Biografi Gus Yaqut Cholil Qoumas

 
Biografi Gus Yaqut Cholil Qoumas

Daftar Isi Profil Gus Yaqut Cholil Qoumas

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Kiprah di Nahdlatul Ulama
  4. Karier di Politik
  5. Penghargaan

Kelahiran

Gus Yaqut Cholil Qoumas atau yang lebih kerap disapa dengan panggilan Gus Tutut atau Gus Yaqut lahir di Rembang pada 4 Januari 1975. Beliau merupakan putra KH. Muhammad Cholil Bisri.

Selain itu, Gus Yaqut juga merupakan saudara dari KH. Yahya Cholil Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

 

Pendidikan

Gus Yaqut memulai pendidikannya dengan belajar di SDN Kutoharjo (1981–1987), setelah lulus, Gus Yaqut melanjutkan pendidikannya di SMPN II Rembang (1987–1990). Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di SMAN II Rembang (1990–1993) dan menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia jurusan sosiologi.

 

Kiprah di Nahdlatul Ulama

Pada tahun 2011 Gus Yaqut semakin aktif melebarkan sayap organisasinya. Ia pun diberi tanggung jawab memimpin organisasi sayap kepemudaan dari Nahdlatul Ulama (NU) yaitu GP Ansor.

Kemudian, pada tahun 2012, Gus Yaqut diberi tanggung jawab yang lebih besar lagi dan menjadi Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah (2012-2017).

 

Karier di Politik

Gus Yaqut lahir dari keluarga pendiri dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Ayah dari Gus Yaqut, KH. Muhammad Cholil Bisri, adalah salah satu pendiri dari PKB. Sejak muda, ia sudah aktif berorganisasi dan mendirikan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Depok pada tahun 1996-1999.

Selain itu, sebagai kader PKB di Rembang, Gus Yaqut dipercaya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Rembang (2001-2004).

Pada tahun 2004, Gus Yaqut terjun ke arena politik praktis dan menjadi Anggota DPRD Kabupaten Rembang (2004-2005).

Kemudian, pada Pilkada 2005 ia maju mencalonkan diri menjadi calon wakil bupati mendampingi Moch Salim dan kemudian terpilih menjadi Wakil Bupati Rembang.

Lebih jauh, Gus Yaqut terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor 2015-2020. Pengesahan terpilihnya Gus Yaqut disampaikan oleh Nusron Wahid yang sebelum juga menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor.

Sebagian besar pimpinan cabang maupun wilayah GP Ansor sebelumnya telah menyampaikan dukungannya kepada Gus Yaqut sebagai calon tunggal. Ia yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PP GP Ansor. Pertama masuk Senayan di Komisi III, kemudian duduk di Komisi VI DPR-RI dan pada tahun 2020-2025 Gus Yaqut menjabat sebagai Menteri Agama (Menag) dalam kabinet Indonesia Maju era Presiden Jokowi dan KH. Ma'ruf Amin.

 

Penghargaan

Gus Yaqut mendapat penghargaan "Best Freedom of Speech" dalam ajang Teropong Democracy Award (TDA) 2020, Rabu, 28 Oktober 2020. Acara yang digelar oleh Media Teropong Indonesia ini bertepatan juga dengan Hari Sumpah Pemuda. Dua bulan berselang, pada tanggal 18 Desember 2020, Gus Yaqut mendapat penghargaan Inspiring Leader of Politician dalam Anugerah Teropong Leadership Award (TLA) 2020 yang diselenggarakan secara daring oleh Teropong Senayan. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh yang dianggap mumupuni dan memiliki jiwa leadership di bidang bisnis dan politik.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya