Pesantren Al-Gaylanie Palembang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al-Gaylanie Palembang

Profil
 Pondok Pesantren Al-Gaylanie didirikan oleh H.Yuda Mulya Angga Sasmita dan Zaki Mubarak pada tanggal 7 Agustus 2013. Berawal nyantri di majelis taklim di Pondok Pesantren Suryalaya yang dirintis oleh Syaikh Abdullah bin Nur Muhammad atau yang dikenal dengan panggilan Abah Sepuh, H. Yuda Mulia Angga Sasmita beserta istrinya, dan Ust. Zaki Mubarak belajar membaca Alquran dan ilmu-ilmu fikih lainnya.

Cikal bakalnya adalah Pondok Pesantren TQN Suryalaya Cicere Jawa Barat.Seiring perjalanan waktu dari niat H. Yuda Mulia Angga Sasmita (Ketua Yayasan Serba Bhakti Al-Gaylanie) beserta istrinya, dan Ust. Zaki Mubarak (Ketua Pondok Pesantren Algaylanie) untuk mempelajari ilmu fikih membawa dampak kepada rekan kerja dan teman sejawat di sebuah majelis ta’lim yang kurang lebih berjumlah tiga puluh orang saat itu, mereka bersikeras untuk mengetahui apa itu toriqoh yang selama ini seperti disembunyikan, akhirnya bersama dua belas orang (Ust.Zaki dan kawan-kawan) berangkat ke Pondok Pesantren Sinarasa di Cecere yang di pimpin Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Q.S' atau lebih dikenal dengan "Abah Aos" untuk di talqin dan diajarkan dzikir.

Didalam thoriqoh ada yang disebut Talqinudz-Dzikir, yakni pendiktean kalimat dzikir La ilaaha illallah, Dalam melaksanakan dzikir thoriqoh seseorang harus mempunyai sanad (ikatan) yang mutasil (bersambung) dari guru mursyidnya yang terus bersambung sampai kepada Rasulullah SAW.  Sepulangnya dari Cicere keduabelas orang tersebut (ust. Zaki dan kawan-kawan) terbesit niat untuk membangun pesantren dan pada saat itu mereka tidak memiliki dana/biaya untuk bisa membangun pesantren, namun Allah S.W.T mampu menghadirkan solusi serta memberikan jalan keluar atas persoalan mereka tersebut, salah seorang ibu dari ikhwan mewakafkan sebidang tanahnya seluas satu hektare untuk didirikan pesantren.
 
    Pada bulan enam 2013, H.Yuda dan ust.Zaki Mubarak beserta beberapa sahabatnya kembali ke Cicere untuk menemui abah Aos untuk membicarakan rencana pembangunan pondok pesantren dan nama pesantren, saat itu abah Aos berkata "kasih nama pondok pesantrennya dengan nama Algaylanie".  Akhirnya pada bulan sebelas pembangunan pondok pesantren Algaylanie bisa dilaksanakan, dan diresmikan pada tanggal 12 Desember 2014. Saat akan mendirikan Pondok Pesantren pangersah Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Q.S  (Abah Aos) menetapkan lima penetapan:
1.Pendopo Ponpes Algaylanie dirubah oleh pangersah abah Aos dengan memberikan  
   nama terhadap Madrasah Thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah Ponpes Suryalaya  "insan kamil satu".
2.Abah Aos merestui pemakaian Madrasah Thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah
   untuk digunakan sebagai tempat manakib dan peresmian Ponpes Algaylanie pada tanggal 12 Desember 2014.
3.Berkenan hadir saat peresmian Ponpes Algaylanie.
4.Abah Aos menyetujui pembangunan icon Algaylanie yakni bersatunya tiga ikan.
5.Abah Aos menyetujui ponpes Algalanie sebagai sub bidang dakwahnya dalam mendirikan panti Inaba. Pondok 

Pesantren Algaylanie terletak di areal tanah + seluas 1 hektar, Al-Gaylanie merupakan lembaga pendidikan Islam yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu mengupayakan agar para santrinya mampu berakhlaqul karimah dan mendapat ilmu yang bermanfa'at yang dituangkan dalam tiga program Pesantren, yaitu; 
1. Ulama Al'Amilin (Ulama yang mampu mengamalkan ilmunya)
2. Imamal Muttaqin (Memimpin ummat untuk bertaqwa) 
3. Muttaqin (Manusia yang bertahan dalam ketaqwaan)
 
    Usaha ke arah tersebut ditunjang dengan strategi luar (Dzohiriyyah) berbentuk kegiatan-kegiatan pendidikan dan pembinaan dan berbentuk ibadah- ibadah yang diberjama'ahkan, seperti; dzikir, tadarrus al-Quran, sholat berjama'ah awal waktu,sholat Dhuha yang kesemuanya ada dalam kerangka peraturan sebuah organisasi yang ditopang dengan administrasi, komputer sistem online dan fasilitas-fasilitas pelayanan lainnya.
Pengasuh
1. KH.Yuda Mulya Angga Sasmita 
2. KH. Zaki Mubarak

Pendidikan
Pendidikan Non formal
1. Tahfidz Qur'an
2. Madrasah Diniyah
3. Kajian Kitab Kuning
4. Thoriqoh
5. TK/RA

Ekstrakurikuler
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5. Seni Musik
6. Khitobah
7. Kursus Kaligrafi


Para santri bersholawat diiringi hadrah


Santri belajar baca Al-Qur'an dihadapan pengasuh

Fasilitas
1. Gedung ibadah
2.  Madrasah
3.  Asrama
4.  Rumah Guru dan Ustadz
5.  Dapur Umum
6.  Klinik Rumah inaba (Panti Rehabilitasi)
7.  Lapangan Parkir
8. Sarana Olahraga.


Aula Pesantren

Alamat
Jl.Rimbo Mulyo No.1 Rt.001 Rw.008 Kel.Talang, Betutu Sukarami, Kota Palembang Sumatera Selatan
Kode Pos: 30961
Telepon: 0812 78360293

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.