Khutbah Jumat: Menegaskan Islam Rahmatan lil Alamin

 
Khutbah Jumat: Menegaskan Islam Rahmatan lil Alamin
Sumber Gambar: Koleksi Laduni.ID

KHUTBAH 1

اَلْحَمْدُ للهِ الْمَوْجُوْدِ أَزَلًا وَأَبَدًا بِلَا مَكَانٍ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ الْأَتَمَّانِ الْأَكْمَلَانِ، عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ، أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ (آل عِمْرَان: ١١٠(

Dari sini khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi, untuk senantiasa berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan.

Baca juga: Khutbah Jumat: Etos Kerja Seorang Muslim

Islam adalah agama rahmat untuk semesta alam. Agama yang telah melewati berbagai tahapan ujian di dunia, mulai dari ujian zaman jahiliah, hingga zaman teknologi. Posisinya sebagai agama yang merahmati seluruh alam sekaligus sebagai penyempurna agama-agama sebelumnya menjadikan Islam adalah agama yang istimewa.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,

Islam agama yang bersifat universal, humanis, dinamis, kontekstual dan akan abadi sepanjang masa. Agama terakhir yang memiliki kitab suci resmi, orisinal dari Tuhan Allah Swt, dengan rasul terakhir-Nya Muhammad SAW penutup para nabi-nabi dan tidak ada nabi setelahnya. Seperti dijelaskan dalam surat Al Ahzab ayat 40:

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا٤٠ (

"Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu".

Nabi Muhammad Saw di berikan wahyu oleh Allah Swt al-Qur’an sebagai panduan hidup umatnya yang bersifat universal, sedangkan ucapan, tingkah laku dan diam Nabi Muhammad Saw umumnya disebut hadis dan sunnah merupakan panduan hidup kedua umat Muslim. Islam adalah agama yang menyempurnakan agama-agama sebelumnya. Ibarat bangunan rumah yang kekurangan satu batu bata, agama Islam menyempurnakan ajaran-ajaran sebelumnya.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,

Misi utama ajaran Islam adalah membebaskan manusia dari berbagai bentuk problem dan ketidakadilan. Karena Allah Maha Adil, maka tidak mungkin di dalam kitab suci-Nya mengandung konsep-konsep yang tidak mencerminkan keadilan Jika ada nilai atau norma yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip keadilan dan hak-hak asasi secara universal, maka nilai dan norma tersebut perlu direaktualisasi penafsirannya. Dalam perspektif Islam, kemanusiaan hakiki adalah kembali kepada fitrah manusia itu sendiri. misi risalah Islam adalah sebagai rahmat bagi seluruh alam. Rahmat berarti pembebasan manusia dari segala macam yang tidak sesuai dengan karakter dan tabiat manusia dan alam itu sendiri. Pada tataran nilai, Islam sejak awal mengajarkan kebaikan dan moralitas luhur, dan pada saat yang sama melarang pemeluknya berperilaku buruk.

Baca juga: Khutbah Jumat: Akan Datang Hari Mulut Dikunci

Kondisi umat Muslim saat ini (secara keseluruhan) belum mampu untuk tidak mengatakan tidak mampu membawa agamanya dengan baik dan benar. Ketidakmampuan itu menjadi salah satu penghalang hadirnya Islam dengan penuh kesejukan dan kedamaian sesuai dengan misinya rahmatan lil alamin. Kemunduran kaum Muslimin ini bukan disebabkan ajaran agamanya, tetapi kesalahan terletak pada diri masing-masing pribadi pemeluknya. Mereka keliru dalam memahami ajaran agama lantaran kejumudannya. Terkadang apa yang diamalkan bertolak belakang dengan sumber aslinya. Pemahaman yang keliru akan melahirkan tindakan yang keliru pula.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,

Sejak pasca peristiwa tragedi WTC 11 September 2001 di New York dan seruan peperangan terhadap terorisme, komunitas Islam seolah-olah menjadi bagian isu penting untuk selalu dibicarakan. Komunitas Islam dipandang sebagai penyebab segala permasalahan dan secara stereotip mereka menjadi sasaran tuduhan tersebut.

Di Indonesia kecemasan yang menyebar di masyarakat terutama tuduhan di kalangan muslim muncul terutama pasca terjadinya ledakan bom Bali, 12 Oktober 2002. Rentetan penangkapan beberapa orang Islam yang dianggap terkait terorisme seperti Amrozi, Ali Imron, Imam Samudra, bahkan Abu Bakar Baasyir terlibat sebagai aktor aktif terjadinya aksi terror dan kekerasan tersebut.

Baca juga: Khutbah Jumat: Covid di Antara Qobidh dan Khofidh

Berbagai aksi kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini, tidak saja mengaburkan esensi ajaran Islam. Kekerasan, konflik dan merebaknya terorisme, di samping menjadikan pihak non-Muslim semakin tidak simpati pada Islam, juga menjadi bisnis internasional sebagai upaya dalam memanfaatkan kelompok-kelompok Islam yang memiliki paham tekstual, rigid, skriptural dan kaku dalam beragama. Saat ini, tragedi-tragedi beruntun yang dialami merupakan pertarungan antarkekuatan sosial-politik yang didasarkan pada sentimen suku dan agama.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,

Kasus yang terbaru adalah penghinaan Nabi Muhammad yang terjadi di Prancis. Dikutip dari harian Kompas.com Kontroversi di Prancis diawali tindakan seorang guru bernama Samuel Paty yang menggunakan kartun terbitan Charlie Hebdo tahun 2015 saat mengajar. Tindakan ini menuai protes dari komunitas dan Paty terbunuh dengan kepala dipenggal. Sedangkan Presiden Prancis Emmanuel Macron menilai kartun atau karikatur Nabi Muhammad di Charlie Hebdo sebagai kebebasan berpendapat. Dia juga mengatakan Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis dengan posisi muslim makin sulit.

Apa yang terjadi di Prancis dan penghinaan terhadap Islam harus disikapi dengan bijak, selain mengecam bahwa gambar karikatur Nabi Muhammad itu sudah diluar batas kebebasan berpendapat dan hak asasi manusia. Karena kebebasan kita itu dibatasi oleh kebebasan dan hak orang lain. Namun ada hal yang lebih penting dari sekedar mengecam dan memprotes tindakan tersebut, yakni umat Islam harus menegaskan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamin, agama yang memberikan manfaat kebaikan bagi semuanya. Sehingga tidak menjadikan Islam agama yang “tertuduh” tidak baik oleh prilaku umatnya sendiri.

Gagasan Islam Rahmatan lil Alamin yang bersifat inklusif dan lembut harus diketengahkan dalam situasi dunia yang sedang memanas. Islam sebagai agama dan Nabi Muhammad sebagai pembawanya, sama-sama hadir untuk membawa kedamaian, kelembutan dan kebaikan tertinggi. Manusia yang beragama, tetapi tidak sampai pada tingkat kemanusiaan tertinggi maka ia adalah pendusta agama (Qs. AlMa’un/107: 1-3).

اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ) ١(فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ)٢ (وَلَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۗ )٣(

Artinya: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? (1) Maka itulah orang yang menghardik anak yatim(2). dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.(3)”

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,

Kebaikan tertinggi itu adalah polarisasi keberagamaan yang seimbang, antara vertikal dan horizontal. Selain menegaskan dan mengkampanyekan Islam Rahmatan lil Alamin kepada khalayak, umat Islam juga harus berintrospeksi diri karena manusia merupakan makhluk yang diciptakan sempurna oleh Allah. Manusia diberi akal untuk berpikir dan mempertimbangkan segala hal yang dilakukannya. Dengan akal itu pula, manusia bisa membedakan mana hal yang baik dan yang buruk. Namun, terkadang manusia salah menggunakan akalnya hingga berbuat sesuatu yang buruk, Sehingga fungsi ajaran agama dalam kehidupan manusia benar-benar menjadi pegangan hidup.

Salah satu hal yang diajarkan oleh agama Islam agar seorang manusia tetap bisa istiqomah berada di jalan Allah adalah untuk selalu introspeksi diri. Melalui introspeksi dapat membantu seseorang untuk bercermin tentang diri dan kehidupannya selama ini. Selain itu berintrospeksi diri juga merupakan sarana pembelajaran untuk memperbaiki kekeliruan yang pernah dilakukan. Dengan hal tersebut menjadikan Islam dengan umatnya menjadi pemeran utama dalam menyebarluaskan rahmat bagi seluruh alam sesuai dengan visi dan misi diturunkan Islam itu sendiri.

Demikian khutbah singkat pada siang hari yang penuh keberkahan ini. Semoga bermanfaat dan membawa barakah bagi kita semua. Amin.

 أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

KHUTBAH 2

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ