Khutbah Jumat: Menjaga Stabilitas Imun Menurut Islam di Masa Pandemi Covid-19

 
Khutbah Jumat: Menjaga Stabilitas Imun Menurut Islam di Masa Pandemi Covid-19

KHUTBAH PERTAMA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي امْتَنَّ عَلَى الْعِبَادِ بِأَنْ يَجْعَلَ فِي كُلِّ زَمَانِ فَتْرَةٍ مِنَ الرُّسُلِ بَقَايَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ، يَدْعُونَ مَنْ ضَلَّ إِلَى الْهُدَى، وَيَصْبِرُونَ مِنْهُمْ عَلَى الأَذَى، وَيُحْيُونَ بِكِتَابِ اللَّهِ أَهْلَ الْعَمَى، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىي وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْن. قَالَ اللهُ تَعَالَى: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مّمّن دَعَآ إِلَى اللّهِ وَعَمِلَ صَالِحاً وَقَالَ إِنّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Dari atas mimbar khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi, untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Kehidupan di masa Pandemi Covid 19 memang jauh beda dari kehidupan normal. Tentunya, pada kehidupan tersebut butuh ketenangan, kesabaran, menjauhi hawa nafsu dan ego.  Sikap-sikap itu semua menjaga stabilitas imun manusia. Sehingga manusia lebih mudah menghadapi kondisi herd imunity. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menahan amarahnya maka Allah menahan azab untuknya, barangsiapa yang menjga lisannya maka Allah menutup aibnya.”

Rasulullah merupakan sosok yang selalu menahan marah dan emosi. Sehingga  beliau memiliki imunitas yang tinggi. Terbukti, dalam perjalanan sirahnya, beliau jarang sakit. Sesuai dengan Sabdanya, “Sesungguhnya kekuatan imun itu yang dihasilkan dari pengendalian emosinya dari marah.”

Sabda Rasul di atas relevan sekali digunakan untuk kondisi saat ini. Sebab Virus Covid 19 menyerang imun manusia. Sehingga seseorang yang menjadi korban virus tersebut akan lemah dan saturasinya menurun. Bagi korbannya harus melatih pengendalian emosi dengan ikhtiar, sabar, tawakal, dan doa. Ikhtiar yaitu berusaha untuk mematuhi protokol kesehatan dan mengkonsumsi apa-apa yang dibutuhkan untuk asupan sesuai saran dan arahan dokter.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Sedangkan sikap sabar ini yang mungkin sulit dimiliki oleh penderita Covid 19. Pasalnya, ia harus melakukan isolasi mandiri dan jauh dari keluarga. Sehingga, ada perasaan bagi dirinya bahwa Covid ini terkesan aib. Padahal, virus yang terjangkit dalam tubuhnya yaitu bagian dari qadarullah (ketetapan Allah). Maka menyikapi qadarullah dengan bersabar, sebagaimana nabi-nabi menghadapi ujian dari Allah.

Imam Hasan bin Ali Radiyallahu anhu berkata, “Sabar itu wasiat dari Allah Swt di bumi. Barangsiapa yang menjaga sabar itu maka ia selamat, dan barangsiapa yang membuangnya (sabar itu) maka ia akan celaka.”

Perkataan Sayyidina Hasan memberikan satu perspektif bahwa sabar itu sikap yang diamanahkan Allah Swt. Tentunya amanah tersebut harus dilakukan dan dijalani dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga sikap tersebut akan memberikan pengaruh dalam menaikan imun di masa pandemi ini. Untuk mengenali sifat sabar tersebut harus mengenal tanda-tandanya. Abu Syah bin Syaja’ Al-Kirmani berkata, tanda-tanda sabar ada tiga hal: menjauhi keluh kesah, menerima keputusan-Nya, dan menerima ketentuan-Nya dengan manisnya iman.

Imam Junaid al-Baghdadi berkata, “Tujuan dari sabar yaitu tawakal.” Sebagaimana dua sikap itu termaktub dalam Al-Quran:

الَّذِيْنَ صَبَرُوْا وَعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ (٤٢)

(yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan saja mereka bertawakkal. (QS: al-Nahl:42)

Tawakal secara bahasa yaitu berserah diri. Konteks berserah diri disini yaitu Allah yang Maha Memutuskan yang terbaik terhadap diri manusia. Sebagaimana Hadis Nabi yang mengungkapkan kisah tawakal Nabi Ibrahim, “Akhir perkataan yang diucapkan nabi Ibrahim A.S ketika ia dilempar Raja Namrud ke Api”: "Hasbunawlah wa ni’mal wakil.” (HR. Abu Hurairah)

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Hasbunawlah wa ni’mal wakil, yang secara maknawi cukuplah Allah sebaik-baik pelindung, merupakan kalimat yang mengandung esensi tawakal. Sebab pada kalimat tersebut tersurat bahwa Allah sebaik-baik penolong. Sebagaimana Imam Abdullah bin Alwi al-Haddad berkata di dalam majelisnya, “Beberapa Ulama Salafuna Salih Rahimakumullah mengungkapkan barangsiapa yang ridho kepada Allah sebagai sebaik-baiknya penolong maka ia akan mendapatkan jalan kebaikan.”

Banyak ulama yang menjadikan kalimat Hasbunawlah wa ni’mal wakil sebagai zikir. Zikir tersebut juga sebagai penambah keyakinan bahwa Allah akan membuka kebaikan atas diri pembacanya. Kalimat tersebut paling sedikit 7 kali setelah subuh dan 7 kali sore. Zikir itu pula yang menambah imun di masa Pandemi Covid 19. Adapun zikiran tersebut boleh ditambah jumlahnya sesuai kemampuan di masa tersebut.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Setelah manusia menempuh tawakal di masa pandemik Covid, maka doa menjadi stasion terakhir dalam meminta keselamatan. Bahkan doa meminta keselamatan kepada Allah sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Sebagaimana Sayyidina Abbas bin Abdul Muthalib ketika bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah ajarkan aku sebuah doa dan doakan aku dengan doa tersebut. Maka Rasulullah berseru, “Mintalah keselamatan pada Allah.” Sayyidina Abbas mengulang pertanyaan tersebut sampai beberapa kali. Maka Rasulullah menjawab, “Wahai Abbas bin Abdul Muthalib Wahai Paman Rasulullilah mintalah pada Allah Swt keselamatan baik di dunia dan di akhirat maka sesungguhnya jika engkau diberikan keselamatan dunia dan akhirat maka engkau juga akan diberikan segala kebaikan.”

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Demikianlah khutbah jumat yang dapat saya sampaikan, semoga kita dapat mengambil hikmah dari yang saya sampaikan.

بَارَكَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

KHUTBAH KEDUA:

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

DO'A KHUTBAH :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 

______________________________________

Oleh; Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, S.Pd, M.Si
Dosen Agama Islam Universitas Indonesia dan PNJ