Ulama Ahli Bedah dan Mursyid Thariqah Tertinggi

 
Ulama Ahli Bedah dan Mursyid Thariqah Tertinggi
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Maulana Syeikh Prof. Dr. dr. Yusri Rusydi Al-Hasani, Sp.BTKV., Lc. Beliau layak disematkan dengan perumpamaan Jabal yang kokoh dalam keistiqamahan. Yang mana, istiqamah adalah lebih baik dari seribu karomah. Uniknya beliau mampu menyeimbangkan istiqamah dalam berbagai dimensi ibadah: ibadah ritual (mahdlah), ibadah intelektual dan ibadah sosial.

Ibadah sosialnya terejawentahkan melalui profesi kesehariannya sebagai dokter spesialis bedah yang memiliki klinik, memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat. Bidang ini digelutinya dengan serius dan tekun hingga mencapai gelar akademis profesor dan dipilih menjadi ketua ikatan dokter bedah.

Ibadah ritual yang menyatu dengan ibadah intelektual bisa dilihat sendiri gimana mursyid tertinggi Thariqah Al-Shiddiqiyah Al-Darqawiyah itu istiqamah menjalankan rutinitas keseharian diawali dengan mengimami sholat subuh di Masjid Al-Asyraf, lalu baca wirid, membuka dars tafsir dan mensyarah kitab-kitab sunnah hingga waktu Dhuha tiba untuk disambut dengan shalat dua rakaat yang dikatakan Nabi pahalanya bagaikan umrah dan haji. Belum lagi dars yang beliau isi malam hari di beberapa masjid dan madyafah. Tidak ada kata libur kecuali karena beliau musafir.

Kapabilitas keilmuannya secara riwayah dan dirayah sudah teruji, terbukti dengan pernah menduduki kursi mengajar di Masjid Al-Azhar. Sanad keilmuannya jelas dari para ulama besar pada masanya.

Hafalan Alqurannya mutqin dengan Qiroat Asyarah. Pada Bulan Ramadhan akan terlihat setiap malamnya menghidupkan malam dengan ibadah.

Begitulah sosok Jabal ajaib yang selalu tampil kokoh, seolah tak mengenal kata lelah untuk mengabdi kepada Tuhannya, nabinya dan sesamanya, Semoga beliau selalu dilimpahkan kesehatan dan keberkahan.

Ditulis Oleh: Ustadz M. Zainudin Ruslan, Lc

Sumber: https://www.facebook.com/dennisa.rahma.7/posts/840756346835438