Pesantren Cibeureum Kidul Cimahi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Cibeureum Kidul Cimahi

Profil
Pondok Pesantren Cibeureum Kidul yang berlokasi di Jalan Mukodar Kebon Kopi Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, didirikan kira-kira pada tahun 1620 M oleh seorang ulama bernama Embah Mukodar. Embah Mukodar adalah seorang ulama yang berasal dari Surabaya Jawa Timur, bermaksud menyebarluaskan agama Islam yang pada waktu itu sebagai agama yang di anggap “agama baru” oleh mayoritas masyarakat yang beragama Hindu, dengan mengembara keberbagai tempat sehingga akhirnya sampai dan membuka lahan rawa-rawa di lokasi Pondok Pesantren Cibeureum Kidul sekarang.

Pada awal pendiriannya Pondok Pesantren Cibeureum Kidul oleh Embah Mukodar merupakan padepokan tempat mengaji para santri yang sederhana dan bersahaja, serta menjadi salah satu padepokan yang didatangi santri yang sangat banyak, karena pada saat itu padepokan agama islam masih sangat jarang terutama di wilayah Jawa Barat.

Keberlangsungan padepokan yang merupakan cikal bakal Pondok Pesantren mendapatkan hambatan baik dari Pemerintah Penjajah Belanda dengan membatasi ruang dan gerak para tokoh ulama yang dianggap sebagai kaum radikal/pemberontak, maupun dari masyarakat priangan yang mayoritas masih memeluk agama Hindu yang pada saat itu dipimpin oleh Bupati Priangan Raden Suriadiwangsa atau Pangeran Rangga Gempol Kusumadianata.

Hambatan tersebut tidak menjadikan Embah Mukodar putus asa dan menyerah, sehingga para santri yang ada tetap bersemangat untuk terus menetap. Hari demi hari pun dilalui dengan semakin bertambah santri yang berdatangan dari berbagai penjuru daerah di Jawa Barat dari berbagai latar belakang.

Eksistensi pedepokan ini terus dipertahankan secara terus menerus oleh para penerus perjuangan Embah Mukodar sehingga nama padepokan pun seiring dengan bergantinya zaman lebih popular dengan sebutan Pondok Pesantren. Ketokohan dan kepemimpinan serta ke’aliman Embah mukodar sebagai ulama yang mempunyai jasa besar terhadap masyarakat sekitar menjadikan nama Embah Mukodar diabadikan menjadi nama jalan sampai sekarang.

Setelah Embah Mukodar sebagai perintis Pondok Pesantren ini wafat (kira-kira pada tahun 1691 M) maka tonggak kepemimpinan Pondok Pesantren di teruskan oleh menantunya yaitu Mama Abdul Jalal sampai + tahun 1714 M, kemudian diteruskan oleh menantu Alm. Mama Abdul Jalal yang menikahi putri keduanya (Nyai Hj. Roliah) yaitu Mama KH. Hasan Ijra’i.

Pada masa Pondok Pesantren Cibeureum Kidul dipimpin dan diasuh oleh Mama KH. Hasan Ijra’i inilah banyak melahirkan alumni-alumni/ulama-ulama yang masyhur seperti Mama Ajengan Kurdi (Pontren Cibabat Kota Cimahi), Mama Ajengan Jarkasih yang lebih popular dengan sebutan Mama Cibaduyut (Cbaduyut Kota Bandung), Mama Santawi yang lebih popular dengan sebutan Mama Jelegong (ayah dari Alm. Mama Oha Pontren Alburdah Jelegong Kab. Bandung), Mama Kudang (Kudang Tasikmalaya), dan lain-lain.

Setelah generasi ke 6 wafat yaitu KH. Zaenuddin pada tahun 1990 M dan KH. Izzuddin pada tahun 1999 M, maka Pondok Pesantren sampai sekarang diasuh oleh putra dan menantu dari keduanya, yaitu KH. Alan Nur Ridwan (menantu KH. Izzuddin), KH. Kholilulloh (putera KH, Zaenuddin), KH. Habibulloh (putera KH. Zaenuddin), dan KH. Maman Abdulrahman (putera KH. Zaenuddin), serta disesepuhi oleh salah satu putera Alm Mama KH. Ma’shum yaitu KH. Faqih.

Pengasuh
1. Generasi Pertama: Pendiri KH. Mukodar ………. – 1691 M
2. Generasi kedua : Mama Abdul Jalal 1691 M – 1714 M
3. Generasi ketiga : KH. Hasan Ijra’i 1714 M – 1799 M
4. Generasi keempat : KH. Faqih 1799 M – 1878 M
5. Generasi kelima : KH. Ma’shum 1878 M – 1949 M
6. Generasi keenam : KH. Izzuddin (1949 M – 1999 M), KH. Zainuddin (1949 M – 1990 M), KH. Faqih (1949 M- 2014 M)
7. Generasi ketujuh : KH. Alan Nur Ridwan, KH. Kholilulloh, KH. Maman Abdurahman, KH. Habibulloh

Pendidikan
Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Al Qur'an
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5. Seni Musik
6. Khitobah
7. Kursus Kaligrafi
 


Para santri sedang Kajian Tausiah


Santri sedang Berjanzi diiringi musik hadrah

Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3.  Perpustakaan
4.  MCK/WC
5. Ruang tamu
6. Kopontren
7. Dapur
8. Aula
9. Lapangan
10. Kantor
11. Posko Kesehatan
 


Gedung Pesantren
 


Masjid

Alamat
Jl. Mukodar No.7, RT.01/RW.08, Cibeureum, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat
Kode Pos:  40535
Telepon: (022) 6031393


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.