9 Alasan Mengapa Allah Pertemukan Kita dengan Insan yang Salah

 
9 Alasan Mengapa Allah Pertemukan Kita dengan Insan yang Salah

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam perjalanan hidup mencari pasangan yang tepat (biasanya disebut jodoh), tidak sedikit orang mengalami kegagalan. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi kegagalan tersebut, misal karena tidak cocok di kemudian hari, ada perbedaan tradisi atau budaya, bahkan juga ada faktor dari orangtua.

Terlepas dari faktor-faktor tersebut, Allah SWT terkadang memang sengaja mempertemukan kita dengan orang yang bukan jodoh kita sehingga di kemudian tidak jadi menikah. Mengapa Allah SWT mempertemukan dengan insan yang salah?

Berikut ini 9 (sembilan) alasan mengapa Allah sengaja mempertemukan dengan insan yang salah.

1. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya apabila di hari kemudian bertemu jodoh yang benar, kita akan merasa syukur dengan ketentuannya.

2. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita akan jadi penilai yang lebih baik.

3. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita sadar bahwa kita hanyalah makhluk yang sentiasa mengharapkan pertolongan Allah dalam segala keadaan.

4. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita mendapat kasih sayang yang terbaik khas untuk kita.

5. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita sedar Allah itu Maha Pemurah dan Penyanyang kerana mengingatkan kita bahawa dia bukanlah pilihan yang hebat untuk kita dan masa depan kita.

6. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita dapat mengutip pengalaman yang mana tidak semua orang berpeluang untuk mengalaminya.

7. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita jadi manusia yang hebat jiwanya.

8. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita lebih faham bahwa cinta yang terbaik hanya apabila kita bersama-sama dengan Allah.

9. Memang Allah sengaja menemukan kita dengan orang yang salah supaya kita mengenali kehidupan yang tidak selamanya kekal.

Dari alasan-alasan itu setidaknya membuat kita sentiasa ingat, walaupun ada insan yang meninggalkan kita, tapi Allah SWT sentiasa selalu bersama kita dan menyayangi kita. Sebab, cinta manusia itu hanya sementara, cinta pada Ilahi yang akan sentiasa kekal abadi.(*)

***

Penulis: Waroeng Kalimosodo
Editor: Muhammad Mihrob