Pesantren Darul Ulum, Rejomulyo, Magetan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Ulum, Rejomulyo, Magetan

Profil

Yayasan Darul Ulum Rejomulyo dulunya bernama Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum Rejomulyo. Sejarah berdirinya Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum dimulai dengan berdirinya dengan sebuah Pondok Pesantren di Desa Karangmojo yang dikenal dengan nama kenaiban. Pondok tersebut didirakan oleh Kyai Raden Donohardjo pada tahun 1980.

Kyai Raden Donohardjo adalah seorang Naib atau penghulu yang berasal dari Poncol Magetan yang pertama kali babad pesantren di daerah Karangmojo. Pondok tersebut berpusat disebuah langgar / mushola kecil yang merupakan pusat kegiatan mengaji semua santri pada wktu itu.
 
Dalam perkembanganya pada tahun 1929 – 1931 dibangun masjid oleh putra menantu K. Raden Donohardjo yaitu K. Moh. Burhan yang merupakan ayah dari Ibu Nyai Siti Umi Zuhriyah. Pada tahun 1950 Ibu Siti Umi Zuhriyah menikah dengan putra Bapak K. Imam Abu Syukur Salim dari takeran yang bernama K. Imam Fauzi. Selama lebih kurang tujuh puluh tahun Pondok Pesantren tersebut semakin maju dibawah pimpinan KH. Imam Fauzi sampai ahirnya pada tahun 1953 beliau mendirikan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum.

Lembaga sekolah pertama kali yang didirikan KH. Imam Fauzi adalah Sekolah Pendidikan Guru Agama ( PGA ) pada tahun 1964 ysng bernama PGA Darul Ulum. Pada tahun 1968 PGA Darul Ulum dinegrikan menjadi MTsAIN 1 Karangmojo. Hampir bersamaan dengan itu KH. Imam Fauzi 1975 KH. Imam Fauzi bersama dengan Ibu Nyai Siti Umi Zuhriyah mendirikan taman kanak-kanak ( TK ) Darul Ulum. Pada tahun 1980 MTsAIN 1 Karangmojo berganti nama menjadi MTSN 1 Karangmojo.

Tahun 1985 KH. Imam Fauzi wafat dan MTSN pindah ke gedung baru di sebelah timur jalan raya Karangmojo. Kemudian pada tahun 1986 gedung lama MTSN beralih fungsi menjadi Madrasah Diniyah ( Madin ). Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum ( YPPDU ) semakin kokoh karena pada tahun 1991 putra ke-4 KH. Imam Fauzi yang bernama KH. Moch Nurul Islam bersama Ibu Nyai Hj. Siti Rumaiyyah menjadikan Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum berbadan hukum. Kemudian pada tahun 1995 Madin Darul Ulum berganti nama menjadi Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum (MI).

Yayasan ini semakin lengkap karena pada tahun 2008 Ibu Nyai Hj. Siti Rumaiyyah mendirikan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD Darul Ulum). Tahun 2015 KH. Moch. Nurul Islam meperbaharui akte notaris yayasan sekaligus memperoleh SK Kemenkuham. Pada akta notaris terbaru tersebut nama Yayasan Pondok Pesantren Darul Rejomulyo berubah nama menjadi Yayasan Darul Ulum Rejomulyo.

Yayasan Darul Ulum Rejomulyo telah menambah lembaga yang dikelola diantaranya dibidang sosial dan ekonomi. Dalam bidang ekonomi yayasan darul ulum rejomulyo kini memiliki sebuah Koperasi Baitul Makmur yang beranggotakan tidak hanya dari linkungan yayasan namun juga dari masyarakat luas.
Dalam bidang Sosial Yayasan Darul Ulum Rejomulyo mengelola sebua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan.

Kini semua lembaga sekolah di lingkungan Yayasan Darul Ulum ( YDU ) dengan fasilitas penunjang yang semakin memadai terus bersaing meningkatkan kualitasnya dibidang pendidikan agama dan pendidikan umum, Sosial dan Ekonomi. Dibawah pimpinan Putra pertama KH. Moch. Nurul Islam yaitu Gus Muhammad Alif Ilham yang dibimbing oleh bapak KH. Moch. Nurul Islam, Ibu Nyai. Hj. Siti Rumaiyyah serta asuhan para pendidik yang berkompeten dengan semboyan Ilmu, Amal, dan Taqwa siap menciptakan kader-kader yang tangguh dan kuat, berwawasan ilmu pengetahuan, Agama, dan berakhlakul kharimah.

Pendiri
Kyai Raden Donohardjo

Pengasuh
1. Kyai Raden Donohardjo
2. K. Moh. Burhan
3. KH. Imam Fauzi
4. KH. Moch Nurul Islam
5. Nyai Hj. Siti Rumaiyyah

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. Pondok Pesantren Darul Ulum
2. Taman Pendidikan Al Qur'an Darul Ulum
3. Kelompok Bermain Darul Ulum (KB)
4. Taman Kanak-kanak Darul Ulum (TK)
5. Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum (MI)
6. Madrasah Aliyah Darul Ulum (MA)
7. Jamaah Thoriqoh Syattariyah

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler di Pesantren Darul Ulum antara lain:
1. Tahfidz Qur'an
2. Kajian Kitab
3. Kaligrafi
4. Informatika
5. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
6. Enterpreneurship
7. OSIS
8. Pramuka
9. Volley Ball Club
10. Basket
11. Marching Band
12. Hadrah


Hadrah di Pesantren Darul Ulum Magetan


Marching Band di Pesantren Darul Ulum Magetan

Fasilitas

Fasilitas di Pesantren Darul Ulum di antaranya :

1. Gedung Pesantren
2. Masjid
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Koperasi
6. Labotarium IPA
7. Labotarium Komputer
8. Labotarium Bahasa
9. Klinik Kesehatan
10. Kantin
11. Gudang
12. Lapangan Olahraga



Masjid  di Pesantren Darul Ulum Magetan


Gedung Sekolah di Pesantren Darul Ulum Magetan

Alamat

Jalan Karangmojo, Desa Rejomulyo, Kec. Barat Kab. Magetan Provinsi Jawa Timur
Telepon: (0351) 867423
Kode Pos: 63395

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pesantren Darul Ulum

KUNJUNGI JUGA

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.