Pesantren At-Taroqqi, Sampang Madura

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren At-Taroqqi, Sampang Madura

PROFIL

Pesantren At-Taroqqi berdiri pada tahun 1963, dibangun masa fase perjuangan oleh seorang KH. Ma'mun Muhammad dengan membabat hutan daerah Sampang. Ketika mengetahui di situ akan dibangun pesantren, sontak banyak warga ketakutan. Mereka khawatir akan berdampak tidak baik. Para jin dikhawatirkan akan mengamuk. Ketakutan bertambah saat diketahui Kiai Ma’mun bermaksud menebang pohon itu. Kepercayaan warga masih sangat kuat. Namun, Kiai Ma’mun dikisahkan tak peduli dengan itu semua.

Dengan izin Allah, penebangan pohon itu tetap dilakukan, bahkan pohon itu beliau gunakan sebagai awal mula pembangunan ponpes. Kekhawatiran masyarakat akan terjadinya sesuatu karena sebab penebangan pohon itu tak terbukti sedikit pun. Bahkan, dari waktu ke waktu ponpes at-Taroqqi semakin berkembang.

Kiai Ma’mun menatar para santri yang belajar kepada beliau dengan begitu telaten. Bukan suatu hal yang mudah, mendidik orang-orang yang terbiasa hidup dengan adat caroknya. Sekalipun demikian, masyarakat Madura tetep mendukung Kiai Ma’mun dalam berdakwah. Mereka mempunyai semboyan yang harus dihormati: Bapa’, Babu’, Guru, Rato (bapak, ibu, kiai atau ulama, dan pemerintah).

Tak lama, Kiai Ma’mun mendapat seruan Ilahi yang pada akhirnya tongkat estafet Ponpes at-Taroqqi diteruskan kakak kandung beliau, yaitu Kiai Haji Alawy Muhammad.

Pada masa kepemimpinan Kiai Alawy, para santri yang datang membanjiri ponpes bukan hanya dari daerah pulau Madura saja. Bahkan, ada yang dari pulau seberang dan pulau lain seperti Pontianak. Aktivitas ponpes pun semakin padat. Namun, itu semua dapat terkondisikan. Hal ini yang semakin meyakinkan para wali santri bahwa Kiai Alawy bukan hanya seorang ulama yang kaya dengan ilmu, tapi juga seorang organisatoris dan politikus Islam yang handal.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.