Fadhilah Membaca Doa Setelah Bersin

 
Fadhilah Membaca Doa Setelah Bersin
Sumber Gambar: Ilustrasi/RS Al-Irsyad Surabaya

Laduni.ID, Jakarta – Bersin adalah salah satu cara tubuh untuk membersihkan hidung, saat benda asing yang masuk ke dalam hidung (debu, kotoran, serbuk, asap) berinteraksik dengan bulu-bulu halus yang menimbulkan sensasi menggelitik, maka tubuh sedang bekeeja.

Dengan kata lain, bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh dari benda asing yang masuk melalui saluran pernapasan. Ketika bersin, tubuh akan mengeluarkan air, lender, udara kotor dan mikroba dengan kecepatan 161 km/jam.

Dilansir dari Republika (19/7/2019), Anas bin Malik pernah menceritakan, kala itu terdapat dua orang yang bersin di dekat Nabi Muhammad SAW, lalu beliau mendoakan seorang diantaranya namun tidak mendoakan seorang yang lain. ketika ditanya alasannya, Nabi SAW menjawab, “Sebab, orang yang satu mengucapkan ‘alhamdulillah’, sedangkan yang satu lagi tidak membacanya.” (HR Bukhari)

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: الحَمْدُ لِلَّهِ، وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ: يَرْحَمُكَ اللَّهُ، فَإِذَا قَالَ لَهُ: يَرْحَمُكَ اللَّهُ، فَلْيَقُلْ: يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

“Jika salah satu di antara kalian bersin, hendaknya membaca ‘Alhamdulillâh’. Saudara atau temannya (yang mendengar) hendaknya membaca ‘Yarhamukallâh’. Kemudian apabila orang yang bersin tadi mendengar jawaban ‘Yarhamullâh’, maka hendaknya ia kembali mendoakan dengan doa ‘Yahdîkumullâh, wa yushlihu bâlakum’.” (HR Bukhari: 6224)

Gus Dewa dalam unggahan Facebook terbarunya (10/12/2021), mengatakan bahwa sangat dianjurkan untuk mengucapkan hamdalah setelah bersin lalu dilanjutkan dengan berdoa. Sebab Allah akan mengabulkan apa yang ia minta.

إعانة الطالبين الجزء الرابع صـ ٢٢٠

فائدة: من قال بعد العطاس عقب حمد الله: اللهم ارزقني مالا يكفيني، وبيتا يأويني، واحفظ علي عقلي وديني، واكفني شر من يؤذيني: أعطاه الله سؤاله. اهــ بجيرمي.

Barangsiapa setelah bersin memuji Allah (membaca hamdalah) kemudia ia berdoa:

اللهم ارْزُقْنِيْ مَالًا يَكْفِيْنِيْ، وَبَيْتًا يَأْوِيْنِيْ، وَاحْفَظْ عَلَيَّ عَقْلِيْ وَدِيْنِيْ، وَاكْفِنِيْ شَرَّ مَنْ يُؤْذِيْنِيْ

“Ya Allah, semoga Engkau memberiku rizki harta yang mencukupiku, rumah yang melindungiku, jagalah akalku dan agamaku, serta cegahlah orang yang akan menyakitiku.”


Editor: Daniel Simatupang