Doa Tasymit dan Jika Teman Terkena Flu

 
Doa Tasymit dan Jika Teman Terkena Flu
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Bagi orang yg bersin, maka di sunnahkan membaca doa. Ada hadits dari Salim bin Ubaid Radhiyallahu Anhu, meriwayatkan bahwasannya Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah Alhamdulillaah alaa kulli haalin (Segala puji bagi Allah atas semua keadaan) atau Alhamdulillahi rabbil Alamin (segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam).” (HR. Imam Ahmad Bin Hambal rahimahullah)

Baca Juga: Gejala Flu pada Anak yang Harus Orangtua Waspadai

Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu juga meriwayatkan hadis, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ (رواه ابوداود)

Jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah Alhamdulillah ala kulli halin (Segala puji bagi Allah atas semua keadaan). (HR. Imam Abu Daud)

Berdasarkan hadis tersebut, maka ulama sepakat bahwa bagi orang yang sedang bersin, maka ia disunahkan memuji Allah subhanahubwa ta'ala. Minimal ia mengatakan Alhamdulillah. Jika ditambah rabbil 'alamin lebih baik, sebagaimana yang diamalkan oleh sahabat Ibnu Mas’ud Radhiyallahu Anhu (wafat 650 M, Jannatul Ma'la Madinah). Atau, jika ia mengucapkan Alhamdulillahi Ala Kulli Haalin lebih baik lagi, sebagaimana yang diamalkan oleh sahabat Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu (610 - 693 M, Mekkah). Bahkan ada yang mengucapkan pujian itu dengan ucapan: “Alhamdulillahi hamdan katsiran thayyiban mubaarakan fihi (Segala puji bagi Allah dgn pujian yang banyak, baik dan keberkahan di dalamnya)”.

Hukum dan Doa menjawab

Menurut jumhur ulama, hukumnya wajib mendoakan orang yang sedang bersin. Sedangkan menurut Ulama Madzhab Syafi'i, baik berdoa ketika bersin maupun mendoakan orang yang bersin berhukum sunah, terlebih jika orang yang bersin itu tidak memuji Allah, maka ia tidak perlu mendoakan untuk orang yang bersin tsb. Hal ini berdasarkan riwayat Abu Hurairah (Abdurrahman bin Shakhr Al-Azdi) Radhiyallahu Anhu (603 - 678 M, Jannatul Baqi' Madinah), Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Sungguh, Allah menyukai orang yg bersin dan tidak menyukai orang yg menguap. Jika salah satu dari kalian bersin, lalu ia mengucapkan Alhamdulillah. Maka, hak bagi setiap orang yg mendengarkannya mengucapkan yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu)”. (HR. Imam At-Tirmidzi rahimahullah)

Riwayat Abu Musa Al-Asy’ari Radhiyallahu Anhu, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika salah satu dari kalian bersin, lalu ia memuji Allah. Maka, doakanlah ia. Namun, jika ia tidak memuji Allah, maka kalian tidak perlu mendoakannya.” (HR. Imam Muslim rahimahullah)

Doa Menjawab Bersin

Istilah doa untuk orang yang bersin tersebut, di dalam Islam adalah Tasymit. Yakni, dengan mengucapkan “Yarhamukallah”, jika yang bersin laki-laki. Dan jika yang bersin perempuan, maka mengucapkan “Yarhamukillah”. Sedangkan, bagi orang yang bersin membalas dengan mengucapkan “Yahdikumullah Wa Yuslihu Baalakum” (semoga Allah memberikan hidayah padamu dan memperbaiki keadaanmu). Hal ini berdasarkan riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah alhamdulillah. Dan hendaknya bagi saudaranya atau temannya mengucapkan kepadanya yarhamukallah. Lalu jika saudaranya tsb mendoakan untuknya yarhamukallah, maka hendaknya ia mengucapkan yahdikumullah wa yuslihu baalakum.” (HR. Imam Al-Bukhari rahimahullah)

Baca Juga: Mengenal Gejala Virus Corona Sejak Dini, Begini Ciri-cirinya

Empat Jenis Bacaan Hamdalah Ketika Bersin

Pertama, membaca ‘Alhamdulillah.

Kedua, membaca ‘Alhamdulillahi ‘ala kulli halin.’

Ketiga, membaca ‘Alhamdulillahi rabbil ‘alamin.’

Keempat, membaca Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubarokan fiihi.

Mendoakan Orang Flu

Disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, sbg berikut : Artinya: "Barangsiapa bersin berungkali sampai lebih dari tiga kali, maka bersin yang lebih dari tiga kali tidak perlu ditasymit atau didoakan dengan ucapan yarhamukallah. Ini karena bersin yang lebih dari tiga kali disebut sakit flu atau demam. Dari Salamah bin Amr bin al-Akwa’ (wafat 74 H / 693 M di Madinah, usia 80 tahun, menurut Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak) dia berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mendoakan orang yang bersin dua kali, dengan doa ‘yarhamukallah’. Kemudian ketika dia bersin untuk ketiga kalinya, beliau berkata; Ini orang terkena flu. Imam Ibn Daqiq Al-‘Id rahimahullah (wafat 1302 M Kairo, Mesir), menyebutkan dari sebagian ulama Syafi'iyah mengatakan bahwa dianjurkan tasymit setiap kali bersin, kecuali sudah diketahui terkena flu, maka didoakan agar sembuh."

Baca Juga: Dinas Kesehatan DKI Paparkan Langkah untuk Cegah Penularan Coronavirus

Dari keterangan di atas, dapat dipahami bahwa doa untuk teman yang flu dengan harapan, agar diberikan kesembuhan yaitu :

 شَفَاكَ اللهُ وَعَافَاكَ

Syafaakallahu Wa ‘Aafaaka.

"Semoga Allah menyembuhkanmu dan menyehatkanmu."

Wallahu a'lam
---------
Oleh: Al-Faqir Ahmad Zaini Alawi Khodim Jama’ah Sarinyala
Editor: Nasirudin Latif