Enam Ciri Istri Sholehah Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

 
Enam Ciri Istri Sholehah Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Istri sholehah tentu merupakan dambaan setiap suami. Begitupun dengan istri, menjadi sosok yang sholehah adalah keinginannya, bahkan menjadi sosok yang sholehah itu juga impian setiap perempuan yang ada. Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda:

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Dunia adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah.” (HR. Muslim)

Lalu bagaimanakah cara menjadi istri yang sholehah, yang tentu kelak akan mendapatkan ganjaran surga? Mengenai hal ini banyak informasi yang diriwayatkan dalam sejumlah Hadis. Dan berikut ini dipaparkan beberapa ciri istri sholehah yang diperkuat dengan beberapa Hadis Rasulullah SAW:

1. Penuh kasih sayang

Salah satu ciri dari wanita sholehah adalah mereka memiliki sifat lemah lembut dan penuh dengan kasih sayang dengan orang-orang di sekitarnya. Tentu pengertian lembut dalam hal ini bukanlah sesuatu yang mengandung dan mengundang fitnah. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut ini:

أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِنِسَائِكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ؟ اَلْوَدُوْدُ الْوَلُوْدُ الْعَؤُوْدُ عَلَى زَوْجِهَا، الَّتِى إِذَا غَضِبَ جَاءَتْ حَتَّى تَضَعَ يَدَهَا فِي يَدِ زَوْجِهَا، وَتَقُوْلُ: لاَ أَذُوقُ غَضْمًا حَتَّى تَرْضَى

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN