Pesantren Bustanul Makmur, Banyuwangi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD3 MTS/SMP2
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Bustanul Makmur, Banyuwangi

Profil

KH. Djunaidi Asymuni berasal dari desa Nampereh Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan pulau Madura, setelah menuntut ilmu di beberapa Pondok Pesntren, beliau diserahi memimpin Pesantren yang didirikan oleh ayahnya, namun sayang sekali Pesantren tersebut terpaksa ditinggalkan, sebab disamping memimpin Pesantren beliau juga memimpin tentara Sabilillah bersama – sama dengan almarhum KH. Zaini Mun’im Paiton Probolinggo, karena tentara sabilillah dan TNI di Pamekasan tidak mampu mempertahankan diri dari serangan Belanda pada agresi Militer 1, maka beliau berupaya menyelamatkan diri dengan menyeberangi selat madura melalui sebuah pantai kecil di Dusun Pandan Galis Pamekasan manuju daerah Probolinggo dengan menumpang perahu layar milik H. Abdul Latif.

alam masa perjuangannya, beliau terus menerus mendapat tekanan, tantangan dan rintangan bahkan kecaman keras selalu datang bertubi – tubi dari masyarakat sekitar yang memang semula mayoritas Taarikush Sholaah ( orang yang meninggalkan sholat ) dan sebagian menjadi penyamun. Mereka mengecam dan merasa terusik ketenangannya dengan kegiatan dan seruan yang beliau jalankan.

Sekalipun kecaman dan rintangan selalu menghadang, namun tidak sedikitpun mengurangi semangat beliau untuk menyeru amar ma’ruf nahi munkar, bahkan hal tersebut beliau hadaoi dengan penuh kesabaran dan ketelatenan serta tawakkal kepada allah. Akhirnya beliau berhasil menyadarkan masyarakat sekitar untuk mengamalkan ajaran islam secara benar dan konsekwen dalam kehidupan sehari – hari. Sebagai wujud kesadaran mereka, maka putra – putri mereka dititipkan pada KH. Djunaidi Asymuni untuk di didik dan diberi ajaran ilmu – ilmu agama.

Adanya putra – putri masyarakat sekitar yang mau menuntut ilmu di surau, maka tempat ini menjadi ramai dengan kegiatan keagamaan. Ramainya suasana kegiatan tersebut disebuah tempat yang semula berupa kebun yang sepi dan angker dan akhirnya menjadi kebun yang rejo atau ramai, maka kemudian diabadikan menjadi nama pondok pesantren “ Kebunrejo “ yang dalam bahasa arabnya disebut “ Bustanul Makmur “, disebabkan dengan bertambahnya santri baru dan kondisi surau tidak memungkinkan mak didirikan masjid dan pondok sederhana sebagaitempat atau wadah santri untuk menimba ilmu – ilmu agama, maka berdirinya pesantren tersebut dijadikan hari jadi berdirinya pondok pesantren “ Bustanul Makmur “ Kebunrejo Genteng Banyuwangi, tepatnya pada tanggal 1 september 1947 Masehi.

KH. Imam Zarkasyi Djunaidi adalah putra ke II KH. Djunaidi Asymuni yang lahir pada tanggal 05 Februari 1942 M di kota Galis Kabupaten Pameksan Madura.

Pendidikan yang pernah beliau alami pertama kali pada ayah beliau yakni KH. Djunaidi Asymuni, kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di pondok pesantren Al – Hidayah Lasem Jawa Tengah yang diasuh oleh KH. Makhsum selama kurang lebih satu tahun 10 bulan, kemudian beliau meneruskan perjuangan ayahnya di Pondok Pesantren Bustanul Makmur ini.

Pada masa kepemimpinan KH. Imam Zarkasyi Djunaidi, cobaan, tantangan dan rintangan tak jauh berbeda dengan masa kepemimpinan ayahnya, namun sedikit kemajuan pada masa beliau yakni sudah banyak masyarakat yang mengerjakan sholat, semakin berkurangnya para penyamun. Meskipun demikian tantangan dan rintangan lainnya masih ada saja, akan tetapi tidak mengurangi semangatnya sedikitpun dari beliau untuk menyerukan amar ma’tuf nahi munkar, bahkan hal tersebut dihadapi dengan penuh kesabaran dan ketelatenan serta tawakkal kepada allah, karena keyakinannya akan mampu menyadarkan masyarakat untuk lebih mengembangkan mutu pendidikan, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Terbukti dengan semakin banyaknya putra – putri masyarakat didik baik masyarakat sekitar pesantren maupun yang jauh dari pesantren berbondong – bondong untuk memondokkan putra – putrinya.

Dengan bertambahnya santri yang ada, beliau mendirikan beberapa pendidikan formal di yayasan Bustanul Makmur, seperti TK Khodijah 36, MI An – Nidhom dan SDI kebunrejo, MTs Kebunrejo dan SLTP Ma’arif khusus putri, Madrasah Aliyah Kebunrejo dan perguruan tinggi STIT Ibrahimy ( berubah nama menjadi STAI Ibrahimy ).

Disamping itu demi mewujudkan sarana dan prasarana pesantren Bustanul Makmur, beliau merehabilitas masjid sebagai wadah santri untuk melakukan sholat dan kegiatan sehari – hari.

Seiring dengan melajunya waktu ke waktu, pesantren juga melengkapi fasilitas dan terbukti dengan didirikannya W A R T E L ( Warung Telekomunikasi ) sebagai tempat komunikasi santri dengan keluarga jarak jauh dan warnet ( warung internet ) sebagai salah satu informasi santri serta mendirikan laboratorium bahasa sebagai guna mengantarkan santri untuk mengerti bahasa asing.


Pengasuh

  1. KH. Djunaidi Asmuni
  2. KH. Zarkasy Djunaidi
  3. KH. Drs. Syaifudin Zuhri Djunaidi
  4. KH. Muwafiq Amir, BA
  5. KH. Lukman Hakim Zarkasyi

Pendidikan

Upaya pengembangan pesantren dan pendidikan terus dilakukan pengurus yayasan pendidikan islam pesantren Bustanul Makmur, namun karena lokasi pengembangan didalam komplek pesantren Bustanul Makmur tidak memungkinkan untuk didirikan gedung baru, mengingat lahan yang tersedia sangat terbatas dan pemukiman penduduk sekitar sangat padat, maka program pengembangan direncanakan diluar komplek Bustanul Makmur yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Adapun program unit – unit pendidikan dan cabang pondok pesantren Bustanul Makmur yang dapat direalisasikan adalah :

  1. Sebelah selatan PIP. Bustanul Makmur dengan radius ± 200 M, dibangun gedung SDI dan MI yang cukup representative 3000 M, hasil upaya yayasan.
  2. Disebelah utara dibuka pesantren anak – anak dan Darul Aitam, luas lahan ± 2 hektar dengan nama pesantren Bustanul Makmur II, dan lokasi di Sumber Bening Kaliputih Genteng, dengan jarak ± 1 Km dari PIP Bustanul Makmur. Pengasuh utama Drs. KH. Syaifudin Zuhri Djunaidi, tanah tersebut hasil swadaya masyarakat dan para alumni serta simpatisan Bustanul Makmur, di lokasi Bustanul Makmur II ini program sekolah unggulan diberi nama smp unggulan Bustanul Makmur dan telah dibangun sarana dan prasarana yang representative atas bantuan dan world bank ( bank dunia ) sekitar rp. 1,3 milyar.
  3. Disebelah timur dengan radius ±1,5 M, dari Pendidikan Islam Pesantren Bustanul Makmur dibuka pesantren Bustanul Makmur III dengan luas lahan 7000 M, hasil waqof Ibu Hj. Rustantin Genteng dan dibuka sekolah TK Bustanul Falah, sekarang juga dibuka SMK Bustanul Falah tebuan indah desa Kembiritan Kecamatan Genteng dengan Pengasuh Pesantren Agus Drs. H. Kholilur Rohman ( putra menantu KH. Imam Zarkasyi Djunaidi ).
  4. Disebelah barat dibuka pesantren Bustanul Makmur IV, dengan luas lahan 2000 M, hasil waqof muallaf china H. Syamsu ( Toko Sumber Kasih Genteng , jarak dari PIP Bustanul Makmur ± 3 Km. Pesantren Bustanul Makmur IV yang diasuh oleh Agus Zamroni, S.Ag ( cucu KH. Djunaidi Asymuni / putra KH. Thabrani Nawawi ) lokasi didusun Maron desa Genteng kulon kecamatan Genteng.
  5. Sedang di utara kota Genteng tepatnya di Kaliputih krajan desa Genteng wetan di buka Pesantren Bustanul Makmur V dengan spesifiksi ( khusus ) Tahfidzul Qur’an yang diasuh oleh Agus Drs. Ach. Hasyim Fauzan ( cucu KH. Djunaidi Asymuni / putra KH. Thabrani Nawawi )

 

Pendidikan Formal
1. SDI dan MI
2. SMP dan MTs
3. MA
4. STAI

Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Tahassus Pendalaman  Kitab Kuning


Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Marching Band
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
 

 

 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah

 

Alamat

Dusun Krajan, Genteng Wetan, Kec. Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Telepon:
0333) 7700334

Kode Pos:68465

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.