Riwayat Keberkahan Memajang Foto Habib Sholeh Tanggul

 
Riwayat Keberkahan Memajang Foto Habib Sholeh Tanggul
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Disebutkan bahwa cerita ini pernah diutarakan oleh Habib Muhammad bin Sholeh Al Hamid Tanggul. Dulu, ada seorang pecinta Habib Sholeh di daerah Ampel Surabaya yang sedang membutuhkan biaya besar untuk kebutuhan keluarganya. Di rumah orang tersebut terpajang foto Habib Sholeh Tanggul. Setiap ia melihat foto tersebut selalu bermohon kepada Allah dengan berkah Habib Sholeh, semoga ia mendapatkan uang yang ia tata, dan hal itu telah ditampilkannya berkali-kali.

Singkat cerita, suatu hari Habib Sholeh didatangi oleh beberapa pejabat pemerintah, di antaranya ada Adam Malik. Mereka datang membawa hadiah untuk Habib Sholeh berbentuk sejumlah uang yang tampaknya sangat banyak.

Ketika itu, Habib Sholeh mengatakan pada pejabat yang hadir di rumahnya, "Coba ambil uang yang kalian bawa sejumlah sekian juta, dan serahkan uang itu kepada fulan yang tinggal di daerah Ampel Surabaya. Bilang, ini dari Habib Sholeh Tanggul atas karunia yang Allah berikan. Hanya itu saja, dan selebihnya kalian bawa kembali."

Habib Sholeh kemudian meminta kepada putranya, yaitu Habib Muhammad bin Sholeh Al-Hamid untuk menuliskan alamat dan surat kepada si penerima uangnya.

Lalu, tidak lama berselang, utusan pejabat itu sampai di rumah orang yang dimaksud Habib Sholeh. Mereka pun menyerahkan uang tersebut sesuai dengan arahan Habib Sholeh.

Kagetnya bukan main, melihat hal itu, pecinta Habib Sholeh tersebut jatuh tersungkur sambil berucap, "Alhamdulillah.., barokah cucu Rasulullah."

Orang itu kemudian membuka surat dari Habib Sholeh yang isinya adalah tulisan berikut:

"Uang ini yang kau inginkan dalam situasi permintaanmu kepada Allah, di saat memandang gambarku.”

***

Kisah ini masyhur di kalangan para habaib dan pecintanya. Demikianlah kuasa Allah SWT, tidak ada yang mustahil jika suatu hal telah dikehendaki-Nya terjadi. Ketika seorang wali yang dekat dengan Allah SWT memohon suatu hal agar dikabulkan, maka meskipun tampaknya hal itu aneh, tetap saja bagi Allah SWT hal itu biasa saja dan bisa saja terjadi.

Demikianlah kisah yang telah masyhur tentang keberkahan memajang foto Habib Sholeh Tanggul. Kisah ini menyiratkan satu inspirasi bahwa betapa berkahnya kecintaan kita terhadap para kekasih Allah SWT, apalagi mereka yang masih tersambung nasabnya kepada Rasulullah SAW dan mulia akhlaknya. []


Sumber: Tulisan ini merupakan catatan yang diolah dan dikembangkan dari ceramah dalam rauhah "Haul ke-43 Habib Sholeh Tanggul" yang disampaikan oleh Habib Abu Bakar bin Abdul Qadir Mauladdawilah Malang. Tim redaksi bertanggungjawab sepenuhnya atas uraian dan narasi di dalam tulisan ini.

Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 18 Desember 2020. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim