. Untuk mengasuh  dan  mengajak  mereka  ini  walaupun kenyataannya tidak mudah.

Mereka beranggapan tidak perlu sekolah yang penting bekerja untuk membantu orang tua mencari nafkah, apalagi anak perempuan. Lambat laun apa yang diusahakan oleh pendiri menunjukkan kemajaun dan anak asuhnya menjadi lebih baik. Baru 7 bulan kemudian menyusul anak-anak yatim lainnya atas kesadaran keluarganya minta diasuh juga seperti anak asuh lainnya.

Setahun berikutnya anak yang diasuh menjadi 12 anak, tahun berikutnya menjadi 24 anak,hal ini sampai tahun 1980. Jadi Panti Asuhan Anak Yatim Sunan Ampel ini dari tahun 1978 sampai tahun 1980 masih bersifat pribadi. Karena bersifat pribadi maka biaya anak-aak asuh tersebut ditanggung dan dipikul oleh pendiri sekeluarga. Karena dana terbatas maka progam ini hanya bisa mengantarkan anak- anak asuh hanya sampai jenjang pendidikan SMP.

Dengan semakain banyaknya yang diasuh maka pendiri tergerak untuk mendirikan sebuah Panti Asuhan. Niat beliau ini disampaikan kepada  para  jama’ah yasin putra yang ada di RW 1 Kelurahan Sumbersari dan ibu ibu Muslimat NU. Proses seperti ini tidak langsung diterima oleh semua jama’ah karena meraka takut kalau-kalau sudah terkumpul kawatir kalau tidak bisa memberi santunan utamanya makan.

Namun lewat beberapa alasan yang dikemukakan oleh pendiri akhirnya  gagasan ini disetujui. Maka berdirilah Panti Asuhan Anak Yatim Sunan Ampel. Untuk masalah fisik, tahun 1981 tepatnya tanggal 1 Januari 1981 gagasan ini disetujui. Maka berdirilah Panti Asuhan Anak Yatim Sunan Ampel.

Panti Asuhan Anak Yatim Sunan Ampel mendapat tanah waqof dari 5 orang yaitu : Bapak H. Maskoer, Bapak H. Mustahal, Bapak Sutiran, Bapak Moh. Ridwan, Bapak Abdul Laji. Yang berlokasi di Jl.Sumbersari II / 99 Malang seluas 45 m2 Pembangunan atau peletakan batu pertama tanggal 8 Januari 1981, untuk asrama sampai bisa ditempati tahun 1984.

Kita sekarang sudah mempunyai asrama putra, asrama putri, mushola, ruang makan, kantor dan ruang perpustakaan. Bangunan asrama dan beberapa bangunan lainnya merupakan sarana dan prasarana yang melengkapi keberadaan Panti Asuhan Anak Yatim Sunan Ampel. Sekarang Luas Panti kurang lebih 560 m2. Yang 60 m2 hasil tukar dengan TK Muslimat NU 31 Sumbersari.

Visi Panti Asuhan “Sunan Ampel”

"Terbentuknya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak al- karimah, berilmu, berwawasan luas, berpandangan ke depan, cakap, terampil, mandiri, kreatif, toleran, bertanggung jawab kemasyarakatan serta berguna bagi agama, bangsa dan negara."

Misi Panti Asuhan “Sunan Ampel”

  1. Menanamkan keimanan, ketaqwaan kepada Allah dan pembinaan akhlak al-karimah.
  2. Memberikan pendidikan keilmuan dan pengembangan wawasan.
  3.  Mengembangkan bakat dan minat.
  4.  Pembinaan keterampilan dan keahlian.
  5.  Menanamkan kesadaran hidup sehat dan kepedulian terhadap
     

 

Alamat
Jalan Sumbersari II/99, Kel. Sumbersari, Kec.
Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur 

Telepon: (0341) - 553-957