Panti Asuhan Darul Hadlonah 2 Boyolali

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Darul Hadlonah 2 Boyolali

Profil
Panti Asuhan  LKSA Darul Hadlonah 2 tidak terlepas dari keberadaan Panti Asuhan LKSA Darul Hadlonah 1 yang sudah beroperasi sejak tahun 1999. Selama lima belas tahun banyak keluarga yang menginginkan untuk menitipkan anak perempuan. Namun belum bisa ditampung karena keterbatasan sarana.

Pada tahun 2006 kami mulai merencanakan untuk membangun gedung namun, belum terwujud karena lokasi tanah yang tidak srategis, jauh dari fasilitas umum. Atas kehendak Allah, pada tanggal 22 Juni 2015, keluarga besar KH Abdullah mewakafkan tanah seluas 808 M dan bangunan yang dulunya dipergunakan untuk pesantren. Lokasi bangunan tersebut berada di tengah perkampungan sehingga sangat cocok untuk mendidik dan mengasuh anak perempuan. Penyempurnaan perlu kami lakukan untuk menyesuaikan kebutuhan kepengasuhan dan calon anak asuh. Diantaranya pembuatan kembali kamar mandi yang sudah rusak karena lama tidak terpakai serta fasilitas – fasilitas yang perlu direnovasi.

Bulan Ramadhan tahun 1436 H LKSA Darul Hadlonah 2 jumlah anak asuh mencapai 12 anak putri. Anak asuh di LKSA Darul Hadlonah 2 merupakan amanah bagi semua pengurus. Dengan tujuan untuk mengangkat harkat dan martabat generasi yang lemah menjadikan generasi yang bermartabat dan beradab seperti layaknya generasi yang lain, khususnya bagi anak yatim, piatu, yatim piatu, dan dhu’afa dari umat islam di Indonesia. Disamping prosedur penerimaan anak asuh, terdapat juga pengelolaan panti dengan memberikan pendidikan formal dan non-formal. Untuk pendidikan non-formal diberikan pendidikan keagamaan ala pondok pesantren, hafalan juz 30, keterampilan, olahraga, dan pendidikan leadership.

Visi, Misi dan Tujuan LKSA Darul Hadlonah Boyolali
Visi 
Menjadi lembaga yang mampu mengemban amanah Allah SWT, menghasilkan tamatan berkualitas yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berwawasan, terampil, mandiri, dan memiliki tanggungjawab serta peduli terhadap sesama yang membutuhkan.
Misi 
1. Menumbuhkan sikap positif yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
2. Menumbuhkan sikap kompetisi dalam prestasi dan kebaikan.
3. Melaksanakan pendidikan dan latihan yang berorientasi pada terwujudnya generasi yang kuat aqidah, aqliyah, dan ekonomi.
4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta dalam rangka mendidik dan melatih anak asuh.
5. Menerapkan sistem manajemen mutu dalam penyelenggaraan kepengasuhan.
6. Menjalin komunikasi yang sehat dengan orang tua dan atau penanggungjawab utama anak asuh.
7. Memberikan manfaat pada lingkungan masyarakat LKSA.
8. Memberi kontribusi positif pada perkembangan Islam di Boyolali.
Tujuan 
1. Membantu mengasuh anak dari keluarga yang mengalami masalah kesejahteraan sosial.
2. Memberikan suasana yang nyaman bagi anak asuh dalam menjalani pendidikan dan pelatihan dalam LKSA.
3. Menciptakan suasana kekeluargaan dalam LKSA.
4. Menyiapkan anak asuh agar mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mengembangkan diri untuk mencapai taraf hidup yang baik.
5. Menyiapkan tamatan muslim yang produktif, siap berkembang dan beradaptasi serta kreatif.

Kegiatan
Kegiatan Anak Asuh
Kegiatan Internal
1. Madrasah Diniyyah/Ngaji Sore setiap hari yang dibimbing oleh pengasuh dan ustadz/ustadzah dari dalam maupun luar yayasan.
2. Membaca Al Qur'an yang diadakan setiap hari terutama bakda sholat subuh dan bakda magrib.
3. Sekolah formal setiap hari sesuai dengan jenjang pendidikan anak asuh.
4. Kemandirian dan piket harian ; mencuci pakaian, seterika, memasak, kebersihan diri dan lingkungan, dan lain-lain
5. Ketrampilan / Skill tambahan; sablon, menjahit, tata boga, budidaya ikan lele, dan lain-lain
6. Olah raga diadakan setiap hari Ahad secara bersama seperti sepak bola, tenis meja, bola volly, bulu tangkis, renang, dan lain-lain.
7. Seni Hadrah
8. Istimaul Quran dan Parenting setiap lapanan sore di asrama panti.
Kegiatan Eksternal
1. Acara dengan donatur, Anak Asuh LKSA Darul Hadlonah sering diundang para donatur dalam acara-acara/hajat, tasyakuran, pengajian dll.
2. Out bound atau rekreasi, kegiatan ini biasanya diadakan setiap tahun  di saat liburan kenaikan kelas bersama dengan para pengurus LKSA Darul Hadlonah guna mempererat  rasa kebersamaan, tali silaturahim dan mengurangi kejenuhan.
3. Kunjungan ke Panti Asuhan Lain


Alamat
Jl. Widuri Gg.III Dawung RT 02 RW 06 Pulisen Boyolali Jawa Tengah
Kode Pos: 57316 
Telepon: (0276) 324583