PAUD Salman Al Farisi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
PAUD Salman Al Farisi

Profil
Awal berdirinya PAUD Salman Al Farisi, para pendiri berkonsentrasi kepada pendidikan anak usia dini. Ide tersebut dimulai pada awal tahun 1993 dari seorang Ibu rumah tangga bernama Wiwik Hapsari, drg. Saat itu profesinya sebagai dokter gigi belum menyita waktunya, sehingga kesempatan ini digunakannya untuk mengawali pendidikan anak usia dini di rumah kontrakannya di Jeruk Legi Banguntapan Bantul. Pada masa itu belum ada pendidikan yang berkonsentrasi untuk anak usia dibawah 4 tahun.

PAUD yang telah dimulai awalnya hanya ada 4 anak ( Asma, Jundi, Faros, Fatimah) dengan empat guru perempuan tiga dari IKIP Karang Malang (Susana, Laili dan Retno) dan satu dari UIN (Erma R). Mereka melaksanakan kegiatan belajar di rumah Bu Wiwik. Pada masa itu mereka mencoba melibatkan bapak-bapak. Alhamdulillah, saat itu Bapak Mujidin menawarkan tempat di Masjid Muad bin Jabal. Pada akhir Tahun 1994 didirikan kelas di Jongkang dengan lima anak( Aska, Hafsoh, Umar, Ahsan, Hasan ) bertempat di sebuah rumah Tri Winarsih, S.P. Muzna Nurhayati diminta sebagai penanggungjawabnya saat itu. Setelah berjalan 4 bulan, akhirnya diputuskan untuk menggabungkan kedua sekolah tersebut di Jongkang. Seiring perkembangan jumlah murid dan kurangnya lokasi belajar akhirnya diputuskan untuk memindahkan lokasi sekolah di Pogung Baru A 17 dengan jumlah murid 22 anak.

Pada tahun 1995 ketua Pengelola lembaga yang pertama yaitu Bapak Arif Rahman Hakim. Alhamdulillah pada tahun itu juga Ketua Pengelola kami mendapatkan pinjaman tempat di Jalan Janturan di tengah sawah. Di bawah pimpinan Ketua Pengelola Bapak Arief Rahman Hakim. Sekolah sudah tampak sebagai lembaga pendidikan formal.
VISI :
Terwujud lembaga yang bermutu dan kondusif, dalam membentuk generasi yang cerdas, mandiri, dan berkepribadian Islami.
MISI :
1. Menyelenggarakan lembaga pendidikan yang sistematis, terarah dan profesional.
2. Membekali anak-anak didik dengan Al qur’an dan As sunah.
3. Menstimulasi tumbuh kembang anak didik secara optimal sesuai tahap perkembangan.
4. Membangun anak didik yang jujur, cerdas dan santun.
TUJUAN :
A. Mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk bermain dan belajar sehingga tercapai optimalisasi potensi anak didik.
B. Menerapkan system manajemen terpadu yang Islami dalam tata kelola sekolah.
C. Menjadikan anak didik yang memiliki kriteria :
1. Mengenal dasar dasar nilai nilai Islam ( diniyah) .
2. Mengenal membaca Al qur”an.
3. Mampu menghafal beberapa surat pendek Al qur”an.
4. Mampu menghafal do”a – do”a harian.
5. Mampu melakukan gerakan wudhu dan gerakan sholat dengan benar.
6. Mampu menghafal bacaan sholat.
7. Memiliki kepribadian Islami ( suka berbagi, suka minta maaf, jujur, cerdas, sesuai bakat, mandiri dan santun.

Struktur Pengurus

Program Belajar:
Pendidikan di Indonesia saat ini dituntut untuk memberikan arah yang jelas serta hasil yang optimal bagi para peserta didik. Berbagai model pembelajaran dan pendekatan pendidikan telah di lakukan oleh berbagai sekolah.

Salah satu yang menjadi acuan ialah model kurikulum 2013. Namun hingga saat ini masih banyak sekolah yang berkutat untk mencari format yang jelas dan immplementatif dalam model pembelajaran kurikulum 2013. Salah satunya ialah penerapan sentra pembelajaran.

Model pembelajaran sentra merupakan bagian strategi dalam memberikan pengetahuan bagi para siswa terutama bagi para siswa usia dini, model sentra lebih mengutamakan kenyamanan para siswa dalam belajar. Mata pelajaran diberkan berdasarkan minat para siswa dalam mengikuti pembelajan.

Siswa merupakan subjek pembelajar. Olehkarena itu memberikan rasa nyaman dan gembira menjadi bagian penting dalam sebuah proses pembelajaran. Bila siswa nyaman dan senang maka ilmu pengetahuan akan menjadi mudah di serap. Sekolah berusaha memberikan rasa nyaman dan gembira kepada siswa terlebih dahulu, dan sesudahnya akan diobservasi kecenderungan minat siswa terhadap ilmu pengetahuan.

Pada kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini merupkan moment untuk membangkitkan minat dan antusias para sisiwa  dalam ilmu pengetahuan tertentu.

Alamat
 Jl Pogung Baru Bl D-33A, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Kode Pos: 55284
Telp: (0274) 541972