Tata Cara Lengkap dan Sebab Terkabulnya Doa

 
Tata Cara Lengkap dan Sebab Terkabulnya Doa
Sumber Gambar: Muhammad Adil dari Pexels (Ilustrasi Berdoa)

Laduni.ID, Jakarta – Doa adalah merupakan bentuk dari ikhtiar kita sebagai umat muslim sebagai bentuk wujud permohonan kepada tuhan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian doa adalah memuat harapan, permintaan, dan pujian kepada Tuhan.

Tentu dalam benak kita pernah merasakan bahwa Tuhan tidak adil dengan kita, karena setiap kita memanjatkan doa Allah SWT belum mengabulkannya.

Maka marilah kita berkaca pada hati kita, apakah dalam setiap doa kita sudah benar dan dilandasi dengan hati yang ikhlas atau jangan jangan kita berdoa hanya ketika ada maunya saja?. Berikut ini tata cara lengkap dan sebab terkabulnya doa.

1. Menghadap ke Kiblat atau Ka’bah

Dari Jabir radliallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (H.r. Muslim)

2. Mengakui dosa yang telah diperbuat, lalu memohon ampunan atasnya, serta mengakui nikmat yang telah diterima dan bersyukur kepada Allah atas nikmat tersebut dan memperbanyak taubat dan memohon ampun kepada Allah.

Banyak mendekatkan diri kepada Allah merupakan sarana terbesar untuk mendapatkan cintanya Allah. Dengan dicintai Allah, doa seseorang akan mudah dikabulkan. Diantara amal yang sangat dicintai Allah adalah memperbanyak taubat dan istighfar.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN