Panti Asuhan Darul Hadlonah Bintoro Demak

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Darul Hadlonah Bintoro Demak

Profil
Panti Asuhan Darul Hadlonah Bintoro Demak Lembaga sosial ini menampung para anak yatim, yatim piatu, yang tidak mampu Panti asuhan Darul Hadlonah Bintoro Demak merupakan lembaga sosial yang berada di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdhatul Ulama (YKM-NU) wilayah kerja II Provinsi Jawa Tengah yang berada di Jalan Yudhamenggala No. 64 Kampung Domenggalan Kelurahan Bintoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak.

Untuk diasuh dan dibantu agar dapat bersekolah, mengaji ilmu agama, berlatih keterampilan agar kelak menjadi anak yang berprestasi, mandiri, dan berakhlak mulia. Panti Asuhan Darul Hadlonah didirikan atas dasar kuatnya kemauan dalam kemampuan penyantuan anak yatim, yatim piatu, terlantar dan tidak mampu dimana pada tanggal 1 Oktober 1999 dilakukan peletakan batu pertama dalam perencanaan pembangunan panti asuhan tersebut.

Panti asuhan semula adalah Yayasan Bintang Sembilan yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 1999 di bawah naungan Gerakan Pemuda Ansor (GP. Ansor) dengan Bapak Ir. Musyadad Syarif pada masa itu yang kemudian yayasan tersebut diberi nama Panti Asuhan Darul Aitam. Atas dasa pemikiran untuk ketepatan pengelolaan adalah ibu-ibu Muslimat, panti asuhan tersebut kemudian diserahkan kepada Pimpinan Cabang Muslimat Nahdhatul Ulama (PC. Muslimat NU).

Panti asuhan tersebut mulai beroperasional tanggal 1 Oktober 1999 dan sejak tanggal 28 Agustus 2003 kepemilikan panti asuhan tersebut kemudian diserahakan kepada YKM NU wilayah kerja II Demak dan berganti nama menjadi Panti Asuhan Darul Hadlonah dengan Ibu Hj. Istiqomah S.Pd. sebagai pimpinan panti asuhan tersebut. Tanah dimana tempat panti asuhan itu sekarang berdiri merupakan tanah yang diwakafkan keluarga Al-Mukarrom Bapak Dahlan kepada GP. Ansor seluas 2000 m2.

Dikarenakan pendidikan dan tuanggung jawab pimpinan panti asuhan, sekarang panti asuhan yang semula pembangunannya belum sempurna dan hana berupa gedung yang berdiri di atas lahan seluas 2000 m2 sekarang sudah menempati lahan seluas 6000 m 2 . Di atas lahan tersebut dilaksanakan renovasi gedung panti, pembangunan gedung Ikatan Haji Muslimat (IHM), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), musholla, gudang distribusi air mineral, serta persewaan tempat wirausaha. Tujuan didirikannya persewaan tempat wirausaha dan gudang distribusi air mineral yaitu untuk menunjang dan mensejahterakan ekonomi panti asuhan itu sendiri.

Visi dan Misi
Visi

Menghantarkan anak yatim menjadi muslim yang berilmu amaliyah dan beramal ilmiah.
Misi
1. Memelihara dan membimbing kegiatan sehari-hari 
2. Mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan pendidikan formal SD s/d SLTA/PT dan pendidikan agama TPQ/Madin
3. Memberikan keterampilan 4. Membekali untuk modal usaha dan uang tabungan & skill

Program Panti asuhan Darul Hadlonah Bintoro Demak
a. Pendidikan
Pendidikan merupakan program utama yang ada di panti asuhan. Pendidikan yang diberikan adalah SD/MI, SMP/MTs, SMA (SMK)/MA (MAK), dan perguruan tinggi. Pendidikan tersebut tidak dilaksanakan di dalam panti asuhan, melainkan dilaksanakan di sekolah negeri maupun swasta di sekitar panti asuhan karena panti asuhan belum dapat menyiapkan sarana pendidikan formal sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Adapun pendidikan formal di luar panti asuhan dan di luar kota dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan, prestasi dan tingkatan pendidikan masing-masing anak asuh. Pihak panti asuhan juga memberikan pelayanan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi sesuai dengan minat dari si anak asuh dan keinginan dari donatur yang siap membiayai segala kebutuhan dalam menempuh perkuliahan (hasil wawancara dengan Mas Faizin, anak panti asuhan yang dibiayai selama kuliah).
b. Keagamaan
Kegiatan panti asuhan berbasis keagamaan terbagi dalam empat waktu ditinjau dari segi pelaksanaannya, yaitu harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
1) Kegiatan keagamaan di panti asuhan yang dilaksanakan setiap hari yaitu sholat lima waktu secara berjamaah, sekolah TPQ atau Madrasah Diniyah (Madin), dan mengaji setelah Sholat Maghrib.
2) Kegiatan keagamaan mingguan yang dilaksanakan di panti asuhan yaitu pembacaan Manaqib pada malam Senin, praktik sholat pada malam Selasa, praktik pidato (khitobah) pada malam Rabu, pembacaan Surat Yaasiin dan tahlil pada malam Jum’at, dan pembacaan Maulid Diba’i pada malam Minggu
3) Kegiatan keagamaan yang dilakukan setiap bulan di panti asuhan yaitu meng-khatam-kan Al-Qur’an 30 juz, Istighosah, dan pembacaan asma’ul husna.
4) Kegiatan panti asuhan berbasis keagamaan yang dilakanakan setiap tahun yaitu pembacaan do’a awal tahun dan akhir tahun, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan membaca barzanji, peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, pembacaan do’a Nisyfu Sya’ban pada malam hari tanggal 14 Sya’ban (15 Sya’ban) yang dilaksanakan setelah Shalat Maghrib, Pesantren Ramadhan untuk anak asuh tingkat SD, mengaji kitab tertentu bagi anak asuh setingkat SLTP dan SLTA, sillaturrahmi kepada para ustadz/ustadzah dan pengasuh serta tetangga panti asuhan.
c. Keterampilan
Kererampilan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh semua anak asuh sebagai bekal di masa depan agar menjadi anak yang siap bersaing dan tidak merasa terpinggirkan setelah kembali ke tempat asal anak asuh. Tujuan pembekalan keterampilan di panti asuhan ini yaitu menciptakan generasi muda yang mandiri dan berakhlak mulia serta mampu menghadapi tantang perkembangan zaman di era globalisasi dan modernisasi sekarang ini. Demi mewujudkan tujuan tersebut di atas, Panti asuhan Darul Hadlonah Bintoro Demak memprogramkan berbagai kegiatan untuk meningkatkan keterampilan seperti praktik menjahit, praktik bordir kain, praktik sablon, praktik pembuatan kue, budidaya tanaman hias, praktik percetakan, serta praktik berwirausaha.

Semua anak asuh diharuskan mengikuti kegiatan keterampilan yang disediakan sesuai dengan kemampuan dan hobi masing-masing anak asuh. Pembimbingan dan pengarahan terhadap anak asuh diberikan demi pembelajaran teori dan praktik semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan kemampuan atau hasil yang layak untuk dipromosikan di beberapa lembaga dan instansi.
d. Olahraga
Olahraga menjadi kegiatan rutin setiap hari karena olahraga dipandang penting sebagai sarana untuk menumbuhkan bakat minat dan prestasi para anak asuh serta menjaga keseimbangan badan agar tetap sehat sehingga dapat melaksanakan berbagai aktivitas seharihari di panti asuhan. Olahraga juga dapat menumbuhkan motivasi dan semangat baru bagi anak asuh, terutama bagi anak yang dapat meraih prestasi dan kejuaraan di berbagai event kejuaraan semisal Porseni, Popda, dan sebagainya.
e. Seni
Anak asuh Panti Asuhan Darul Hadlonah Bintoro Demak dibekali berbagai macam kesenian, seperti Tilawatil Qur’an, Rebana (hadroh), musikalisasi puisi, dan seni membentuk kaligrafi. Kegiatan tersebut di atas ada yang diselenggarakan di panti dan ada pula yang diselenggarakan di luar panti seperti dalam suatu pentas seni.

Selain kegiatan rutin yang tertera di atas, terdapat kegiatan-kegiatan di laur jadwal di atas. Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu:
1. Membaca al-fatihah 1000 x (malam Jum’at) dan 20 x setelah sholat fardlu.
2. Membaca asmaul husna dan al-fatihah setelah sholat.
3. Sholat tasbih dan kajian setiap minggu pagi.
4. Pembacaan Manaqib setiap tanggal 11 Qomariyah
5. Khataman al-qur’an setiap satu minggu sekali
6. Membaca shalawat kubro 1 x sehari
7. Mengkhatamkan al-qur’an dan manaqib sesuai permintaan pemilik hajat (pernikahan, syukuran, ritual kematian, dan lain-lain).

Alamat
Jalan Yudhamenggala No. 64 Kampung Domenggalan Kelurahan Bintoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak Jawa Tengah
Kode Pos: 59511
Telepon: (0291) 3300975