Cara Memahami Perkara Bid'ah dengan Benar

 
Cara Memahami Perkara Bid'ah dengan Benar

LADUNI.ID, Jakarta - Untuk memahami istinbath hukum syar'i dengan benar, tidak boleh menggunakan satu hadits saja, akan tetapi semua hadits yang berkaitan harus di-takhrij semua guna dipertimbangkan sebelum diambil satu kesimpulan. Karena hadits jumlahnya banyak, dan antara hadits satu dengan yang lain saling menafsirkan dan saling melengkapi.

Terkait dengan masalah Bid'ah, ada tiga hadits yang berkaitan dengannya, yaitu:

١. إياكم ومحدثات الأمور؛ فإن كل محدثةٍ بدعة، وكل بدعة ضلالة (رواه ابو داود )
٢. من سن في الإسلام سنةً حسنة، كان له أجرها، وأجر من عمل بها من بعده، لا ينقص ذلك من أجورهم شيئًا، ومن سن في الإسلام سنة سيئة، كان عليه وزرها، ووزر من عمل من بعده، لا ينقص ذلك من أوزارهم شيئًا (رواه مسلم )
٣. من عمل عملًا ليس عليه أمرنا فهو رد (رواه مسلم )

1. Hadits pertama, Nabi mengatakan: "Jauhilah perkara-perkara baru, karena setiap perkara baru itu bid'ah, dan setiap bid'ah itu sesat". (HR Abu daud).

2. Hadits kedua, Nabi bersabda: "barang siapa yang menghidupkan tradisi-tradisi yang baik dalam Islam, maka dia dapat pahala darinya serta dapat pahala dari orang-orang yang ikut melakukannya tanpa mengurangi dari pahala mereka. Dan siapa yang menghidupkan tradisi-tradisi buruk dalam Islam, maka dia mendapat dosa darinya serta dosa dari orang-orang yang ikut melakukannya dengan tanpa mengurangi dosa mereka". (HR Muslim).

3. Hadits ketiga, Nabi bersabda: "barang siapa yang mengerjakan amalan, yang bukan bagian dari perkara agama kami, maka amalnya tertolak". (HR Muslim).

Dengan mempertimbangkan ketiga hadits diatas, para ulama pun berkesimpulan sebagai berikut:

قوله صلى الله عليه وسلم (من سن فى الاسلام سنة حسنة فله أجرها) فيه الحث على الإبتداء بالخيرات وسن السنن الحسنات والتحذير من إختراع الأباطيل ... وفى هذا الحديث تخصيص قوله صلى الله عليه وسلم (كل محدثة بدعة و كل بدعة ضلالة) وأن المراد به المحدثات الباطلة والبدع المذمومة
( شرح صحيح مسلم للنووى ج ١٦ ص ٢٢٦)

1. Imam Nawawi:

"Ucapan Nabi "man sanna fil islami" (hadits kedu) adalah anjuran untuk memulai amal-amal kebaikan dan menghidupkan kebiasaan-kebiasaan baik serta peringatan menjauhi yang batil. Dan hadits itu juga menjadi pengecualian terhadap hadits "kullu bid'atin dholalah..." (hadits ke 1) karena yang dimaksud dengan bid'ah dholalah adalah hal baru yang batil dan tercela. (Syarah Sahih Muslim jilid 16 hal.226).

المحدثات من الأمور ضربان أحدهما ماأحدث يخالف كتابا أوسنة أو أثرا أو إجماعا فهي البدعة الضلالة والثانية ماأحدث من الخير لاخلاف فيه لواحد من هذا وهي محدثة غير مذمومة .
(مناقب الشافعي للإمام البيهقي , ج ١ ص ٤٦٩)

2. Imam Syafi'i:

"Perkara baru itu ada dua macam, yaitu yang pertama sesuatu hal baru yang bertentangan dengan al-Qur'an, as-Sunnah, Atsar dan Ijma', maka itu disebut bid'ah yang sesat.

Yang kedua adalah sesuatu yang baru namun baik dan tidak ada bertentangan dengan salah satu dari hal diatas (Qur'an, Sunnah, Atsar dan Ijma'), maka hal itu disebut hal baru tapi tidak tercela. (Manaqibus-syafi'i Imam Baihaqi, Jilid 1 hal. 469)

 وما يقال إنه أبدع بعد رسول الله صلى الله عليه وسلم فليس كل ما ابدع منهيا بل المنهي بدعة تضاد سنة ثابتة وترفع أمرا من الشرع مع بقاء علته بل الإبداع قد يجب فى بعض الأحوال إذا تغيرت الأسباب
 ( إحياء علوم الدين للغزالى ج ٣ ص ٢ )

3. Imam Al-Ghazali:

"Apa yang disebut sebagai hal baru sesudah era Nabi tidak semuanya terlarang, yang terlarang itu adalah yang bertentangan dengan hadits dan mengangkat suatu  perkara dalam syariah dengan tetapnya illat yang ada. Bahkan hal baru itu terkadang menjadi wajib bergantung berubahnya sebab-sebab yang ada. (Ihya' ulumudin jilid 3 hal.2)

والبدعة أصلها كل ما أحدث على غير مثال سابق وتطلق فى الشرع فى مقابلة السنة فتكون مذمومة والتحقيق إن كانت مما تندرج تحت مستحسن فى الشرع فهي حسنة وإن كانت مما تندرج تحت مستقبح فى الشرح فهي مستقبحة وإلا فهي من قسم المباح وقد تنقسم الى الأحكام الخمسة (فتح البارى ج ٤ ص ٢٩٨)

4. Syeikh Ibnu Hajar Al-Asqolani:

"Bid'ah adalah hal baru yang tidak ada contoh sebelumnya, jika dikaitkan dengan hadits bisa menjadi tercela, namun hakikatnya jika hal baru itu berisi sesuatu yang baik dalam hukum syariah maka hukumya menjadi baik pula, demikian juga jika berisi hal buruk dalam pandangan syariah maka hukumnya juga tercela. Jika tidak ada dalil tentang baik atau buruknya, maka itu menjadi bid'ah yang mubah. (Fathul Bari Syarah Bukhori jilid 4 hal.294).

كل بدعة صدرت من مخلوق فلا يخلو أن يكون لها أصل فى الشرع أو لا فإن كان لها أصل كانت واقعة تحت عموم ما ندب الله إليه وخص رسوله عليه فهي فى حيز المدح وإن لم يكن مثاله موجودا كنوع من الجود والسخاء وفعل المعروف فهذا فعله من الأفعال المحمودة وإن لم يكن الفاعل قد سبق إليه
 (تفسير القرطبي ج ٢ ص ٨٧)

5. Imam Al-Qurthubi:

"Tiap hal baru yang manusia lakukan tak lepas dari petunjuk syar'i, namun terkadang juga tidak. Jika berdasar petunjuk syar'i, maka hukumnya termasuk dalam keumuman apa yang Allah beri fadhilah padanya dan apa yang Allah syari'at-kan pada Rasulullah. Namun jika tidak contoh sebelumnya, seperti bentuk dan cara dalam memberi (hadiah, bonus, THR) dan perbuatan-perbuatan baik lainnya, maka semua itu termasuk amal-amal terpuji walaupun bagi pelakunya tidak diberi contoh sebelumnya". (Tafsir Al-Qurthubi jilid 2 hal. 87).

وهي على قسمين بدعة ضلالة وبدعة حسنة... وهي ما رآه المسلمون حسنا ولا يكون مخالفا للكتاب أو السنة أو الأثر أو الإجماع
(عمدة القارى فى شرح صحيح البخاري للشيخ بدر الدين العيني ج ٥ ص ٢٣٠)

6. Syeikh Badruddin Al-Ainy:

"Bid'ah ada dua macam, ada yang dholalah dan juga yang hasanah. Bid'ah hasanah adalah apa yang baik dalam pandangan umat Islam, namun tidak bertentangan dengan Al-Qur'an, Hadits, Atsar dan Ijma' ulama'. (Umdatul Qori Syarah Sahih Bukhori, Syeikh Badruddin Al-Ainy jilid 5 hal.230).

وقد سئل رحمه الله عن حكم تقبيل الخبز هل هو بدعة أم لا وإن كان بدعة هل يكون حراما أم لا فأجاب أما كون تقبيل الخبز بدعة فصحيح ولكن البدعة لا تنحصر فى الحرام بل تنقسم الى الأحكام الخمسة ولا شك أنه لا يمكن الحكم على هذا بالتحريم لأنه لا دليل على تحريمه ولا بالكراهة لأن المكروه ما ورد فيه نهي خاص ولم يرد فى ذالك نهي والذى يظهر أن هذا من البدع المباحة فإن قصد بذالك إكرامه لأجل الأحاديث الواردة فى إكرامه فحسن ودوسه مكروه كراهة شديدة بل مجرد إلقائه فى الارض من غير دوس مكروه (الحاوى للفتاوى للسيوطى ج ١ ص ١٨١)

7. Imam Jalaluddin Asy-Suyuthi:

"Syeikh Jalaluddin As-Syuyuthi ditanya tentang hukum mencium roti, apakah itu Bid'ah? Apa hukumnya haram?"

Beliau menjawab: "Hal itu jelas Bid'ah namun tidak bisa dikatakan haram, karena tidak ada dalil tentang keharamannya atau kemakruhannya, hukum yang pasti padanya (mencium roti) adalah bid'ah yang mubah jika dengan maksud menjaga roti tersebut. Yang makruh itu adalah menginjak-injaknya dengan ke-makruh-an yang berat. Bahkan, membuangnya ke tanah walau tanpa menginjaknya sudah termasuk makruh". (Al-Hawi lil Fatawi, Asy-Syuyuthi jilid 1 hal. 181).

والحاصل أن البدع الحسنة متفق على ندبها وهي ما وافق شيأ مما مر ولم يلزم من فعله محذور شرعي ومنها ما هو فرض كفاية كتصنيف العلوم
( إعانة الطالبين فى حل ألفاظ فتح المعين للشيخ أبو بكر بن محمد شطا الدمياطي ص ٢٧١ )

8. Syeikh Abu bakar bin Syatho Ad-Dimyathi:

"Dan kesimpulannya sesungguhnya bid'ah hasanah itu telah disepakati kesunnahannya, yaitu sesuatu yang tidak bertentangan dengan dalil-dalil yang telah disebutkan, serta tidak ada larangan secara syar'i dalam pelaksanaannya. Bahkan di antaranya ada bid'ah yang hukumnya fardhu kifayah seperti menulis kitab keilmuan". (I'anatut Tholibin Syarah Fathul Mu'in hal. 271). Mugio saget manfaati. (*)

***

Penulis: Syukron Mamun Kediri
Editor: Muhammad Mihrob