Tradisi Tahlilan dan Faedah Melaksanakannya

 
Tradisi Tahlilan dan Faedah Melaksanakannya

LADUNI.ID, Jakarta - Pelaksanaan tradisi tahlilan memiliki banyak manfaat tertama bagi orang yang meninggal, keluarga yang meninggal, maupun orang yang membaca tahlil dalam sebuah perkumpulan untuk mendoakan agar orang yang meninggal bisa diterima amalnya dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an Surat Al-Hasyr ayat 10 yang bunyinya sebagai berikut.

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ࣖ (١٠)

Waalladziina jaauu min ba'dihim yaquuluuna rabbanaa ighfir lanaa wali-ikhwaaninaa alladziina sabaquunaa bial-iimaani walaa taj'al fii quluubinaa ghillan lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufun rahiimun

Artinya: “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr: 10).

Ibnu Qayyim Al-Juziyah dalam kitabnya yang berjudul Ar-Ruh (Alam Roh) mengatakan: “Al-Khallal, dalam kitabnya Al-Jami’ seketika sedang membahas bacaan Al-Qur’an di samping kubur”, berkata: menceritakan kepada kami Abbas bin Muhammad Ad-Dauri, menceritakan kepada kami Yahya Bin Mu’in, menceritakan kepada kami Mubassyar al-Halabi, menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Ala’ bin al-Lajlaj dari bapaku:

“Manakala aku telah mati, maka letakkanlah aku pada liang lahad serta ucapkanlah Bismillah serta  baca permulaan Surat al-Baqarah pada samping kepalaku karena sesungguhnya aku mendengar Abdullah bin Umar berkata demikian.”

Secara umum, terdapat beberapa manfaat faedah dalam pelaksanaan tahlilan. Di antara faedah atau manfaat-manfaat itu adalah sebagai berikut.

1. Tahlilan Dapat Mempererat Silaturrahim

Membaca tahlil secara bersama-sama di rumah orang yang meninggal ketika di hari pertama hingga hari ketujuh, bisa mempererat tali silaturrahim di antara tetangga. Dengan kita hadir dan menahlili orang yang meninggal, maka akan membuat keluarga yang ditinggalkan memiliki perasaan tenang karena ada orang yang mau memohonkan ampunan bagi keluarganya yang sudah meninggal. Otomatis, keluarga yang ditinggalkan itu juga akan memiliki simpati terhadap orang yang bertahlil. Di situlah silaturrahmi akan terjalin dengan erat.

2. Tahlilan Bisa Mengingatkan pada Kematian

Hadir dalam sebuah tahlilan juga akan membuat kita mengingat pada kematian. Hal ini beralasan, karena pembacaan tahlil yang dibacakan pada orang yang meninggal setidaknya membuat orang yang bertahlil akan mengingat pada kematian. Bahwa setiap orang yang bernyawa pada akhirnya akan meninggal dan kembali kepada-Nya. Dengan mengingat mati inilah, setidaknya orang akan memilih untuk bertaubat dan membuatnya lebih sering memohon ampunan kepada Allah SWT.

3. Tahlilan Bisa Membantu Memperlancar Bacaan Al-Qur'an

Bacaan-bacaan tahlilan sebagian besar berasa dari Al-Qur’an. Ketika seorang belum terlalu lancar di dalam membaca Al-Qur’an, maka dengan ikut tahlilan, ia akan terbiasa mengikuti bacaan tahlil yang dibacakan oleh orang banyak. Dengan begitu, orang tersebut secara tidak langsung telah melatih bacaan Al-Qur’annya.

Apalagi ketika keluarga almarhum/almarhumah belum ada yang bisa membaca Al-Qur’an, meskipun sudah beragama Islam (ini terutama terdapat pada masyarakat perkotaan), sehingga dengan adanya tahlilan orang yang meninggal tersebut tetap mendapat pahala dari orang yang menahlilinya.

4. Menghibur Keluarga Almarhum/ Almarhumah

Hadirnya masyarakat, tetangga, bahkan keluarga jauh dan berkumpul di dalam sebuah ritual tahlilan, akan menjadikan keluarga yang ditinggalkan oleh almarhum/almarhumah bisa terhibur. Apalagi yang hadir memang sengaja mengucapkan bela sungkawa dan menghibur keluarga yang ditinggalkan.

5. Memohonkan Ampun atas Dosa Almarhum/ Almarhumah

Faedah yang terakhir ini adalah faedah yang sangat luar biasa. Meskipun bukan dari kalangan saudara atau orang dekatnya, tetapi dengan adanya tahlilan, orang-orang yang hadir di dalam ritual tahlilan tersebut juga akan mendoakan almarhum/almarhumah. Itulah ukhuwah islamiyah yang sebenarnya, bahwa di dalam Islam semuanya seperti saudara.

Itulah beberapa faedah dari pelaksanaan tradisi tahlilan. Memang saat ini bisa dikatakan masih banyak orang yang menolak dan tidak mau dengan tahlilan, mungkin karena mereka masih menganggap tahlilan itu bid'ah. Akan tetapi, ketika kita telah mengetahui tentang manfaat dan faedah tahlilan sebagaimana disampaikan dalam artikel ini, setidaknya bisa membuka mata hati kita akan pentingnya menahlili orang yang sudah meninggal. Wallahu a'lam.