Inilah Gunanya Banser di Panggung Menjaga Para Ulama

 
Inilah Gunanya Banser di Panggung Menjaga Para Ulama

LADUNI.ID, Jakarta - Masih ada orang mempertanyakan, untuk apa gunanya Banser? Kenapa Banser selalu berjaga-jaga saat seorang kiai berceramah di panggung menyampaikan mau’idzoh dan ceramahnya?

Jawabannya adalah, Banser ada untuk melindungi kiai-kiai dan ulama-ulama dari hal yang tidak diinginkan. Mereka, tanpa menuntut apapun, menjaga ulama kita agar selalu terhindar dari hal-hal yang membahayakan. Itulah gunanya Banser.

Baca juga: Kitab-kitab Klasik Peninggalan Banser NU

Pernah suatu kali, Syaikhina KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen nyaris mengalami penusukan oleh orang yang tidak dikenal. Untung saja, pisau yang digunakan oleh orang tersebut tidak sampai mengenai Mbah Moen, tetapi mengenai leher seorang Banser yang berusaha melindungi Syaikhina Mbah Moen yang mengakibatkan orang itu wafat.

Ini salah satu cerita dari alumni Banser. Kata alumninya tersebut, pelakunya orang gila. Karena orang yang melindungin Mbah Moen itu wafat, Syaikhina bersama santri Al-Anwar Sarang melakukan shalat ghaib untuk sang pelindung itu.

Kisah ini ditulis oleh Kang El-Fatih yang diposting dalam Fanspage Facebook NU Jombang Online. Masih banyak kisah dan riwayat bagaimana Banser berjuang dan mampu menyelamatkan para ulama dan kiai. Meski tanpa dilengkapi senjata layaknya militer, namun semangat anggota Banser dalam menjaga para warasatul anbiya’ sungguh besar.

Baca juga: Banser dan TNI Membangun untuk Bangsa

Hal ini juga sebagaimana ditulis oleh Rijal Mumazziq Z bahwa di dalam tradisi NU, sudah menjadi kewajiban Banser mengawal dan menjaga ulama saat berada di panggung. Oleh sebab itulah wajar ketika mas-mas Banser ikut serta mengamakan para kiai. Keselamatan kiai menjadi tanggung jawab Banser, sehingga biasa saja jika seringkali disuguhkan dengan pemandangan ketika seorang kiai berceramah lalu di samping kanan atau kirinya berdiri tegap mas-mas Banser.

Apalagi saat ini kita sedang dihadapkan pada peristiwa penusukan kepada Syeikh Ali Jabir sehingga mengakibatkan beliau luka di bagian lengan atasnya. Peristiwa ini mengajarkan kepada kita akan pentingnya Banser sebagai penjaga kiai dan ulama ketika berceramah.

Di tengah cercaan dan hinaan yang ditujukan kepada Banser, justru perannya sangat penting dan dibutuhkan demi keselamatan ulama kita dan kebaikan agama.

Baca juga: Kisah Keteladanan Mbah Ali Saat Diserang Orang Tak Dikenal

Barangkali, tulisan ini sekadar menjadi pengingat bagaimana peran pentingnya Banser dalam menjaga keutuhan dan keselamatan NKRI serta keselamatan para kiai ulama kita dari segala serangan orang-orang tidak jelas dan tak bertanggung jawab. Semoga ini bermanfaat dan jadi renungan buat kita semua. Aamiin.