Safari Religi dan Berdoa di Makam Po Teumeureuhom Daya

 
Safari Religi dan Berdoa di Makam Po Teumeureuhom Daya
Menziarahi makam salah seorang waliyullah yang bernama Sulthan Salatin Alaiddin Ria’yat Syah atau lebih dikenal Po Teumereuhom Daya atau Cik Po Kandang, raja Negeri Daya Sulthan Salathin Alaidin Ri’ayat Syah adalah putra raja Madat “Raja Pidie” yang menaklukkan Negeri Darul Kamal dan Kuta Alam dan sekarang berada dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, atau dalam sejarah lebih dikenal dengan nama “Sulthan Inayat Syah” putera raja “Abdullah Malikul Mubin”. Makam ini terletak di Gp. Glee Jong, Jaya, Aceh Jaya, Sapek, Banda Aceh, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh.
 
Tertera pada batu nisan asal keturunannya yaitu Putri Sulthan Salatin Aladdin Ria’yat Syahjelas tertulis: "Siti Hur Binti Salatin Alaiddin Ria’yat Syah Ibnu raja Madat Ibnu Abdullah Al-Malik Al-Mubin” Tulisan di nisan itu menunjukkan bahwa Salatin Alaiddin Ria’yat Syah adalah putra dari Raja Madat yang dalam sejarah dikenal dengan nama Inayat Syah. Dari keturunan beliaulah nantinya lahir raja-raja Aceh.
 
 
Aceh negerinya para raja yang hebat pada zamannya. Banyak kerajaan yang berdiri di Aceh dan mencapai puncak kejayaannya. Salah satunya adalah kerajaan Lamno Jaya. Kerajaan yang berdiri pada tahun 1480 M dengan raja pertamanya Poe Teumeureuhom. Makam beliau terletak di atas bukit di Lamno. Dari Banda Aceh untuk mencapai Lamno lebih kurang dua jam.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN