Panti Asuhan Mabarrot YPM Sidoarjo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Mabarrot YPM Sidoarjo

Profil

Panti merupakan rumah atau bangunan tempat memelihara  anak yatim piatu. Panti Asuhan merupakan lembaga sosial yang bertujuan untuk mengayomi dan mendidik anak yatim piatu. Peran Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) dalam bidang sosial yakni mendirikan panti asuhan

Panti asuhan yang didirikan YPM ini menjadi panti percontohan di Sidoarjo.Panti asuhan yang didirikan YPM diberi nama Panti Asuhan Mabarrot YPM. Panti Asuhan Mabarrot YPM ini terletak di Desa Sarirogo Sidoarjo Panti Asuhan ini juga terletak satu komplek dengan YPM Sarirogo Sidoarjo.

Berdirinya Panti Asuhan Mabarrot YPM ini merupakan gagasan dari Kepala Desa Sarirogo pada saat itu yakni H. Abdullah. Ketika gagasan ini disampaikan ke tokoh ulama disekitar itu sangat antusias, namun pada saat disampaikan di masyarakat lain  tidak  mengundang  minat  yang  sama  dan bahkan  tidak  mendapatkan  respon. Ia  pun  beralih  untuk  mengajukan pendirian masjid yang berlokasi strategis. Usulan itu pun disetujui
oleh para warga sekitar. H. Abdullah pun langsung mengundang 104 warga pemilik tanah gogolan (sawah garapan milik warga) untuk menyumbangkan sedikit tanahnya demi pendirian masjid.

Selanjutnya, sekitar tahun 1989, pembangunan tempat ibadah yang diberi nama Masjid Raya Nurul Hudapun dimulai. H. Abdullah
menyumbang dana untuk proses pengerjaan dan konstruksi bangunan. Namun, pembangunan masjid tersebut tersandung persoalan. Pada waktu itu pembangunan masjid tersebut masih dalam tahap fondasi. Pambangunan masjid ini pun mangkrak kurang lebih 8 tahun. Menurut H. Abdullah, persoalan tersebut disebabkan oleh beberapa hal yakni:

  • Pertama, Sebagian masyarakat berprasangka buruk kepadanya. 
  • Kedua,  Masyarakat tidak menghendaki jika ada 2 pembangunan masjid dalam satu desa.
  • Ketiga, masa jabatan H. Abdullah sebagai Kepala Desa Sarirogo sudah hampir habis dan tidak mempunyai kewenangan.

H. Abdullah pun ingin meyakinkan masyarakat sekitar dan ia mewakafkan tanah miliknya yang berlokasi di utara pembangunan masjid yang  mangkrak tersebut. Pada tahun 1991 berdasarkan permintaan masyarakat, akhirnya didirikanlah Madrasah Tsanawiyah YPM. Alasan mengapa masyarakat menginginkan agar YPM yang mengelola karena YPM memiliki rekor yang baik dalam mengelola sekolah-sekolah.

Pada saat itu gagasan H. Abdullah yang berkeinginan untuk mendirikan panti asuhan sampai ke telinga KH Hasyim Latief. Ia masih melihat masih ada tanah kosong dan disana pun masih terdapat warga yangkurang  mampu. Oleh karena itu, KH Hasyim Latief menyarankan untuk didirikannya panti asuhan tersebut. Akhirnya, pada tanggal 25 Maret 1995, H. Abdullah besama H. Bambang, H. Mahfud Sidik dan Mochammad Kodjin merintis pendirian  panti asuhan dan memberi nama Panti Asuhan Mabarrot YPM.

Panti Asuhan Mabarrot YPM ditujukan untuk membantu anak-anak yatim dan orang-orang tidak mampu yang ada di sekitar Desa Sarirogo, Sidoarjo.
.

Adapun Visi dan Misi Panti Asuhan Mabarrot yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif yakni:

Visi  

 "Terwujudnya  manusia  beriman,  bertaqwa,  berbudi  pekerti  luhur dan mandiri."

Misi
1)Mewujudkan generasi yang beriman.
2)Menanamkan kecakapan beribadah.
3)Membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur.
4)Menumbuhkan manusia mandiri.

 Tujuan
1) Memberikan pendidikan dan pengajaran nilai-nilai ajaran islam serta kecakapan hidup bagi anak asuh sehingga terbentuk generasi yang bertaqwa dan berakhlak mulia.
2) Mendidik dan memberikan keteladanan kepada anak dalam membangun sikap mental, pengetahuan atau wawasan dan kemandirian.
3) Membentuk generasi yang berkualitas secara moral maupun ilmu pengetahuan dan membantu pemerintah dalam usaha melaksanakan program  kesejahteraan.

Alamat

  Jalan Ngelom No 86 Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Prov. Jawa Timur