Alhamdulillah, Tahun 2030 Bulan Ramadhan Hadir 2 Kali

 
Alhamdulillah, Tahun 2030 Bulan Ramadhan Hadir 2 Kali
Sumber Gambar: iStockphoto

Laduni.ID, Jakarta - Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, seluruh umat Islam di dunia berlomba-lomba memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan ini, sebab semua amalan yang dilakukan di bulan ini akan mendapat balasan yang berkali-kali lipat lebih banyak.

Tahun 2030 akan terasa sangat istimewa bagi umat Muslim, sebab pada tahun itu diperkirakan bulan Ramadhan akan belangsung dua kali dalam setahun.

Mengapa bisa begitu? Walau sama-sama mempunyai 12 bulan dalam satu tahun, kalender Hijriah dan kalender Masehi memiliki selisih 10-11 hari. Di mana kalender Masehi memiliki 365 hari dalam satu tahun, sedangkan kalender Hijriah memiliki 355 hari.

Sebagaimana dilansir dari Mashable, Minggu (2/5) Ramadhan akan belangsung di awal tahun dan akhir tahun. Jika berdasarkan pada penanggalan, Ramadhan pertama akan hadir pada 5 Januari 2030 dan Ramadhan kedua hadir pada 26 Desember 2030.

Tidak hanya itu, pada tahun 2033 juga diperkirakan bahwa Hari Raya Idul Fitri akan hadir sebanyak dua kali dalam setahun.

Terkait dengan hal ini, perlu adanya metodelogi perhitungan secara matematis dan astronomi dalam menetapkan awal Ramadhan. Perhitungan harus didasarkan pada penampakan bulan secara fisik (rukyatil hilal bil fi’ly).