Kisah Kiai Abdul Adzim Sidogiri Tetap Berjamaah Meski Sakit Parah

 
Kisah Kiai Abdul Adzim Sidogiri Tetap Berjamaah Meski Sakit Parah

LADUNI.ID, Jakarta - KH. Abdul Adzim Sidogiri Pasuruan sangat memegang teguh syariat Allah SWT. Kondisi bagaimana pun, beliau tetap menjalankan syariat dengan sebaik-baiknya, khususnya shalat lima waktu. Semasa hidupnya tak pernah mau meninggalkan shalat berjemaah lima waktu di masjid. Sepuluh menit sebelum sampainya waktu shalat, beliau sudah mondar-mandir di masjid untuk mengingatkan agar shalat berjamaah. Bahkan sebelum subuh, beliau sendiri yang memukulkan bel dan membangunkan santri di sekitarnya.

Cara beliau membangunkan santri ialah dengan cara mendorong bilik-bilik cangkruk sampai miring dengan tongkatnya. Setelah santri terbangun, beliau tarik kembali tongkatnya, lalu bilik-bilik cangkruk itu kembali seperti semula. Kiai ini sangat disiplin menjaga waktu shalat. Terbukti dalam menentukan waktu shalat, beliau membawa tiga jam untuk perbandingan.

Bahkan beliau sendiri yang memukul bel kloning (bel sekolah) yang terletak di bawah pohon mangga di depan ndalem-nya kala itu. Sehingga dalam menentukan waktu harus tepat. Karena itulah masyarakat Sidogiri berpegang pada waktu beduk Sidogiri. Sebab, beduk Sidogiri pasti cocok waktunya, lantaran dipegang langsung oleh Kiai Abdul Adzim. Beliau tidak pernah shalat di akhir waktu dalam keadaan apapun. Malah kalau ada tamu, beliau tidak segan-segan meninggalkannya, jika sudah masuk waktu shalat.

Biasanya beliau mengajak tamunya untuk mengikuti salat berjamaah di Masjid. Sebelum shalat, biasanya Kiai Abdul Adzim duduk terlebih dahulu sekitar 15 menit, kemudian berdiri langsung takbir, ”Allahu Akbar!”.

Konon, saat beliau takbiratur ihram, kaca-kaca dan dinding masjid bergetar. Karena cara beliau takbiratur ihram itu tidak lazim. Salah satu cucu beliau penasaran dan menanyakannya pada Habib Abdullah bin Abdul Qodir Bilfaqih, Malang. Habib menjelaskan bahwa itu adalah istighraq, yakni di hati meniadakan selain Allah SWT. Hanya ingat kepada Allah SWT saja. Jadi semua bentuk lamunan dibuang terlebih dahulu.

Kiai Abdul Adzim mengharuskan santri berjamaah lima waktu. Suatu ketika ada sebagian santri tidak mengikuti shalat berjemaah Dhuhur dan Asar. Mereka sedang mengambil mangga di selatan pondok. Mengetahui hal itu, Kiai Abdul Adzim mengejar mereka sambil berteriak, ”shalat, shalat, shalat…!”

Sontak, santri-santri mbeling itu lari pontang-panting. Mereka langsung ke sungai dan langsung mengambil wudlu, lalu pergi ke masjid. Anehnya, sampai di sana mereka melihat ternyata Kiai Abdul Azdim sudah mengimami dapat satu rakaat. Merekapun terheran-heran. Selain istiqamah berjamaaah, beliau tidak meluangkan waktu kecuali untuk beribadah.

Apabila beliau sudah capek melaksanakan shalat sunat, beliau berjalan-jalan di sekitar pondok pesantren Sidogiri. Setelah itu, beliau kembali mengerjakan shalat sunat. Beliau juga istiqamah bangun malam, sampai-sampai dijadikan sebagai tanda jika Kiai Abdul Adzim takbir, berarti jam menunjukkan pukul tiga dini hari. Setiap jam satu malam hingga jam setengah empat, beliau melaksanakan ritual wiridan dengan cara berendam di dalam air.

Dalam beribadah, utamanya shalat, beliau menggunakan pakaian lebih dari satu (rangkap) dan disempurnakan dengan jubah, dilengkapi imamah dan ridha sebagai pelengkap dalam beribadah. Dari tekunnya beliau beribadah kepada Allah SWT dan pasrah pada apa yang terjadi pada diri dan keluarganya, sepertinya beliau tidak menghiraukan kepada keluarganya. Semuanya diserahkan pada garis yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Kiai Abdul Adzim istiqamah shalat berjamaah sampai akhir hayatnya.

Menjelang wafatnya, beliau masih berusaha untuk berjemaah Isya’ di masjid, sekalipun harus digendong. Di masjid, keluar darah dari jalan belakangnya. Beliau hendak wudlu lagi, tapi diingatkan oleh Kiai Baqir, ”Anu saja Bah, ikut Imam Malik saja, tidak apa-apa.”

Dengan nada marah beliau mengatakan, ”Jangan! Saya tetap ikut Imam Syafi’i. Agar esok (di hari kiamat) hisabnya cepat. Kalau ikut bermacam-macam imam, hisabnya nanti ikut imam ini, imam itu. Kalau ikut imam satu,enak hisabnya cepat!”

Akhirnya, Kiai Abdul Adzim diusung ke jeding Surau G. Setelah wudlu, Kiai Abdul Adzim merasa tidak kuat dan pusing. Beliau memang sedang sakit panas. Beliau lalu klesetan di surau. Saat itulah beliau berpulang ke rahmatullah. Inna lillahi wa inna ilahi raji’un.

Sumber lain mengatakan bahwa beliau menghembuskan nafas terakhir dalam keadaan sujud di waktu shalat, sebagaimana wafatnya Kiai Nawawi. Ketika beliau meninggal, kiai-kiai menangis semua, termasuk Kiai Hasani, beliau menangis sambil mengatakan, ”Tak ada lagi yang seperti Kang Adzim ini. Habis sudah!”

Kiai Abdul Adzim wafat bertepatan dengan haul ibundanya, Nyai Munawwarah. Tepatnya pada hari Ahad Wage (malam Senin), tanggal 21 Dzulhijjah 1378 H atau 28 Juni 1959 M. Usia beliau 80 tahun. Selamat jalan kiai. Semoga muncul orang-orang seperti kiai, baik dari keluarga kiai maupun dari santri-santri Kiai. Amiiiin.

Demikian kisah Kiai Abdul Adzim Sidogiri, meskipun beliau sakit parah tetapi beliau tetap berjamaah sehingga kewafatannya pun menjelang waktu shalat di masjid. Semoga dengan adanya kisah ini dapat melesatkan semangat kita semua untuk selalu shalat tepat waktu dengan cara berjamaah. Aamiin.(*)

***

Sumber: Kompas Santri
Editor: Muhammad Mihrob