Kiai Said Aqil Sembuh dari Covid-19, Ini yang Dilakukan Selama Isolasi

 
Kiai Said Aqil Sembuh dari Covid-19, Ini yang Dilakukan Selama Isolasi

LADUNI.ID, Jakarta - Berdasarkan surat keterangan dokter dari Rhemedi Medical Service Jakarta Timur, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj dinyatakan sembuh alias negatif dari corona virus/Covid-19.

"Alhamdulillah kondisi beliau (Said Aqil) sudah bugar," tutur M Sofwan Erce, sekretaris pribadi KH Said Aqil Siradj, Senin (07/12/2020), bersamaan dengan dikeluarkannya surat keterangan hasil PCR Covid-19 yang menjalaskan bahwa Kiai Said negatif.

Dalam kesempatan itu, Sofwan menjelaskan bahwa Kiai Said selalu menjalani pola keseharian dengan baik dan tertib. Beliau selalu mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh dokter kepada Kiai Said.

"Beliau (Said) sangat menghormati dan mengikuti arahan dokter, minum obat dan vitamin secara teratur," lanjut Sofwan, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman lampost.co, Selasa (08/12/2020).

Sofwan juga menyampaikan bahwa selama Kiai Said menjalani proses isolasi, beliau telah melakukan berbagai adaptasi sehingga membuat kondisi fisik Kiai Said cepat membaik. Bahkan, lanjut Sofwan, Kiai Said selalu melakukan dzikir yang membuat batinnya menjadi tenang.

"Kebiasaan beliau berzikir itu faktor penting. Alhasil ketenangan batin bisa tercipta dan membantu mempercepat kesembuhan," jelas Sofwan.

Atas hal itu dan mewakili Kiai Said, Sofwan menyampaikan banyak terima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan masyarakat untuk kesembuhan Said Aqil sejak pertama kali dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 28 November lalu.

“Terutama bagi warga Nahdliyin, para kiai, dan para santri," ungkap Sofwan.

Hingga kini, kondisi Said  kian membaik dan bugar. Hanya saja, Said masih butuh perawatan khusus hingga kembali diperbolehkan beraktivitas oleh dokter.

“Hanya butuh waktu istirahat,” jelasnya.(*)