Biografi Imam Abu Bakar Al-Adani

 
Biografi Imam Abu Bakar Al-Adani
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Abu Bakar Al-Adani

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu
2.2       Guru Beliau

3.         Penerus Beliau
3.1       Murid Beliau

4.         Teladan
4.1       Sosok yang Rendah Hati dan Zuhud

5.         Komentar Para Ulama Tentang Beliau

6.         Karamah Beliau

7.         Nasehat Beliau

8.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau As Sayyid Syarif Al Alim Al Amil Al Jawadul Mifzdal Syeikhul Masyayih Qudwadul Auliya Imamul Asfiya Syeikhus Syariat Wat Tariqah Bahrul Haqiqah Imam Abu Bakar bin Abdullah Al Aydrus.

1. Riwayat Hidup dan Keluargai
1.1       Lahir

Beliau lahir pada abad ke-9 Hijriah atau tepatnya pada tahun 851 H, bertepatan dengan 1432 M. Ada juga yang mengatakan bahwa kelahirannya adalah pada 852 H, adapun kota tempat dilahirkannya Imam Al-Adeni adalah kota Tarim, salah satu pusat keagamaan di propinsi Hadhramaut.

1.2       Wafat

Beliau Imam Abu Bakar Al Adani meninggal dunia pada malam selasa tanggal 14 syawal tahun 914 H, dalam usianya yang ke-63 tahun.

1.3       Keluarga

Ibu beliau adalah Sayyidah waliyah Aisyah binti Syeikh Umar Al Muhdar. Beliau meninggalkan beberapa anak di antaranya Syeikh Al Imam Ahmad.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu

Pada usia yang masih belia itu beliau sudah diarahkan oleh ayahandanya untuk mempelajari dasar-dasar ilmu pengetahuan dari ilmu bahasa arab, hadits, tafsir, fiqih dan sebagianya, selain itu ayahandanya selalu mendorongnya agar rajin mutolaah dan murojaah sehingga dengan dorongan dari ayahandanya tersebut Imam Al-Adeni menjadi hobi membaca dan mutolaah kitab-kitab yang memenuhi perpustakaan pribadi ayahnya, namun bukan berarti beliau bebas membaca semua kitab-kitab yang ada diperpustakaan tersebut, Karena ayahandanya selalu memantau apa saja yang beliau baca, tentang hal itu Imam Al-Adeni mengungkapkan "seingatku ayah tidak pernah membentak atau memukulku, kecuali satu kali ketika beliau melihat aku memegang kitab "Al-Futuhat Almakkiyah" karangan Ibnu Arobi, beliau sangat marah dan dari detik itu aku tidak pernah lagi memegang kitab tersebut". Beliau juga berkata "Ayah melarangku untuk membaca kitab Al-Futuhat dan Al-Fusul keduanya karangan Ibnu Arobi, tetapi disamping itu ayah juga menyuruhku untuk berbaik sangka atas isi kitab tersebut, dan tentang isi kitab tersebut beliau berkata bahwa kitab-kitab tersebut mengandung hal-hal yang tidak difahami oleh orang-orang yang masih rendah, kitab-kitab tersebut hanya untuk dibaca oleh kalangan yang sudah tinggi". Domisili dan Perjalanan Imam Abu Bakar Al-Adeni.

Imam Abu Bakar bin Abdullah Alidrus semenjak dilahirkan tinggal di kota kelahirannya Tarim Hadhramaut, dan selama 38 tahun beliau tidak keluar dari Hadhramaut. 

Namun setelah ayahnya wafat beliau mulai mengadakan perjalanan ke kota Syihir meneruskan jejak ayahnya ziaroh Syeh Saad bin Ali Adzafari Asyihri. Selain ziaroh ke Syihir Imam Abu Bakar dalam rangka meneruskan jejak ayahnya, beliau juga ziaroh ke Doan dan Gidun tempat makomnya Syeh Said bin Isa Al-Amudi, selain itu beliau juga dengan rutin melakukan ziaroh ke makam Nabi Hud Alaihi Salam.

Imam Abu Bakar Al-Adeni sejak kecil sudah membiasakan dan menghiasi diri dengan kebiasaan dan sifat-sifat terpuji, maka bukan suatu hal yang aneh kalau beliau mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh teman-teman sebayanya, sejak kecil beliau membagi waktunya antara perbuatan taat kepada Allah SWT, mencari dan hidmah kepada ilmu, menyebarkan dakwah islamiah, berkumpul dengan orang-orang shalih, zikir kepada Allah, membaca Al-qur'an, membaca wirid-wirid, serta membantu kedua orang tuanya, dan tidak ada waktu kosong kecuali beliau gunakan untuk mutola'ah kitab. 

Adapun prilakunya terhadap orang lain, beliau sangat penyayang terhadap orang-orang awam terutama mereka yang sering datang menghadiri majlisnya, dan memperlakukan mereka dengan sopan dan halus serta selalu mengarahkan mereka kepada kebaikan, tentang hal itu beliau berkata : "Sesungguhnya aku merasa lega ketika melihat seseorang yang diberi hidayah oleh Allah SWT untuk menjalankan kewajiban dan meninggalkan dosa-dosa besar, dan sebaliknya yang membuatku resah dan aku berusaha semampuku untuk meluruskan mereka yang terjebak dalam lautan dan dosa dan perangkap syetan".

Oleh karena itu setelah beliau menetap di kota Aden, setiap malamnya beliau mengumpulkan para pengikutnya terutama mereka yang diketahui setelah pulang dari majlisnya biasa melakukan maksiat, maka dengan sengaja beliau menahan mereka semalaman untuk berdzikir bersama dan membaca Al-qur'an hingga menjelang waktu subuh, setelah selesai berjamaah salat subuh barulah mereka diizinkan pulang setelah sebelumnya masing-masing diberikan upah sesuai upah kerja mereka selama sehari, hal tersebut beliau lakukan terhadap pengikutnya supaya mereka terbiasa menjalankan taat dan jauh dari kemaksiatan.

2.2 Guru - Guru Beliau

Beberapa Syekh dan Guru Imam Abu Bakar Al-Adeni :

  1. Ayahandanya sendiri Al Imam Al Habib Abdullah Al Aydrus
  2. Syeh Ali bin Abu Bakar Assakran
  3. Syeh Alfaqih Abul Abbas Ahmad bin Abu Bakar Assakran
  4. Syeikh Sa'ad bin Ali Madzhaj
  5. Syeh Muhammad bin Ali (Shahib Aidit)
  6. Syeh Muhammad bin Abdurrahman Balfaqih
  7. Syeh Abdullah bin Abdurrahman Balhaj Bafadhol
  8. Syeh Muhammad bin Ali Bajahdab
  9. Syeh Salim bin Gabri
  10. Syeh Ibrohim bin Muhammad Bahurmuz
  11. Syeh Ahmad bin Muhammad bin Utsman Al-Amudi
  12. Syeh Muhammad bin Ahmad Bafadhol
  13. Syeh Abdullah bin Ahmad bin Ali Bamakhromah
  14. Syeh Ahmad bin Umar Al-Mazajjad
  15. Syeh Yahya bin Abu Bakar Al-Amiri
  16. Syeh Maqbul bin Abu Bakar Az-Zailai
  17. Syeh Maqbul bin Musa Az-Zailai
  18. Syeh Muhammad bin Abdurrahman Assakhowi
  19. Syeh Ahmad bin Ahmad Asyarji
  20. Syeh Abu Alqosim Al-Makki
  21. Syeh Abdullah bin Aqil Baabbad
  22. Syeh Abdullatif bin Ahmad Asyarji Az-Zabidi Al-Hanafi
  23. Syeh Afifuddin Abdulatif bin Musa Al-Masyrai
  24. Syeh Alfaqih Jamaluddin Muhammad bin Ahmad
  25. Syeh Abu Bakar (Abu Harbah)
  26. Syeh Musa bin Abdurrahman (Penguasa Arhab)

3          Penerus Beliau
3.1       Murid Beliau

  1. Syeh Abdurrahman bin Ali bin Abu Bakar Assakran
  2. Syekh Umar bin Abdullah al-Aydrus
  3. As-Syekh Syaikh bin Abdullah al-Aydrus
  4. Syekh Al-Husain bin Abdullah Alidrus
  5. Syekh Abdullah bin Syekh bin Abdullah Alidrus
  6. Syekh Ahmad Al-Musawa bin Abu Bakar Al-Adeni
  7. Syekh Muhammad bin Umar Bahraq
  8. Syekh Alhusain bin Assiddiq Al-Ahdal
  9. Syekh Muhammad bin Ahmad Bajarfil Ad-Dauani
  10. Syekh Jarullah bin Fahad
  11. Syekh Abdullah bin Abdullah Baqasyir
  12. Syekh Syihabuddin Ahmad bin Ali Al-Halbi
  13. Syeh Muhammad bin Abdullah Alidrus
  14. Syekh Abdulatif Bawazir
  15. Syekh Jauhar bin Abdullah Al-Habsy
  16. Syekh Abdul Alim Al-Hawaiji
  17. Syekh Abdullah bin Ahmad Bakatsir (mukim di Mekah)
  18. Syekh Nu'man bin Muhammad Almahdi
  19. Syekh Muhammad Athohthowi Almakki
  20. Pangeran Marjan bin Abdullah Adzafiri

4. Teladan
4.1       Sosok yang Rendah Hati dan Zuhud

Beliau adalah sosok yang giat melatih diri untuk melawan hawa nafsu, di antaranya tidak tidur selama 20 tahun di usia kanak kanak beliau keluar bersama sepupunya Syeikh Abdurrahman bin Ali ke lembah lembah di Tarim untuk beribadah tiap malamnya, masing masing menyendiri dengan membaca Al Qur’an dalam keadaan shalat lalu sebelum subuh keduanya kembali.

Beliau juga seorang sosok yang menyukai ilmu dan memuliakan orang yang berilmu, beliau memiliki sifat zuhud dan kedermawanan yang telah mendarah daging dan ibadah yang sangat kuat, beliau merupakan suri tauladan dan keajaiban zaman dalam kedermawanannya, untuk sekali hidangan di bulan Ramadhan setiap harinya menyembelih 30 ekor kambing.

Di samping dermawan beliau yang mencengangkan akal beliau juga merupakan sosok yang rendah hati, beliau berkata : “Mencium tanganku layaknya menamparku, mencium kakiku sama saja mencongkel kedua matak,” inilah tanda kebencian beliau terhadap kebenaran duniawi. Dalam qasidahnya beliau berkata :

“Andai saja kami tidak mengenal seorangpun dan tidak ada orang yang mengenal kami
Andai saja kami tidak pernah ada atau andaikan kami kami tidak pernah dilahirkan.”

5. Komentar Para Ulama Tentang Beliau

Beliau adalah sosok yang takut kepada Allah, banyak meneteskan air mata, kebesaran beliau meluas kemana mana dan memenuhi segala penjuru, Syeikh Muhammad bin Umar Bahraq dalam kitabnya Mawahibul Qudus Fii Manaqib bin Aydrus menyebutkan komentar gurunya Syeikh Al Arif Billah Muhammad bin Ahmad Ba Jarfil Ad Dauani : “Saksikanlah bahwa Syeikh Abu Bakar adalah Amirul Mukminin, raja yang pantas mengangkat dan menurunkan raja dan di hari ini beliau adalah sosok manusia terbaik secara dhahir dan batin.”

Syeikh Bahraq juga menyebutkan dalam kitab tersebut komentar gurunya As Sayyid Al Imam Al muhaddits Husain bin Siddiq Al Ahdal Al Yamani tentang Syeikh Abu Bakar : “Andaikan cahaya mataharinya terbit pasti memusnahkan seluruh semesta ini.” Bahkan beliau menganggap Syeikh Abu Bakar ini sebagai seorang qutub. Syeikh Bahraq juga menukil dari paman beliau Imam Ali bin Abu Bakar berkomentar tentang Syeikh Abu Bakar : “Aku bersaksi bahwa engkau adalah seorang qutub dan anak seorang qutub, kelak engkau akan berdiam di Aden dan meninggal disana.” Hal ini sebelum beliau berdiam di Aden.

6. Karamah Beliau

Beliau memiliki kekeramatan yang luar biasa meliputi kelebihan yang Allah berikan untuk menghidupkan orang yang telah tiada, meneropong perasaan di benak hati, menampakkan sesuatu yang tiada, menyelamatkan orang yang tenggelam dan masih banyak lagi cerita beliau dan kekeramatannya.

7. Nasehat beliau

Di antara nasehat-nasehat beliau Imam Abu Bakar Al-Adani adalah :

  1. Orang yang berprasangka baik (Husnudzon) tidak bakal merugi meskipun ia salah duga karena pada dasarnya ia tidak dicela.
  2. Prasangka baik (Husnudzon) adalah anugerah terbesar dan nama Allah yang paling agung, hindarilah sebisa mungkin prasangka buruk karena hal itu pertanda celaka bagi pelakunya dan dikhawatirkan pelakunya mati dalam keadaan Su’ul Khatimah.
  3. Lakukanlah ziarah dan memperkenalkan diri kepada para wali karena mereka adalah perantara menuju Allah.
  4. Janganlah kalian keberatan berbuat taat meskipun itu sedikit karena di dalamnya terdapat keridhaan Allah dan janganlah meremehkan maksiat meskipun kecil karena di dalamnya terdapat murka Allah.
  5. Tidaklah seseorang mencela orang lain atas suatu bencana yang menimpanya melainkan kelak Allah akan mencobanya dengan bencana yang lebih besar darinya atau yang sama dengannya.

8. Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya