KH. Abdullah Faqih dan Wirid Laqad Ja’akum

 
KH. Abdullah Faqih dan Wirid Laqad Ja’akum
Sumber Gambar: Tayeb MEZAHDIA dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta - Beberapa hari sebelum kewafatan Syaikhina KH. Abdullah Faqih, Habib Munzir Al-Musawa berkesempatan menjenguk beliau. Dalam kesempatan tersebut Syakhina bercerita perihal mimpi beliau bertemu dengan Rasulullah SAW. Lantas usai menjenguk Syaikhina, Habib Munzir menceritakan peristiwa tersebut dalam sambutannya kepada para santri.

“Saya tadi membesuk ayahanda, guru besar kita. Hadrotussyeikh KH. Abdullah Faqih. Beliau bercerita diperintahkan untuk memanjangkan jenggot oleh Rasulullah SAW. ini menandakan betapa beliau sangat diperhatikan oleh Rasulullah, sampai-sampai janggut beliau diperhatikan. Dekat dengan Rasulullah sampai hal sekecil itu mendapat perhatian” Cerita Habib Munzir

Baca Juga : Biografi KH. Abdullah Faqih

Perjumpaan Syaikhina  dengan Rasulullah tersebut menurut sebagian riwayat adalah berkat keistiqomahan beliau mengamalkan wirid laqod Jaa akum (QS At-Taubah 128-129)

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ...الاية

Selama 40 tahun. Sekalipun ada udzur beliau pasti mengqodhoinya di lain waktu.

Begitupula Imam Abu Bakar Syibli seorang sufi kenamaan , dalam suatu riwayat yang tertuang dalam kitab Tarikh Madinah Dimasyq karangan Ibnu Asakir. Disitu diterangkan suatu ketika Ibnu Mujahid bermimpi. dalam mimpi tersebut Imam Ibnu Mujahid melihat Imam Syibli dan beberapa temannya berada dalam suatu majelis. Tiba-tiba Rasulullah Saw masuk dalam majelis tersebut, lantas mencium jidat Imam Syibli. Semua yang berada disitu merasa terperangah, tak terkecuali Imam Ibnu Mujahid yang menyaksikan kejadian tersebut.

Baca Juga: Amalan Laqad Ja’akum untuk Kemudahan Hidup Dunia dan Akhirat

Merasa heran dengan kemuliaan Imam Syibli dihadapan Rasulullah, Ibnu Mujahid memberanikan diri bertanya kepada Rasulullah mengenai rahasia Imam Syibli mendapatkan kemuliaan seperti itu. Ternyata rahasianya hanya satu: Ia selalu membaca ayat laqodja setiap kali usai menunaikan sholat selama 8 tahun.

Begitulah teladan guru-guru kita dalam mengamalkan suatu amalan. Selalu istiqomah dan konsisten. Semoga kita semua dapat meneladani apa yang telah mereka contohkan.


Editor: Nasirudin Latif