Halal bi Halal: Nilai Surplus Bagi Manusia

 
Halal bi Halal: Nilai Surplus Bagi Manusia
Sumber Gambar: Kapanlagi

Laduni.ID, Jakarta – Halal bi halal adalah momentum untuk memperkukuh serta perekat tali persaudaraan antar sesama. Makna yang disampaikan dalam adat ini adalah setiap orang pasti tidak akan terlepas dari suatu kesalahan, namun bukan berarti kesalahan itu tidak dapat dimaafkan. Dengan silaturrahim dan bermaaf-maafan, semua kesalahan dapat terampuni dan termaafkan.

Salah seorang Filusuf Prancis yang bernama La Rose pernah mengungkapkan sebuah perkataan menarik yang patut untuk kita renungkan, sebagai berikut;

Jika kebaikan dibalas dengan kebaikan, maka itu sudah semestinya.

Jika kebaikan dibalas dengan kejahatan, maka itu dzalim namanya.

Jika kejahatan dibalas dengan kejahatan itu balas dendam namanya.

Tapi disaat kejahatan dibalas dengan kebaikan maka itu nilai surplus bagi kita.

Memang sudah semestinya membalas kebaikan dengan kebaikan, begitulah yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Namun, apakah dengan begitu saja manusia dapat belajar terhadap dirinya sendiri? Oleh karena itu, Allah datangkan mereka yang membalas kebaikan dengan kejahatan.

Manusia dapat berbuat baik kepada mereka yang baik padanya, namun manusia tentu mampu untuk berbuat baik kepada mereka yang berbuat jahat padanya. Hanya sebagian dari kita yang mampu untuk tetap tersenyum kepada mereka yang telah mendzoliminya, dan itu bukan lah perkara yang mudah untuk dilakukan. Mungkin, hanya hati yang ikhlas yang mampu melakukannya. Mungkin, hanya mereka yang telah menggantungkan harapannya kepada Allah yang dapat melakukannya. Kita tidak akan pernah tahu.

Semoga dengan halal bi halal ini menjadi sebuah momentum yang menjadi perekat dan pengokoh persaudaraan di antara sesama, serta kesalahan yang dilakukan dapat diampuni sehingga tercipta kerukunan, ketenteraman, dan kedamaian sesama antara umat muslim.

 

Jepara, Jumat 21 Mei 2021 M/ 09 Syawal 1442 H.

Oleh: Safdinar M. Annur – FP PP. MUS Sarang (https://www.facebook.com/226615864196720/posts/1714711682053790/?app=fbl)