Pesantren Al-Barokah Putri Kawunganten Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Barokah Putri Kawunganten Cilacap

Profil 

Pesantren Al-Barokah Putri Kawunganten Cilacap terletak di pinggir sebelah barat sungai Cibereum Desa Kawunganten Lor, Kecamatan Kawunganten. Kala itu, tahun 1992 dua tahun sebelum Abah Syekh Masud wafat, abah Syekh membangun pondasi pesantren putri. Pembangunan fisik berlangsung selama dua tahun. Tepat pada bulan Maret 1994 Abah Syekh Masud wafat dengan meninggalkan warisan bangunan pesantren putri yang masih kosong.

Pada bulan Mei 1994 satu dua orang santri angkatan pertama mulai mengisi bangunan pesantren putri. Konon Abah Syekh Masud trukah membangun pesantren putri diniatkan kelak santri putri menjadi teman Ibu saya. Tanpa terpikirkan oleh kami bahwa Abah akan pergi secepat itu, setelah bangunan pesantren putri berdiri. Meski akhirnya niat itu benar-benar menjadi kenyataan. Santri putri tidak pernah terlalu banyak jumlahnya hanya cukup untuk menjadi teman Ibu saya.

Pesantren putri progresnya sangat lambat. Dari segi fasilitas dan kemajuan lainnya (termasuk karakter santrinya). Mungkin karena memang letak pesantren kami tidak terlalu strategis secara geografi dan ekonomi. Dan masalah yang sering terjadi di pesantren kami adalah menjadi langganan banjir setiap tahun dan kekeringan di setiap musim kemarau. Posisi tanah yang lebih rendah dibanding dataran sekitarnya dan dari permukaan air sungai, menjadikan kami selalu merasakan banjir sendirian.

Menggugah Santri Peduli Lingkungannya

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.