Belajar Hakikat Cinta dari Nabi Ibrahim dan Anak Istrinya

 
Belajar Hakikat Cinta dari Nabi Ibrahim dan Anak Istrinya
Sumber Gambar: arabnews.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Nabi Ibrahim adalah salah satu nabi yang pertama kali bisa mendeskripsikan, menjelaskan, dan menguraikan ketuhanan secara sempurna. Mengenal dan menjelaskan secara sempurna mengenai Allah, Tuhan semesta alam bukan perkara mudah. Namun ketika sampai pada tataran inilah akan jadi jalan untuk mengenal hakikat cinta.

Seorang nabi adalah manusia yang pasti memiliki kelebihan dibanding manusia lainnya. Nabi Ibrahim yang mampu menjelaskan dan menguraikan ketuhanan secara sempurna itu, telah membawa pada pemahaman induk. Sebab itulah sebenarnya kita sendiri adalah termasuk milllah Ibrahim, pengikut Ibrahim. Ajaran Nabi Muhammad sendiri, sebagaimana dijelaskan KH. Buya Syakur Yasin, adalah ajaran yang juga mengikuti millah Ibrahim. Hal ini sangat jelas keterangannya dalam firman Allah SWT berikut ini,

قُلْ صَدَقَ اللّٰهُ ۗ فَاتَّبِعُوْا مِلَّةَ اِبْرٰهِيْمَ حَنِيْفًاۗ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ 

“Katakanlah: Benarlah (apa yang difirmankan) Allah. Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik. Bantahan terhadap pengakuan Ahli Kitab tentang rumah ibadah yang pertama.” (QS. Ali Imran ayat 95)

Ayat ini menerangkan posisi Tuhan dalam kaitan dengan cinta Nabi Ibrahim yang hanya kepada Allah saja. Nabi Ibrahim telah teruji dalam mencintai Allah. Sebab biasanya, dalam hal cinta, orang malas menguji cinta. Karena itu, setiap orang kiranya perlu menguji kadar orang yang mencintainya, sejauh manakah cintanya itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN