Pesantren Tahafudhul Qur'an Miftahul Huda

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Tahafudhul Qur'an Miftahul Huda
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an Miftahul Huda berawal dari sebuah rumah kecil KH. Ahmad Baduhun AR. bersama istri tercinta Ny. Umi Farida dengan empat orang santri di kampung Pungkuran 100 meter ke arah timur dari kampung Kapulisen tempat kelahiran beliau. Karena mengalami penambahan santri hingga mencapai 10 orang yang didominasi santri kanak-kanak yang berefek pada tidak mencukupinya tempat kediaman beliau, maka seluruh santri dipindah ke rumah bapak Arifin (kakak dari istri beliau) yang agak besar, di kampung Demangan yang bertempat diantara kampung Pungkuran dan Kapulisen untuk meneruskan kegiatan pengajian al-Qur’an.

Namun seiring dengan semakin bertambahnya jumlah santri, rumah bapak Arifin pun dirasa tidak mencukupi. Menghadapi kesulitan tersebut timbul keinginan beliau untuk mengontrak sebuah rumah kosong yang letaknya tidak jauh dari rumah bapak Arifin. Akhirnya beliau pun mengontrak rumah tersebut selama dua tahun tercatat dari tanggal 25 Juli 1991 sampai dengan 25 Juli 1993. Waktu dua tahun pun tidak berlangsung lama dengan habisnya masa kontrakan.

Setelah melakukan negosiasi dengan pihak pemilik rumah kontrakan, beliau sepakat untuk membeli rumah tersebut untuk memenuhi kebutuhan asrama tempat tinggal para santri secara permanen. Berawal dari sebuah kegiatan pembelajaran menghapal Al-Qur’an dengan sistem setoran dengan jumlah santri yang masih sedikit dan banyak didominasi santri kalong nama Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an Miftahul Huda masih bertajuk Madrasah Miftahul Huda. Setelah sekian tahun perkembangan jumlah santri yang menetap di asrama semakin besar, nama Madrasah Miftahul Huda dirubah menjadi Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an Miftahul Huda.

SEJARAH

Kata Miftahul terambil dari bahasa arab yang berakar kata fataha (fi’il madli yang berarti membuka), yang berwazan miftahun (isim alat yang berarti pembuka atau kunci). Sedangkan kata Huda berwazan fu’lan yang berarti petunjuk. Secara keseluruhan nama Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an Miftahul Huda bermakna sebuah lembaga pendidikan keagamaan yang memiliki spesialisasi pada bidang hifdhu al-Qur’an yang diharapkan menjadi kunci petunjuk bagi para santri untuk mencapai ridla dari Allah SWT.

Pondok Pesantren Miftahul Huda didirikan oleh KH. Ahmad Baduhun Badawi Abdurrasyid. Beliau lahir pada 12 Nopember 1965 di kampung Kapulisen Krajankulon Kaliwungu Kendal, 300 meter ke arah barat dari masjid besar Al-Muttaqien Kaliwungu. Beliau adalah putra ke lima dari enam bersaudara. Ayah beliau bernama KH. Ahmad Badawi Abdurrasyid dan ibunya bernama Ny. Siti Jundariyah yang keduanya berasal dari kota santri Kaliwungu. Pendidikan beliau dimulai dari kecil sudah menekuni dalam bidang hafalan al-Qur’an dibawah asuhan ayah beliau sendiri.

Pendidikan formal memang tidak begitu menjadi prioritas bagi kalangan kyai pada masa itu. Pendidikan yang ditekankan adalah pendidikan yang berhubungan langsung dengan bidang yang ditekuni oleh sang ayah. Mengingat ayah beliau adalah ulama yang punya 45 spesialisasi dalam bidang menghafal al-Qur’an, maka beliau juga harus dapat meneruskan tongkat estafet dari ayah beliau.

 Pada tanggal 25 Shafar 1397 H yang bertepatan tanggal 1 Maret 1977 M ayah beliau (KH. Ahmad Badawi Abdurrasyid) wafat pulang ke haribaan Allah SWT. Saat ditinggal sang ayah beliau baru mendapat hafalan 7 juz. Hal ini membuat beliau sangat kehilangan seorang guru sekaligus ayah tercinta. Namun dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari saudara-saudara beliau, pengajiannnya diteruskan kepada KH Mahfudh Sarbini yang masih merupakan murid dan keponakan dari KH Ahmad Badawi Abdurrasyid sampai khatam dan bergelar al-hafidh. Setelah menikah, beliau tidak lagi berkumpul dengan orang tuanya. Beliau tinggal bersama istri di kampung Pungkuran yang berada tidak jauh dari kampung dimana beliau dilahirkan. Dari sinilah bermula cikal bakal Pondok Pesantren Miftahul Huda

Pengasuh

KH. Ahmad Baduhun Badawi Abdurrasyid

Baca juga :  Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. SMP Takhasus Plus Al Mardliyah
  2. SMA Takhasus Plus Al Mardliyah
  3. SMK Takhasus Plus Al Mardliyah

Pendidikan Non Formal

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Kajian kitab kuning
  2. Tilawah Al Qur'an 
  3. Manakib
  4. Maulidan
  5. Istighotsah
  6. Kursus Bahasa Inggris, Bahasa Arab 
  7. Khot dan Kaligrafi Islam
  8. Tahfidzul Al-Qur'an
  9. Seni Hadrah
  10. Paduan Suara
  11. Marching Band
  12. PMR
  13. Pramuka
  14. Komputer
  15. Olahraga: Sepakbola/Futsal, Basket, Voli, Bulutangkis, Pencak Silat
  16. Ketrampilan hidup: Multimedia, Tata Busana, Tata Boga, Teknik komputer, desain grafis, public speaking

 


Baca Al Qur'an di Pesantren PPTQ Miftahul Huda


Hadrah di Pesantren PPTQ Miftahul Huda


FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Asrama Pesantren
  3. Ruang Kelas yang representatif
  4.  Kantor
  5.  Perpustakaan
  6.  Aula
  7.  Ruang TU 
  8. Laboratorium IPA
  9. Laboratorium Bahasa
  10. Laboratorium Komputer
  11. Lapangan olahraga
  12. Koperasi
  13. Balai pelatihan menjahit
  14. Balai pelatihan boga



Gedung Sekolah di pesantren PPTQ Miftahul Huda


Laboratorium Komputer di pesantren PPTQ Miftahul Huda

Baca juga : IAI Ibrahimy Banyuwangi

ALAMAT

Dukuh Kwangsan, Desa Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah

Kode Pos            :     51372


Telepon : (0294) 3686885
WA        : 0859-3941-3848


 
 
 


             

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.