Semua Barang, Kotor di Mata Saya. Bagaimana Mengatasinya?

 
Semua Barang, Kotor di Mata Saya. Bagaimana Mengatasinya?

Assalamu'alaikum

Perkenalkan, sebut saja N. Mahasiswi, tinggal di Jawa Barat. Jadi saya itu sering menganggap hal selalu kotor dan sering cuci tangan dan untuk cuci tangan saya sekarang bisa nahan, Pak tidak terlalu berlebihan, tapi untuk sekarang itu saya lebih ke barang. Barang - barang saya tuh tidak bisa sama sekali disentuh oleh orang dan misalkan barang saya dipegang oleh orang saya otomatis megang barang itu pake tissue, seperti chargeran dipinjem padahal chargeran tersebut masih di rumah tapi tuh udah mikir kalo barang tersebut itu kotor. Mohon bantuannya, Pak. Apa yang harus saya lakukan ya? Terima kasih ya, Pak.

Wassalamu'alaikum

Jawaban:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih Sdri. N sudah bersedia berbagi cerita dengan kita di sini. Apa yang Anda alami adalah menunjukkan gejala kecemasan yang tidak wajar. Anda bisa melatih bertahap untuk menghilangkan gejala tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1). Buatlah daftar barang-barang apa saja yang Anda anggap kotor. Misalnya :

1. Charger.

2. Baju.

3. Cermin.

 4. HP dst

Baca juga: Tips untuk Mengungkapkan Potensi Diri

2)  Berilah skor kecemasan yang muncul pada tiap barang tersebut dengan skor 0-10. Semakin besar skornya berarti semakin membuat Anda cemas. Misalnya:

1.  Charger (8)

2. Baju (6)

3. Cermin (7)

4. HP (9)

Baca juga: Body Neutrality, Apa dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

3). Mulailah dari skor yang terendah untuk melatihnya secara bertahap. Misalnya:

1.  Dilap basah, sampai benar2 merasa ga cemas.

2. Dilap kering, sampai benar2 ga cemas.

3. Dilap tisu, sampai benar2 ga cemas.

4. Dipegang lalu ditiup, sampai benar2 ga cemas.

5. Dipegang2 sampai benar2 ga cemas.

4). Tiap satu nomor selesai,  Anda tuliskan skor kecemasannya. Lakukan berulang hingga Anda benar-benar merasa tidak cemas.

Tiap kali Anda merasa cemas, tenangkan diri Anda dengan mengatur nafas. Ambil nafas sedalam-dalamnya, lalu hembuskan. Lakukan 3x atau secukupnya.

Baca juga: Tips yang Bisa Dilakukan dalam Menghadapi Masalah

Namun demikian, proses ini membutuhkan kesabaran ya. Jadi jangan berharap hasil yang instan. Kuncinya adalah Anda harus yakin bisa mengatasinya dan sabar mengikuti prosesnya. Demikian yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi, Psi