Keajaiban Shalawat Saat Berada di Alam Barzah

 
Keajaiban Shalawat Saat Berada di Alam Barzah

LADUNI.ID, Jakarta - Dikisahkan oleh Syech Syibli bahwa setelah salah seorang tetangga wafat, ia bermimpi tentangganya, dan dalam mimpi itu ia bertanya kepada tetangga itu: "Apa yang Allah perbuat terhadapmu?"

Ia menjawab: “Wahai syech! Kengerian-kengerian luar biasa yang aku saksikan di dalam kubur dan aku dibuat sangat menderita karenanya, aku sampai tidak bisa berkata-kata ketika kulihat malaikat Munkar wa Nakir. Aku bertanya dalam diriku, ‘Aduhai celakanya aku! Apakah azab benar-benar telah menghampiriku?’.”

“Di dunia aku adalah seorang muslim dan wafat dalam agama Islam, kemudian kedua malaikat itu memintaku menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan keras".

Tiba-tiba muncul seorang lelaki berwajah indah dan beraroma harum dan menempatkan dirinya di antara aku dan kedua malaikat, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kedua malaikat itu dan dengan cara terbaik.

Kemudian aku bertanya kepadanya, "siapa engkau? Semoga Allah merahmatimu".

Ia menjawab, "Aku adalah sholawat…

اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى آله سيدنا محمد

…yang engkau selalu baca kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarga Nabi Muhammad Saw, sesungguhnya aku diperintahkan dan diberi tanggung jawab untuk menolong dan menyelamatkanmu kapan pun engkau butuhkan dan di manapun".

Dari Al-Imam abu abdillah ja'far Ash-Shadiq r.a.: Jika waktu sudah memasuki hari Kamis malam, maka para malaikat turun dari langit dengan membawa pena yang terbuat dari emas dan juga lembaran-lembaran yang terbuat dari perak.

Mulai hari Kamis malam itu, hingga terbenamnya matahari di hari Jumat, para malaikat tersebut tidak menulis apapun di atas lembaran-lembaran yang terbuat dari perak dan bertintakan emas itu kecuali amalan bacaan shalawat kita kepada Baginda Rasulullah SAW. (kitab: Al-sholawat Miftah Hallil Musykilat, Ali Qazweini, hal: 96)

Tahukah kalian siapa orang yang rugi itu? Orang yang merugi ialah orang yang oleh Allah diberi waktu luang namun ia tidak bershalawat kepada kekasih-Nya, Sayyidina Muhammad SAW.

اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى آله سيدنا محمد.

***

Keterangan foto: Habib Jindan bin Novel bin Salim Jindan