PAUD Khadijah Pandegiling Surabaya

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
PAUD Khadijah Pandegiling Surabaya

Profil

“KB-TK Khadijah Pandegiling di bawah naungan Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial NU Khadijah Surabaya”. KB-TK Khadijah Pandegiling berlokasi di jalan pandegiling no.217 surabaya, berdiri pada tahun 2004 dengan jumlah murid 16 siswa. Alhamdulillah, dengan berjalannya waktu dan upaya memperbaiki mutu pendidikan KB-TK Khadijah Pandegiling diminati masyarakat.“KB-TK Khadijah Pandegiling di pimpin oleh ibu Dra.Hj. Suhartin sejak tahun 2004.

Beliau adalah sosok  pimpinan yang memiliki pengalaman di kalangan Yayasan Pendidikan dan Sosial NU Khadijah. Dengan pengalaman yang luar biasa menjadi seorang pimpinan, beliau sekarang membawahi  16 guru dengan latar belakang pendidikan sarjana dan 2  karyawan yang memiliki kualifikasi menguasai pekerjaannya dengan baik.”

Pada tahun 2009 menjadi PAUD Unggulan tingkat Kota Surabaya. Untuk menjadi PAUD unggulan tidak begitu saja kami peroleh , namun dengan perjuangan dan komitmen bersama dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di KB – TK Khadijah Pandegiling. Proses untuk menjadi PAUD Unggulan dimulai dari pengajuan proposal ke Dirjen PAUD Jakarta dengan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kecamatan Tegalsari dan Dinas Pendidikan Kota Surabaya serta Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur barulah kita mengirimkan ke Dirjen PAUD Jakarta.

Dan Alhamdulillah tidak lama kemudian datang 2 asesor yakni perwakilan dari Dirjen PAUD oleh Ibu Mareta dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur oleh Ibu Wujiati untuk melakukan visitasi, setelah itu Ibu Dra. Hj. Suhartin selaku Kepala KB – TK Khadijah Pandegiling dipanggil ke Jakarta untuk pemaparan tentang KB – TK Khadijah Pandegiling sekaligus penandatangan MOU sebagai PAUD Unggulan Kota Surabaya dan menerima dana sebesar Rp. 150 juta yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sarana prasarana, pendidik dan peserta didik yang ada di KB – TK Khadijah Pandegiling.

Sejak mendapat bantuan Rp. 150 juta dan dinyatakan sebagai PAUD Unggulan tingkat Kota Surabaya KB – TK Khadijah  Pandegiling mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar dan sebagai tempat rujukan, studi banding, magang dari sekolah-sekolah lain, dan juga membuat laporan pertanggung jawaban atas dana Rp. 150 Juta kepada Dirjen PAUD Jakarta.

Kegiatan sosialisai di laksanakan di KB – TK Khadijah Pandegiling dengan dihadiri oleh pengurus  PKK, penilik PAUD, kepala UPTD kecamatan tegalsari dan kepala serta guru PAUD se-Kecamatan Tegalsari. Setelah sosialisasi, barulah dilanjutkan dengan Peresmian  sebagai PAUD Unggulan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2010 yang diresmikan oleh Ibu Wali Kota yaitu Ibu Katarina, dan juga dihadiri oleh Ketua Himpaudi Kota Surabaya, Lurah Dr. Soetomo, Camat Tegalsari dan Perwakilan dari Dinas Propinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Bapak Narto, Direktur  & Pengurus YTPS NU Khadijah Surabaya.

Kurikulum

Menggunakan kurikulum berciri khas yang merupakan perpaduan antara Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Yayasan Khadijah dan Cambridge. Menggunakan sistem pembelajaran Sentra menggali dan mengoptimalkan potensi kecerdasan jamak (Multiple Intelegence) pada anak. Kurikulum Agama disusun khusus oleh YTPS NU Khadijah yang merupakan ciri khas sekolah dilingkungan Khadijah yang meliputi : Aqidah, Akhlaq, Al Qur’an dan Ibadah. Pembelajaran kegiatan  belajar dilakukan dengan menggunakan Metode Sentra & Moving class. Ada 9 sentra :

  1. Sentra Persiapan 1 : Memfasilitasi anak dalam memperluas pengalaman keaksaran serta aturan – aturan yang diperlukan dalam persiapan ketrampilan membaca, menulis, matematika (berhitung) melalui kegiatan bermain yang menyenangkan.
  2. Sentra Persiapan 2
  3. Sentra Bahan Alam : Memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman main sensorimotor, mengembangkan kematangan fine motor anak yang diperlukan dalam kesiapan menulis, keterampilan berolah tangan serta menstimulisasi sistem kerja otak anak dalam menggunakan alat dan bahan main dengan memanfaatkan limbah dan bahan alam.
  4. Sentra Imtaq : Membiasakan nilai-nilai kehidupan beragama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional sejak usia dini. Kegiatan keimanan dan ketaqwaan yang berupa pengembangan kemampuan dasar imtaq dan pembentukan akhalqul karimah yang diintegrasikan ke semua sentra lainnya.
  5. Sentra Musik : Memfasilitasi anak untuk menuangkan gagasannya melalui gerak dan lagu serta memperluas pengalaman dan pengetahuan anak berirama (ketukan) dan berbagai bunyi dengan bermain musik dan lagu menggunakan berbagai alat permainan musik.
  6. Sentra Balok : Memfasilitasi anak dalam mengembangkan kemampuan daya pikir, daya cipta dan keterampilan serta memperluas pengalaman dalam mewujudkan ide, gagasan, dan pengalaman yang dimilikinya menjadi karya nyata dalam bentuk kontruksi dan bangunan.
  7. Sentra Olah Tubuh :  Memfasilitasi anak dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak tujuan melatih kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan tubuh.
  8. Sentra Main Peran : Memfasilitasi anak untuk memberikan kesempatan dalam menciptakan kembali masa lalu dan memproyeksikan diri ke masa depan, mengembangkan keterampilan khayalan.
  9. Sentra Seni : Memfasilitasi anak dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitas anak untuk mewujudkan ide, gagasan, dan pengalaman yang dimiliki anak menjadi karya nyata.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di KB TK Khadijah Pandegiling antara lain :

  1. Lapangan
  2. Tempat bermain indoor dan Outdoor
  3. Ruang Kelas ber AC + CCTV
  4. Makan Siang
  5. Antar jemput
  6. TPA (Taman Pengasuhan Anak)

Alamat

Jl.Pandegiling No.217 Surabaya, Jawa Timur

Kode Pos: 60264

Telp/Fax. (031)5662654

Untuk Keterangan dan Pendaftaran Silahkan Hubungi: https://kb-tkpandegiling.khadijah.or.id