Hubungan Jarak Jauh Membuatku Ragu Menikah

 
Hubungan Jarak Jauh Membuatku Ragu Menikah

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur yang baik, mau konsultasi nih. Awal tahun 2021 nanti in sya Allah saya akan melangsungkan pernikahan. Ada hal yang membuat pikiran saya bimbang akhir-akhir ini, karena kemungkinan besar saya dan suami akan menjalani hubungan LDR (Long Distance Relationship).

Saya saat ini tidak bisa  tinggal bersama suami karena ada kontrak kerja yang mengikat, begitupun suami. Mungkin harus menunggu beberapa tahun lagi untuk kami agar bisa meminta mutasi. Terus terang saya bimbang hendak menjalani LDR, di benak saya sering muncul pikiran-pikiran negatif yang membuat saya tidak tenang. Apa yang sebaiknya harus saya lakukan ?

Wassalamu’alaikum wr wb.
R – Semarang
Tanggapan :

Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai R yang saat ini tengah bimbang, senang sekali mbak Nur berkesempatan untuk membantu memberikan masukan padamu. Hubungan yang dijalin dalam jarak jauh (LDR) memang rentan untuk mengalami beberapa masalah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk menjalani hubungan LDR.

Baca juga: Aku Takut Menikah, Apa yang Harus Aku lakukan untuk Mengatasinya

Nah sebelum mbak Nur bagi tips-tips menjalani hubungan LDR biar tetap awet, R sebaiknya memohon petunjuk pada Allah agar diberikan kemantapan hati dalam mengambil keputusan dan diberikan kekuatan untuk menjalani pernikahan nantinya. In sya Allah dengan memohon petunjuk dari Allah, kamu akan lebih tenang.

Berikut ini tips – tips yang bisa kamu lakukan dalam menjalani hubungan LDR agar tetap harmonis :
1. Jalin Komunikasi Yang Baik
Salah satu kunci langgengnya suatu hubungan adalah komunikasi. Era digital ini memberikan kemudahan bagi kita untuk berkomunikasi. Maka, tidak ada alasan sulit berkomunikasi bagi pasangan yang menjalani LDR. Belajar saling memahami bahasa pasangan agar tidak timbul salah paham, munculnya pertikaian pasangan sering dipicu karena adanya kesalahpahaman. Jangan memendam perasaan sendiri, selalu bicarakan hal – hal yang mengganggu  agar masing – masing dapat memperbaiki diri.

Baca juga: Cinta Berakhir karena tidak Bisa Memahami Pasangan, Apa yang Harus Kulakukan?

2. Percaya Pada Pasangan
Poin penting lainnya adalah percaya pada pasangan. Apabila kita dapat saling menjaga kepercayaan kepada pasangan, maka pikiran kita tidak dipenuhi hal – hal yang tidak perlu,, seperti cemburu tanpa alasan yang jelas. Tanpa kepercayaan pasti hubungan akan diwarnai pertengkaran.

3. Tentukan Jadwal Bersama
Terbuka dengan jadwal  kegiatan masing –masing dan saling bersepakat tentang jadwal pertemuan diperlukan dalam hubungan jarak jauh. Jangan sampai salah satu sudah menyempatkan diri untuk datang pada saat libur, yang satu masih sibuk dengan pekerjaannya.

4. Saling Mengapresiasi
Berikan apresiasi atau respon yang baik dan membahagiakan saat pasangan bercerita tentang aktivitasnya, terutama aktivitas yang bermanfaat. Hal ini akan membuat pasangan merasa dihargai dan diperhatikan.

Baca juga: Risih Sering Ditanya kapan Nikah

5. Berikan Kejutan
Sesekali berikan kejutan untuk pasangan. Tidak perlu yang mahal ataupun mewah, yang terpenting adalah kejutan tersebut mampu menambah rasa saling menyayangi dan memiliki satu sama lain.

6. Berdoa Pada Allah
Allah sebaik – baik Penjaga, maka titipkanlah pasangan kita pada Allah. Rutinkan sholat tahajud dan berdoa untuk kebaikan pasangan dan hubungan kalian.

Semoga tips – tips dari mbak Nur ini dapat membantu R dalam menjalani LDR nantinya.

Wassalamu’alaikum wr wb.
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun