Bagaimana Cara Melupakan Kenangan Masa Lalu?

 
Bagaimana Cara Melupakan Kenangan Masa Lalu?

LADUNI.ID, Jakarta - Melupakan kejadian dan peristiwa yang sangat membekas di hati dan ingatan, sungguh merupakan sesuatu yang amat sulit. Melupakan adalah pekerjaan yang melelahkan karena membutuhkan waktu yang sangat lama dan dengan upaya yang juga luar biasa. Meski melupakan adalah sesuatu yang mustahil, tetapi paling tidak kita bisa merengkuh kebahagiaan di masa yang akan datang.

Hal yang paling sering dialami adalah kesulitan untuk melupakan hubungan asmara yang terjadi di masa lalu tetapi kandas karena berbagai faktor dan alasan. Pertanyaannya, bagaimana cara kita agar bisa melupakan masa lalu yang dirasa sangat membahagiakan tetapi pada akhirnya berubah menjadi penderitaan karena kebahagiaan itu tidak lagi kita rasakan?

KH Buya Syakur Yasin dalam sebuah ceramahnya menjelaskan bahwa, apapun peristiwa yang sangat penting dalam hidup kita, baik itu dalam hal bermasyarakat, bernegara, atau dalam kehidupan pribadi jika itu penting, maka akan selalu dirayakan.

Salah satu contohnya adalah hari kelahiran Nabi, hari kemerdekaan Republik Indonesia, hari lahir Pancasila, hari santri, hari Kartini dan berbagai peristiwa penting akan selalu dirayakan ulang tahunnya. Nah, untuk melupakan kekasih yang dulu sangat dicintainya, dan betapa sakit hatinya seorang perempuan yang ditinggal oleh kekasihnya kawin dengan perempuan lain.

“Anda laki-laki mungkin tidak bisa merasakannya. Saya bisa merasakan karena saya ahli psikologi perempuan,” canda Buya Syakur disambut tawa jamaah.

Jadi secara psikologis, ketika perempuan itu mampu melupakan penderitaannya, melupakan kekasih dulu yang menghianatinya, maka hal itu merupakan peristiwa yang luar biasa. Karena pasti telah melewati perjuangan yang sangat panjang. Sebab melupakan itu bukan sesuatu hal yang mudah. Beda dengan tulisan kalo ingin hilang tinggal dihapus pakai penghapus, sementara melupakan sesuatu yang sudah terekam dalam diri itu bukan hal yang mudah.

Mungkinkah sesuatu yang besar sekali dapat kita lupakan dengan mudah? Sesuatu yang besar itu misalnya kematian anak, kematian ibu, kematian bapak, atau bahkan kegagalan dalam mencapai sesuatu, maka akan sulit melupakannya. Yang bisa kita lakukan adalah mengabaikan, mengalihkan perhatian dengan mencari kesibukan yang lain dan sebagainya adalah cara yang paling mungkin untuk bisa melupakan.

Meskipun orang mengatakan, biarlah waktu yang membuat kita melupakan. Tetap tidak akan bisa! Sebab, sebuah kenangan akan secara otomatis mereproduksi ingatan kita sendiri. Mungkin terkadang kita tidak ingin mengingatnya, tapi dia akan muncul dengan sendirinya.

Itulah kenapa kita perlu merayakan peristiwa yang telah lalu untuk memberikan motivasi agar kita bisa mengabaikan sesuatu yang sudah tidak mungkin kita alami kembali. Dengan begitu, meskipun kita tidak bisa melupakan secara keseluruhan apa yang kita alami di masa lalu, tetapi paling tidak kita akan mudah untuk melupakan segala penderitaan yang pernah dialami.

Komitmen untuk melupakan penderitaan itulah yang akan membuat kita bahagia dan memuliakan kita sendiri, bukan justru membuat kita terpuruk karena masa lalu. Kenapa disebut memuliakan? Sebab, ketika kita misalnya ditinggalkan oleh pasangan kita maka itu merupakan penghinaan besar dan melupakan penderitaan itulah yang akan memuliakan hidup kita.

Dengan demikian, himbauan untuk melupakan penderitaan harus dilakukan secara sungguh-sungguh agar kita dapat menemukan kebahagiaan baru yang tentunya lebih baik daripada masa lalu. Sehingga merayakan komitmen untuk melupakan adalah salah satu jalan dalam merengkuh kehidupan yang lebih baik di masa depan. Semoga.