TK Islam Al A'Raaf Jaksel

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
TK Islam Al A'Raaf Jaksel

Profil
Untuk mewujudkan cita-cita diatas, salah satunya dengan memberikan pendidikan islam yang berkualitas sejak dini kepada anak. Namun kenyataannya banyak orang tua yang terkendala biaya untuk menyekolahkan anak nya di lembaga pendidikan berlabel IT (Islam Terpadu) yang relatif mahal dan hanya bisa dijangkau oleh segelintir orang.

Beranjak dari situasi diatas, kami mencoba menghadirkan sebuah pendidikan Islam yang berkualitas dengan biaya terjangkau. Dengan tidak mengabaikan aspek perkembangan anak, kami mengenalkan Al Qur’an, Al Hadist, Sirah serta Adab dengan pendekatan yang menarik dan kontekstual. Sekolah tersebut kami beri nama Sekolah Al-A’raaf (Izin Prinsip Nomor : 001/1.1/31.74.09.1005/-1851.192/2017).

Program
TK (Taman Kanak-Kanak)
TK merupakan bentuk layanan pendidikan formal bagi anak usia mulai 4,5 tahun, yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi anak usia dini dalam menyesuaikan diri dalam lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya, termasuk siap memasuki pendidikan dasar. TK dikelompokan lagi menjadi 2 yaitu TK-A dan TK-B sesuai dengan tumbuh kembang anak. Waktu belajar selama 5 hari (senin – jum’at) dengan alokasi waktu pukul 08.00 – 11.30 WIB

Program Pendukung
TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an)
TPA merupakan bentuk layanan pendidikan nonformal bagi anak usia mulai 4 tahun yang memberikan pengajaran membaca Al Qur’an sejak usia dini, serta memahamkan dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. Khusus Ikhwan (anak laki-laki) sebelum masa baligh.
Program ini terdiri dari 3 level, yaitu :

  • Level I = mulai dari belum mengenal huruf.
  • Level II = mulai dari tahap membaca huruf sambung sederhana.
  • Level III = sudah dapat membaca Al Qur’an, program perbaikan cara membaca (tahsin / tajwid) dan hafalan juz 30.

Waktu belajar selama 3 hari (Senin – Rabu) dengan alokasi waktu pukul 16.00 – 17.30 WIB
Materi khusus hari Jum’at:
Belajar dan praktek tata cara wudhu dan shalat sesuai yang dicontohkan Nabi, materi lain nya tentang adab (adab menuntut ilmu, adab di masjid, adab kepada kedua orang tua dan lain sebagainya).
TBT (Taman Baca Tulis)
TBT bertujuan membantu siswa dalam mempersiapkan diri melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Kurikulum
1. Sentra imajinasi
2. Sentra rancang bangun
3. Sentra persiapan

4. Sentra eksplorasi
5. Sentra seni kreatifitas

Alamat
Jl. Delima, Poltangan, RT 01 / RW 05 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Kode Pos: 12530