Bacaan Shalawat Fatih dan Faedah Membacanya

 
Bacaan Shalawat Fatih dan Faedah Membacanya
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Shalawat Fatih adalah shalat yang diharapkan bisa menjadi wasilah langsung kepada Allah SWT. Shalawat ini sering dilafadhkan dan dibaca serta diamalkan oleh umat Islam, khususnya di Indonesia. Salah satu tujuan membaca shalawat ini adalah agar semua masalah dan kebuntuan hidup dapat terpecahkan secara baik. Sebagaimana arti dari Fatih itu sendiri, yakni pembuka.

Sayyidi Ahmad As-Showi menuturkan dalam kitab syarah atas Kitab Wird Dardir, bahwa shalawat tersebut dinamakan Shalawat Fatih dan dinisbatkan kepada Sayyid Muhammad Al-Bakri, seorang keturunan dari Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq. 

Syaikh Al-Arif Al-Kubra dalam Perukunan Melayu menyebutkan bahwa terdapat khasiat yang luar biasa dalam bacaan Shalawat Fatih. Beliau mengatakan, “Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‘ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah”.

Adapun lafadh dan arti shalawat fatih adalah sebagaimana berikut,

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung."

Banyak ulama telah mengamalkan Shalawat Fatih ini. Keberkahan dan manfaat terus mengalir tak pernah berhenti. Semoga kita semua dapat mengamalkan dan mendapatkan keberkahannya, serta mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW kelak di Akhirat. []


 

Editor: Hakim