Shalawat yang Pahalanya Seperti Shalawat Seluruh Makhluk Bumi

 
Shalawat yang Pahalanya Seperti Shalawat Seluruh Makhluk Bumi
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Banyak sekali fadhilah ketika seseorang melantunkan shalawat kepada Nabi SAW. Sebagaimana yang telah dirangkum Laduni.ID, diantara fadhilah itu ialah menjadi manusia yang paling utama di sisi Nabi Muhammad SAW kelak di hari kiamat, doa-doanya diijabah oleh Allah SWT, dosa-dosanya terampuni, dan masih banyak lagi.

Ada banyak macam shalawat dan keutamaannya masing-masing, seperti shalawat Thibbil Qulub yang memberikan faedah sebagaimana yang telah dijelaskan oleh KH Muhammad bin Abdullah Faqih dalam Majmu'ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu'iyah:

 صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن

Artinya: “Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin.”

Adapula Shalawat Ahlul Mahabbah Lis Syaikh Al Imam Ahmad At Tijany Radhiyallahu Anhu, atau sebagian ulama menyebutnya dengan Shalawat Ahlul Mahabba. Shalawat ini salah satu shalawat yang ditalqinkan oleh Rasulullah SAW dalam pertemuan Ruhani Yaqzhatan (sadar) kepada seorang wali besar al Imam Sayyidi Syaikh Ahmad Bin Muhammad At Tijaniy (1150-1230 H). Qadhi al-Imam Ahmad al-Sukairij mengatakan, “Siapa yang membacanya membandingi pahala mengkhatamkan 70.000 kali Dalailul khairat.”

Selanjutnya Shalawat Fatih, Syekh Al-Arif Al-Kubra dalam Perukunan Melayu menyebutkan bahwa terdapat khasiat jika membaca shalawat Fatih. Syekh Al-Arif Al-Kubra mengatakan, “Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‘ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah.”

Bahkan terdapat satu shalawat yang ketika dilafadzkan pahalanya seperti amalan seluruh makhluk penduduk bumi. Al-Imam Asy-Suyuthi ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ menyebutkan dalam kitabnya Jam'ul Jawami, dari Musnad Al-Imam Sayyiddina Abu Bakar Ash-Shiddiq ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ beliau berkata:

“Ketika aku sedang duduk bersama Rasulullah SAW tiba-tiba datang seseorang dan memberi salam, lalu Rasulullah SAW menjawab salamnya dengan wajah berbinar dan mendudukkannya di samping beliau. Setelah selesai hajatnya, dia pergi.”

Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Abu Bakar, orang ini setiap harinya diangkat pahalanya seperti amalan seluruh penduduk bumi.”

Sayyiddina Abu Bakar bertanya, “dengan apakah yaa Rasulullah?”

Rasulullah SAW menjawab, “Setiap pagi dia bershalawat kepadaku 10 kali, yang pahalanya seperti shalawatnya seluruh makhluk di bumi.”

Sayyiddina Abu bakar bertanya lagi, “bagaimana bacaan shalawatnya Yaa Rasulullah?”

Beliau Rasulullah SAW menjawab, "orang ini mengucapkan:

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪِﻥِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﻋَﺪَﺩَ ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣِﻦْ ﺧَﻠْﻘِﻚَ، ﻭَﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪِﻥِ ﺍﻟﻨَِّﺒﻲِّ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﻨْﺒَﻐِﻲْ ﻟَﻨَﺎ ﺃَﻥْ ﻧُﺼَﻠِّﻲَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪِﻥِ ﺍﻟﻨَِّﺒﻲِّ ﻛَﻤَﺎ ﺃَﻣَﺮْﺗَﻨَﺎ ﺃَﻥْ ﻧُﺼَﻠِّﻲَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ

‏[ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺪﺍﺭ ﻗﻄﻨﻲ]

Semoga kita bisa mengamalkan shalwat di atas dengan istiqomah, aamiinn.

Dirangkum dari berbagai artikel Laduni.ID


Editor: Daniel Simatupang