Biografi Imam Abdullah bin Ali

 
Biografi Imam Abdullah bin Ali
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Abdullah bin Ali

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Besar Dalam Mujahadah Beribadah

4.         Karamah Beliau

5.         Nasehat Beliau

6.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliaulah mahkota kemuliaan, penyingkap ilmu hakikat yang tersembunyi, pengumpul segala sifat-sifat yang terpuji, peraih kedudukan yang tinggi, Syeikh Al Kabir Sayyid Imam Abdullah bin Ali bin Hasan bin Syeikh bin Ali bin Abu Bakar bin Abdurrahman Assegaf.

1.         Riwayat Hidup dan Keluargai
1.1       Lahir

Beliau Imam Abdullah bin Ali lahir di kota Tarim.

1.2       Wafat

Beliau Imam Abdullah bin Ali meninggal dunia pada tahun 1039 H, di makamkan di daerah Wahat, kubur beliau merupakan aset penziarahan yang terkenal sebagai tempat pengkabulan doa, di atasnya dibangunkan Qubah yang besar oleh Muhammad Pasya.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

Beliau menimba ilmu dan tarekat dari guru-guru besar di antaranya Imam Syihabuddin Sayyid Jalil Abdullah bin Salim Maula Khailah, Syeikh Al Kabir Zainuddin bin Husain Ba Fadl, lalu Beliau berangkat ke Syihir dan belajar ilmu fiqih pada Al Faqih Al Muhaqiq Al Allamah Ali bin Alwy Ba Yazid.

Kemudian Beliau memasuki daerah Afrika dan berjumpa dengan para ulamanya sekaligus menimba ilmu dari Mereka, Beliau melanjutkan perjalanan ke India dengan tujuan mengunjungi Sayyid Al Imam Syeikh bin Abdullah Al Aydrus yang tinggal di Ahmad Abad, Beliau menimba ilmu darinya dan senantiasa mendampinginya, buku yang Beliau pelajari di hadapan Sayyid Syeikh ini adalah sebagian karya tulisannya, bahkan Beliau mendapat pemakaian baju sufi dari Sayyid Syeikh lalu mengisyaratkan agar Beliau berangkat menuju Sayyid Al Imam Al Kabir Umar bin Abdullah Ba alawy bin Syeikh Abdullah Al Aydrus yang tinggal di Aden.

Beliau berguru pada Syeikh As Sayyid Abdurrahman bin Agil yang tinggal di Mukha, Sayyid Al Imam Abul Ghaif bin Ahmad yang tinggal di Lahj, Sayyid Abdullah Al Musawa yang tinggal di Ib, dan Sayyid Agil bin Imran yang tinggal di Dhaffar.

Beliau memiliki ikatan hati dan persaudaraan yang sangat kuat dengan Sayyid Al Imam Ahmad bin Muhammad Al Habsyi Shahib Syi’ib, Beliau memiliki buku syair-syairnya yang menyingkap kegelapan kebodohan, syair-syair Beliau membuat para ahli bahasa merasa takjub.

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Besar Dalam Mujahadah Beribadah

Beliau di kenal sebagai sosok yang luar biasa, sangat mencintai ilmu hingga tidak terhingga buku bacaannya,guru-gurunya dan keutamaannya,biografi Beliau dipaparkan oleh Al Allamah Al Muhaqiq Salim Ba Suhai As Syibami dalam sebuah buku yang besar dan memang Ia adalah Murid Beliau yang senantiasa melazimi dan mempelajari bebagai bidang ilmu padanya, akhirnya Beliau memakaikan padanya baju sufi dan membaiatnya.

Mujahadah Beliau dalam beribadah sangatlah besar hingga tampaklah tanda-tanda kebesarannya yang mengantarkan Beliau menjadi pancaran cahaya petunjuk bagi alam semesta, pada akhirnya Beliau menetap di desa Wahat di daerah Yaman, banyak kalangan khusus maupun umum menimba ilmu darinya, bahkan Beliaulah rujukan utama dalam mendidik para murid, Beliau berhasil mengkader beberapa para Wali dan Sholihin, diantaranya Guru dari Guru kami penyusun qasidah ini, Imam Haramain Muhammad bin Alwy Assegaf, juga yang lainnya seperti, As Sayyid Syeikh Al Imam Syeikh bin Abdullah Al Aydrus dan Saudaranya Shahib silsilah Zainul Abidin.

4.         Karamah Beliau

Beliau memiliki kekeramatan yang luar biasa, padahal Beliau tidak suka menampakkannya, suatu kali datanglah iblis menjelma sebagai budak hitam di daerah Baduwi, lalu berkata kepada Beliau, Tak seorang Hambapun yang bisa beribadah kepada Allah sepertimu, mendengar ini Beliau langsung menyingkap identitasnya dan mengusirnya.

5.         Nasehat Beliau

Di antara nasehat Beliau adalah : “Dewan para Wali berseru menarik janji dari Mereka agar Mereka menutupi keistimewaan Mereka setelah melampaui 40.000 kedudukan, oleh sebab itu jagalah istiqomah karena sesungguhnya dialah kekeramatan yang paling besar.”

6.         Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya