Pesantren Assanusi Cirebon

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Assanusi Cirebon

Profil 

Pesantren Assanusi terletak kurang lebih 29 KM dari pusat Kota Cirebon. Merupakan ujung dari daerah Cirebon Barat yang berbatasan dengan kabupaten Majalengka. Tepatnya di Jl. Kebon Melati No. 02 desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Berdiri bangungan pondok pesantren Assanusi diatas tanah seluas 4000m2. Sekitar 1 KM dari jalan by pass Cirebon-Bandung.

Akses transportasi yang mudah dan jalan yang tidak terlalu sulit, dapat dengan mudah dijangkau. Letaknya yang srategis banyak orang tua yang memondokan anaknya di pesantren Assnusi. Berdiri di tengah-tengah kalangan masyarakat dan dikelilingi oleh sekolah-sekolah formal seperti: MTs 2 Babakan, SMK Pesantren, MAN 2 Babakan, MSS, SMP Pesantren, dan SMP N. Memudahkan santri yang memilih mesantren dan melajutkan sekolah ke sekolah formal.

Sejarah

Pondok Pesantren Assanusi beralamat di Jl. Kebon Melati No. 02 Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Pesantren Assanusi didirikan pertama kali oleh almaghfurlah KH. M. Sanusi yang sering disapa dengan nama mbah Sanusi. Pada mulanya nama pondok pesantren Assanusi bernama Ma‟had Ilmi kemudian berganti dengan nama tahun 1980 menjadi Kebon Melati sesuai dengan tanah yang ditempati dikelilingi oleh pohon-pohon melati, kelapa dan jambu.

Sejarah awal dari perkebunan kelapa dan peternakan ayam yang kini menjadi lokasi pondok Assanusi. Pada akhir hayatnya mbah Sanusi sembari mengurus perkebunan dan peternakan tersebut sudah terdapat beberapa kamar dan dibangunlah pondasi mushola. Tidak lama kemudian mbah Sanusi wafat tahun 1974 dan kyai Mukhtar mengutus kyai Muhammad untuk melanjutkan perjuangan mbah Sanusi dalam mengembangkan pesantren.

 Pada 30 Januari tahun 1994 (18 Sya‟ban 1414H) pondok Kebon Melati berganti nama menjadi pondok pesantren Assanusi dengan diniatkan tafa‟ulan kepada mbah Sanusi sebagai orang tua atau sesepuh yang sekarang mengurus dan menghidupi pondok. Tepatnya pada bulan Maulid keluarga sedang kumpul yang dihadiri oleh beberapa kyai Babakan ditetapkan nama pondok Kebon Melati berganti menjadi Assanusi.

Pendiri
KH. M. Sanusi

Pengasuh

  1. KH. M. Sanusi
  2. KH. Ali Munir
  3. KH. Abdurrahman
  4. KH. Abdul Qohar

Pendidikan

​​Pendidikan Formal
Pesantren Assanusi dikelilingi oleh sekolah-sekolah formal seperti: MTs 2 Babakan, SMK Pesantren, MAN 2 Babakan, MSS, SMPPesantren, dan
SMP N.

​​Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah (MD)
  3. Majelis Taklim 

 Ekstrakurikuler

Pesantren Assanusi memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Qiro'ah
  2. Hadrah
  3. Pidato
  4. Mujahadah
  5. Pengajian Al Qur'an
  6. Musyawarah
  7. Pramuka
  8. Paskibra
  9. Palang Merah Remaja (PMR)
  10. Senam Pagi


Kajian Kitab di pesantren Assanusi


Hadrah di pesantren Assanusi

Fasilitas

Pesantren Assanusi memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Asrama
  3. Koperasi
  4. Kantin 
  5. Aula 
  6. Kantor 
  7. Dapur
  8. Klinik kesehatan
  9. Lapangan serbaguna
  10. Area parkir sepeda motor


Gedung pesantren di pesantren Assanusi


Gedung pesantren di pesantren Assanusi

Alamat 

Jl. Kebon Melati No. 02, Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
Kode Pos       :   45167
Telepon          :  0812-2404-9135, 0852-7250-2824

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.